5 Jenis Tumor Ganas yang Wajib Diwaspadai Sejak Dini

Jenis Tumor Ganas

Tumor ganas disebut juga dengan malignant tumor yang terbentuk dari sel kanker. Ada banyak jenis tumor ganas yang sebaiknya diwaspadai sejak dini dan rata-rata lebih sering menyerang kaum hawa.

Penyebaran tumor ganas ini lebih cepat ke bagian tubuh mana saja sehingga membuat seseorang bisa memiliki lebih dari satu kanker. Masih belum diketahui apa penyebab tumor ganas cepat menyebar, namun yang pasti Anda harus waspada jika gejalanya muncul.

5 Jenis Tumor Ganas yang Bisa Menyerang Siapa

Minimnya pengetahuan perbedaan tumor jinak dan tumor ganas menjadi alasan perkembangannya terus terjadi. Padahal tumor ganas atau kanker ini masih belum ada obatnya sampai sekarang. Sejauh ini pasien kanker hanya akan melewati tahap operasi untuk mengangkat sel kanker hingga kemoterapi.

Demi bisa mendeteksi tumor ganas ada sederet pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter. Baik itu screening dari wawancara, ultrasonografi, biopsi hingga rontgen. Pemeriksaan ini penting untuk mengetahui letak kanker yang muncul di dalam tubuh manusia.

Selama deteksi kanker lebih awal membuat dokter lebih mudah untuk segera memberikan pengobatan. Oleh karena itu penting bagi Anda mengetahui 5 jenis tumor ganas berikut ini:

  • Kanker Payudara

Jenis kanker yang paling banyak diderita oleh wanita, ciri-ciri tumor ganas ini adalah munculnya benjolan atau penebalan di beberapa titik payudara. Ukuran payudara juga bisa berubah bentuk dan puting tampak memerah hingga mengelupasnya areola.

Rasa nyeri akan segera dirasakan yang disertai pembengkakan di area yang terjangkit tumor. Benjolan tersebut disebabkan kanker yang berada di jaringan payudara. Tidak hanya menyerang wanita, pria juga berpotensi untuk mengalami kanker payudara.

Penyebabnya masih belum diketahui pasti, namun risiko akan lebih tinggi terjadi bagi Anda yang memiliki kebiasaan merokok, berat badan berlebih sampai genetik. Sulit untuk mendeteksi kanker payudara karena pada stadium awal benjolan yang muncul relatif kecil. Oleh karena itu rutin meraba payudara dengan benar bisa mendeteksinya.

  • Leukimia

Merupakan jenis tumor ganas yang paling sering menyerang anak-anak dan merupakan kanker sel darah putih.Hal tersebut membuat produksi sel darah putih dalam tubuh menjadi abnormal. Saat produksinya terganggu maka membuat fungsi sumsum tulang tidak efektif.

Sulit untuk dideteksi membuat banyak yang terlambat menyadari bahwa dirinya terkena leukimia. Penyebabnya sendiri adalah karena kelainan pada sel darah putih yang mungkin terjadi dari genetika, kelainan darah, atau memiliki anggota keluarga yang pernah mengalaminya.

Gejala yang harus diwaspadai dari tumor ganas ini adalah demam muncul sangat tinggi dan tubuh menggigil. Rasa lelah terus menerus padahal telah istirahat hingga muncul bintik merah di kulit. Perlu adanya tes darah lengkap untuk mengetahui apakah seseorang mengalami leukimia.

  • Kanker Hati

Penyakit yang lebih banyak diderita oleh pria ini merupakan tumor ganas yang asalnya dari sel dalam organ hati. Bisa juga disebabkan sel dari organ lain seperti payudara. Penyebab dari kanker hati bisa karena hepatitis B dan C jangka panjang. Gaya hidup buruk seperti merokok dan minum minuman beralkohol juga jadi penyebabnya.

