Jenis Perlindungan Asuransi Mobil Terhadap Bencana Alam

Jenis Perlindungan

Indonesia menjadi sebuah negara yang hampir sebagian besar wilayahnya sangat rawan akan terjadinya gempa. Melihat hal ini, tentu saja sangat penting bagi kita untuk memiliki jenis perlindungan sebagai langkah proteksi terhadap risiko kerugian yang mungkin terjadi. Misalnya saja memiliki jaminan asuransi bencana alam.

Pasalnya, tidak ada yang pernah tahu kapan datangnya musibah. Baik itu gempa bumi, banjir, longsor, serta berbagai risiko bencana alam lainnya. Tentu kita semua tahu, bahwa bencana alam biasanya tidak hanya menimpa diri dan berisiko merusak properti. Bahkan, harta benda atau aset lain seperti kendaraan di rumah juga bisa terkena imbasnya.

Bisa saja mobil mengalami kerusakan parah akibat terkena reruntuhan gempa atau longsor, pohon tumbang, hingga terjebak dalam genangan banjir. Jika sudah demikian, maka penting bagi Anda memiliki asuransi guna meminimalisir risiko membengkaknya biaya perbaikan akibat terjadinya bencana alam ini.

Inilah Jenis Perlindungan Asuransi Mobil sebagai Proteksi Terhadap Bencana Alam

Memiliki asuransi sangat penting sebagai langkah perlindungan untuk meminimalisir risiko akibat bencana alam. Namun ingat, bahwa tidak semua jenis asuransi bisa mengcover biaya pertanggungan akan kasus seperti ini. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan jenis asuransi yang dibeli dan manfaat apa saja yang tertera di dalam polis tersebut.

Dalam hal ini, Anda perlu mengetahui bahwa ada dua jenis asuransi mobil yang biasa digunakan oleh masyarakat. Kedua jenis proteksi tersebut diantaranya meliputi asuransi mobil All Risk dan juga Total Loss Only (TLO).

Keduanya memiliki perbedaan dalam jenis perlindungan yang diberikan pada kendaraan Anda. Jenis asuransi mobil All Risk atau comprehensive merupakan jenis proteksi yang mampu memproteksi berbagai risiko kerugian atau kerusakan yang terjadi pada kendaraan.

Misalnya saja seperti mobil tergores dan penyok yang diakibatkan oleh bencana alam, baik itu terkena reruntuhan, bantuan, gesekan hingga tergenang banjir. Meski begitu, Anda tetap perlu untuk memperhatikan apa saja manfaat yang tercantum di dalam polis yang bisa ditanggung oleh asuransi.

Selain itu ada juga jenis asuransi TLO dimana proteksinya hanya akan menanggung kerugian total yang diakibatkan oleh risiko yang terjamin di dalam polis hingga kasus kehilangan kendaraan. Jenis proteksi kendaraan ini biasanya hanya mencakup kasus tabrakan, kecelakaan berkendara, benturan, terbalik, tergelincir, perbuatan jahat, hingga risiko kebakaran.

Sehingga jelas, bahwa risiko rusaknya kendaraan yang diakibatkan oleh peristiwa bencana alam secara umum tidak akan ditanggung oleh pihak asuransi. Namun jika Anda memiliki perlindungan dengan perluasan jaminan atau SRCC asuransi, hal ini bisa menjamin risiko kerugian yang terjadi pada kendaraan Anda.

Fakta Mengenai Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor

Berbicara mengenai Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor (PSAKBI), hal ini berkaitan dengan perlindungan atas risiko bencana alam yang mungkin terjadi. Diantaranya saja seperti peristiwa banjir, gempa bumi, longsor, hingga gunung meletus yang tercantum di dalam jaminan perluasan dari asuransi kendaraan.

Asuransi menjamin risiko kerusakan kendaraan akibat insiden kendaraan yang terjebak di dalam genangan banjir yang kerap terjadi pada area rawan banjir seperti perkotaan. Hal ini tentu sangat menjadi perhatian, karena akan ada risiko besar jika sampai menimpa kendaraan Anda.

