9 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Bagus

Jurusan kuliah

Memilih jurusan yang tepat setelah lulus SMA atau SMK, terkadang tidak mudah. Bahkan sampai saat ini masih banyak siswa yang akhirnya salah memilih jurusan karena berbagai sebab, salah satunya adalah keraguan akan prospek kerja yang sempit ketika memilih satu jurusan. Memang saat ini, apalagi di tahun 2023 ada beberapa jurusan kuliah yang punya potensi bagus dan memiliki peluang kerja tinggi setelah lulus. Apa saja jurusan tersebut?

Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Bagus

Berikut beberapa pilihan jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja bagus di masa depan dan juga tengah diminati, calon mahasiswa.

  • Sistem Informasi

Sistem Informasi merupakan rekomendasi jurusan kuliah, yang memang sejak dahulu diminati oleh calon mahasiswa bahkan sampai di tahun 2023 ini. Alasannya karena mahasiswa jurusan sistem informasi punya keahlian dalam bidang teknologi informasi, mulai dari pemrograman sampai pembuatan aplikasi.

Karena keahlian tersebut secara otomatis peluang kerja untuk jurusan ini cukup tinggi, karena zaman semakin maju dan sumber daya manusia dalam bidang teknologi juga semakin banyak dibutuhkan. Prospek kerja untuk jurusan sistem informasi adalah analis, teknisi IT, data analis, programmer dan juga web developer. Di mana beberapa pekerjaan ini banyak dibutuhkan pada perusahaan besar bahkan perusahaan.

  • Teknik Mesin

Jurusan kuliah yang juga cukup diminati oleh para mahasiswa, karena punya prospek kerja yang bagus adalah teknik mesin. Jurusan ini membuat Anda menjadi seorang ahli teknik mesin dan juga punya prospek kerja bagus di berbagai perusahaan.

Lulusan teknik mesin bisa bekerja di perusahaan pertambangan, perusahaan komunikasi, pengembangan transportasi dan juga konstruksi pastinya. Untuk Anda yang berencana masuk jurusan teknik mesin sebaiknya belajar fisika, matematika dan juga kimia karena beberapa ilmu tersebut menjadi kunci terbaik untuk mendalami jurusan teknik mesin.

  • Matematika

Apakah Anda salah satu siswa yang jago matematika? Jika iya, sebaiknya bisa memilih jurusan kuliah matematika karena prospek kerjanya di masa depan juga cukup bagus. Ketika masuk jurusan matematika, maka Anda akan diajarkan untuk memecahkan masalah lewat rumus-rumus hingga menemukan solusi yang tepat.

Dari SD sampai SMA, tentu saja Anda sudah terbiasa belajar matematika dengan berbagai rumus yang tersedia. Lulusan matematika punya prospek ke depan yang cukup bagus tidak hanya sebagai tenaga pendidik tapi juga analis, ahli statistika, ahli bidang keuangan bahkan bisa jadi astronom.

  • Akuntansi

Jurusan kuliah akuntansi cukup diminati, meski jurusan ini terbilang tidak mudah. Belajar akuntansi membuat Anda para mahasiswa, harus teliti dan terampil untuk menghitung dan mengatur keuangan. Biasanya anak IPS cenderung ingin masuk jurusan akuntansi, untuk mempelajari akuntansi lebih dalam lagi.

Mahasiswa jurusan kuliah akuntansi belajar pencatatan hingga pelaporan keuangan perusahaan. Sehingga harus punya keterampilan dalam berhitung, agar perusahaan tidak merugi nantinya. Prospek kerja untuk jurusan akuntansi cukup banyak, baik di perusahaan swasta maupun perusahaan BUMN. Mulai dari perencana keuangan, konsultan pajak, konsultan bisnis, financial analis bahkan wirausaha.

  • Administrasi Bisnis

Administrasi bisnis, juga jadi salah satu pilihan jurusan kuliah terbaik di 2023. Alasannya karena jurusan ini erat hubungannya dengan pekerjaan digital marketing yang di tahun ini, juga semakin populer dan banyak diminati. Pada jurusan administrasi bisnis, pemasaran digital juga memang merupakan ilmu yang dipelajari.

Di mana para mahasiswa akan belajar tentang perusahaan, jalur bisnis hingga regulasi termasuk pula bisnis digital yang banyak diaplikasikan dalam kehidupan masyarakat modern. Jika Anda memilih jurusan administrasi bisnis, maka peluang kerja atau peluang karir di masa depan juga cukup mudah mulai dari sosial media analis, marketing specialis hingga business development.

  • Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi bukan hanya jadi jurusan yang menjadi favorit banyak mahasiswa, terutama di daerah perkotaan, tapi juga merupakan jurusan kuliah paling mudah untuk prospek kerja yang cukup luas. Karena komunikasi adalah salah satu cara untuk menjalin kerjasama dengan pihak internal maupun eksternal perusahaan dan organisasi.

Keahlian di bidang komunikasi juga sangat bagus dan kemampuan ini banyak dicari oleh perusahaan. Lulusan ilmu komunikasi memiliki prospek kerja di bidang public relation, broadcasting, marketing dan yang saat ini banyak digandrungi oleh orang-orang adalah profesi content creator.

  • Desain Komunikasi Visual

Di tahun 2023 peluang kerja pada jurusan desain komunikasi visual juga cukup bagus. Di jurusan ini para mahasiswa akan belajar keahlian di bidang desain baik digital maupun non digital. Tentu saja keahlian desain visual ini tidak hanya diminati oleh para calon mahasiswa namun juga banyak dicari oleh perusahaan untuk pembuatan website hingga aplikasi.

Anda yang merupakan lulusan dkv maka bisa punya pekerjaan di bidang grafik desain, produk desain hingga UI/UX.

  • Manajemen

Jurusan kuliah yang juga mempelajari tentang alur bisnis, pemasaran dana sumber daya manusia adalah manajemen. Jurusan ini juga punya peluang karir yang bagus bahkan prospek kerja untuk lulusannya cukup beragam. Anda bisa jadi seorang development, di bidang finance hingga human resource development jika memilih jurusan manajemen.

  • Statistika

Terakhir, untuk jurusan kuliah yang saat ini cukup digandrungi dan punya prospek kerja bagus di 2023 adalah statistika. Pada jurusan ini, Anda akan belajar tentang data yang digunakan untuk berbagai hal mulai dari analisa konsumen, lagi sampai meningkatkan visibilitas perusahaan.

Lulusan statistika bisa punya prospek kerja di bidang data analyst, business analyst hingga quality control.

Itu tadi beberapa jurusan kuliah yang bisa jadi referensi untuk Anda anak SMA atau SMK, yang sedang bingung ingin melanjutkan kuliah dan pilih jurusan apa. Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tentu sangat penting, sama pentingnya dengan melindungi kesehatan dengan memiliki asuransi kesehatan.

Anda yang sedang mencari asuransi kesehatan dari perusahaan asuransi terbaik maka bisa melakukan perbandingan lewat portal online, Cekpremi. Di Cekpremi, Anda tidak hanya bisa melakukan perbandingan untuk pilihan asuransi yang tepat tapi juga premi, berdasarkan budget yang sesuai. Selain asuransi kesehatan, lakukan perbandingan pula untuk pilihan asuransi lainnya seperti asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kendaraan, asuransi perjalanan dan masih banyak lagi.

Sumber :

Medcom

Unidha

Brain Academy