Pencegahan bisa dilakukan sejak dini seperti vaksinasi hepatitis B, menjaga berat badan, dan membatasi aktivitas merokok diperlukan. Kanker hati sangat berbahaya karena akan mengganggu fungsi hati yang notabene adalah organ untuk membersihkan darah, menyerap racun hingga mengontrol pembekuan darah.

Gejala yang kerap dialami adalah nafsu makan menurun, mual, muntah, berat badan yang turun dengan drastis. Tubuh juga cepat lelah dan memar disertai mata menguning. Saat mengalami stadium lanjut perut pun akan membengkak.

  • Kanker Serviks

Jenis tumor ganas yang saat ini sudah menimbulkan ribuan kematian wanita di Indonesia. Kanker yang menyerang di area leher rahim ini disebabkan pertumbuhan sel sehat yang bermutasi tidak terkendali dan akhirnya membentuk sel kanker.

Pertumbuhan ini masih erat kaitannya dengan infeksi human papilloma virus (HPV). Virus ini bisa menyebar karena hubungan seksual. Demi mencegah terjangkitnya virus ini maka penting untuk menjaga kebersihkan aktivitas seksual dan tidak berganti-ganti pasangan.

Skrining dan vaksin HPV bagi wanita yang berusia 21 tahun pun diperlukan atau sejak sebelum menikah juga harus dilakukan. Gejala yang akan dirasakan antara lain p rasa sakit saat berhubungan seksual dan juga perdarahan di luar jadwal haid. Keputihan pun berbau dan berwarna abu-abu.

  • Kanker Usus Besar

Salah satu jenis tumor ganas yang bisa berawal dari polip atau tumor jinak. Menyerang bagian usus besar dengan gejala utama adalah pola buang air besar berlebihan. Penyebab utamanya masih belum diketahui namun gaya hidup buruk bisa meningkatkan risiko. Misalnya saja jarang makan serat, merokok dan jarang olahraga.

Gejala di stadium awal seringkali tidak terasa sehingga banyak yang terlambat menyadarinya. Diperlukan endoskopi dan biopsi usus untuk mengetahui apakah seseorang mengalami kanker ganas di bagian usus ini.

Jika Anda mengalami diare atau sembelit berulang dalam jarak waktu pendek, warna tinja berubah hingga buang air besar tidak tuntas sebaiknya segera periksa ke dokter. Ciri saat kanker sudah menyebar antara lain pandangan menjadi kabur, sakit kuning, sakit kepala hingga sesak napas.

Setelah mengenali berbagai jenis tumor ganas ini, apakah Anda mengalami salah satu gejalanya? Apakah Anda sudah rutin memeriksakan diri minimal satu tahun sekali untuk mendeteksi sel kanker sejak dini? Jika belum segera agendakan untuk tahun-tahun berikutnya.

Tidak hanya itu, menjaga gaya hidup lebih baik seperti tidak merokok, rutin berolahraga dan menjaga pola makan menjadi langkah tepat untuk meminimalisir risiko. Memiliki asuransi kesehatan juga menjadi upaya yang sangat penting untuk menjaga kesehatan sekaligus keuangan Anda di masa depan.

Alasannya tentu saja karena biaya pengobatan tumor ganas yang tidak murah. Anda pun harus bersiap untuk sering ke rumah sakit mendapatkan penanganan seperti kemoterapi. Jika memiliki asuransi kesehatan Anda bisa merasa lebih aman.

Pemilihan asuransi kesehatan sebaiknya juga jangan diremehkan. Mendapatkan asuransi dengan pertanggungan yang lengkap diperlukan. Anda bisa mengecek mana asuransinya melalui Cekpremi.Bandingkan sendiri mana asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda di masa sekarang dan masa depan di Cekpremi.

Sumber:

Siloam Hospitals

Halodoc

Hello Sehat

Aido

Sehat Q

Sehat Q

Siloam Hospitals

Siloam Hospitals