Pasalnya banjir bisa mengakibatkan berbagai kerusakan parah pada komponen mobil yang perlu diwaspadai. Untuk mengatasi hal ini, maka pengendara pun harus berhati-hati dalam berkendara dan tidak lupa untuk menyiapkan jenis perlindungan asuransi guna mengurangi dampak kerusakan yang terjadi.

Supaya bisa memperoleh seluruh manfaat tersebut, tentu saja Anda harus menambah perluasan jaminan pada produk asuransi yang dipilih. Apabila Anda tidak memilikinya, bisa jadi segala kerusakan kendaraan yang terjadi tidak akan mendapat jaminan perlindungan dari pihak asuransi.

Alhasil, tentu Anda tidak akan mendapatkan mengklaim polis asuransi. Selain itu, dengan adanya perluasan jaminan, maka perusahaan asuransi bisa menanggung biaya akibat dampak bencana alam yang tidak diinginkan. Bahkan pada beberapa polis, risiko seperti tsunami, angin topan, hingga badai, juga mampu dicover.

Namun perlu diingat, bahwa memilih opsi perluasan ini akan membuat biaya premi yang Anda bayarkan juga bertambah. Meski begitu, manfaatnya Anda tidak akan merasa khawatir lagi ketika terjadi bencana alam dan berdampak pada kendaraan. Pasalnya, Anda tetap bisa klaim biaya pertanggungan pada perusahaan asuransi tersebut.

Manfaat Memiliki Jenis Perlindungan Asuransi Mobil

Sumber : https://elements.envato.com/family-enjoying-happy-little-girl-with-family-near-WSGKNQ9

Mengetahui dan memilih jenis asuransi mobil yang tepat merupakan salah satu tanggung jawab yang perlu dipahami oleh para pemilik mobil. Hal ini dilakukan agar aset dan diri Anda sendiri terlindungi dari berbagai risiko yang dapat terjadi di jalan raya.

  1. Menanggung Biaya Perbaikan yang Tinggi

Dengan asuransi mobil yang tepat, maka Anda akan terlindungi dari berbagai risiko kerugian finansial untuk perbaikan kendaraan yang diakibatkan peristiwa bencana alam. Pasalnya, kondisi kendaraan yang terdampak dari musibah ini seringkali dalam keadaan rusak parah. Berbagai komponen tentu akan mengalami kerusakan yang biaya perbaikan atau penggantian nya cukup mahal.

  1. Menjamin Biaya di Saat Tak Terduga

Bencana alam bisa datang kapan saja tanpa ada yang tahu sebelumnya. Sehingga ketika bencana terjadi, seringkali tidak ada persiapan khusus untuk mengatasi dampak finansial yang mungkin terjadi.

Misalnya saja biaya perbaikan kendaraan akibat dampak dari peristiwa tersebut. Dengan kepemilikan jenis perlindungan asuransi, maka pihak pemberi jaminan akan memberikan pertanggungan di saat bencana terjadi sesuai dengan yang tertera di dalam polis.

  1. Sebagai Langkah Perencanaan Keuangan yang Lebih Baik

Perbaikan mobil di saat-saat yang tidak terduga, belum lagi dengan biaya yang cukup besar biasanya akan sangat mengganggu perencanaan keuangan. Untuk mengantisipasi hal ini, akan sangat tepat bagi Anda untuk memiliki polis asuransi. Perawatan mobil akan dijamin oleh perusahaan asuransi tanpa harus melibatkan perencanaan keuangan Anda kedepannya.

Meskipun pemerintah Indonesia tidak mengharuskan kepemilikan asuransi secara resmi, namun memiliki perlindungan tetaplah menjadi sebuah hal penting. Mengapa? Pasalnya, musibah bencana alam bisa terjadi kapanpun dan biaya bisa sangat mahal.

Jadi, jangan melupakan untuk memiliki asuransi ketika Anda memutuskan untuk membeli mobil. Jika Anda masih bingung mencari asuransi mobil yang tepat yang mampu menjamin berbagai risiko yang terjadi pada kendaraan, Anda bisa meminta bantuan tim ahli dari Cekpremi.

Di sini Anda bisa mendapatkan informasi yang lengkap dan akurat seputar produk asuransi yang terpercaya. Kunjungi web resmi Cekpremi.com untuk pilihan produk asuransi terbaik Anda!

Referensi

Republika