Alami Kecelakaan Mobil? Tetap Tenang dan Lakukan 7 Hal Ini

kecelakaan mobil

Anda mungkin sudah berhati-hati setiap kali berkendara, namun kecelakaan mobil bisa terjadi kapan saja. Penyebabnya pun beragam, bisa karena kegagalan kinerja mesin, akibat pengendara lain yang lalai atau cuaca buruk.

Sebagai pengendara Anda pun dituntut untuk bisa mengatasi masalah kecelakaan dengan baik. Perasaan panik dan takut tentu terjadi, namun berusalah untuk tetap tenang kemudian lakukan langkah tepat untuk menanganinya.

7 Hal Penting yang Dilakukan Usai Kecelakaan Mobil

Selama kecelakaan yang terjadi tidak mengakibatkan Anda harus segera dibawa ke rumah sakit, maka Anda harus bisa menanganinya dengan baik. Apalagi jika posisi Anda adalah sebagai pengendara yang lalai sehingga menimbulkan masalah bagi pengendara lain.

Belajarlah untuk bisa bertanggung jawab dengan baik untuk diri sendiri dan orang lain. Ketujuh langkah berikut bisa Anda saat dan setelah mengalami kecelakaan.

Memeriksa Kondisi Diri dan Penumpang

Anda mengalami kecelakaan mobil di tol? Jika kondisi mobil masih bisa dikendarai maka mulailah untuk menepi. Nyalakan lampu hazard sebagai peringatan kepada pengguna jalan lainnya agar berhati-hati.

Sadarkan diri Anda terlebih dahulu kemudian memeriksa kondisi diri apakah terdapat luka ringan hingga parah. Apabila fisik Anda dirasa aman, mulailah untuk mengecek kondisi penumpang lainnya. Saat terdapat korban Anda bisa mulai membantu dengan melepaskan seat belt.

Berusahalah untuk keluar mobil dan mengeluarkan penumpang. Jika kesulitan Anda bisa menunggu pihak berwenang untuk membantu evakuasi. Menganalisis kondisi diri sendiri dan penumpang membantu Anda bisa berpikir lebih jernih.

Menghubungi Kerabat Dekat

Cedera yang parah mungkin saja Anda alami saat kecelakaan motor atau mobil. Ketika cedera yang mengharuskan Anda langsung pergi ke rumah sakit maka sebaiknya hubungi kerabat dekat untuk membantu. Mendapatkan bantuan dari kerabat akan memudahkan Anda segera menyelesaikan masalah yang terjadi.

See also Kapan Harus Turun Mesin Motor dan Berapa Biayanya?

Mintalah kerabat Anda untuk menyelesaikan perkara kecelakaan selama Anda mendapat pengobatan di rumah sakit. Anda bisa menjelaskan pula ke kerabat sebelum ke rumah sakit mengenai langkah apa yang sebaiknya dilakukan. Jika perlu cari kerabat yang berpengalaman untuk menyelesaikan masalah kecelakaan.

Menghubungi Pihak Medis dan Kepolisian

Anda yang memahami kondisi kecelakaan dengan baik perlu segera menghubungi pihak medis terdekat seperti rumah sakit. Apabila terdapat penumpang yang luka berat maka ambulance sangat diperlukan. Oleh karena itu Anda sebaiknya menyimpan kontak darurat medis.

Selain itu Anda bisa menghubungi pihak kepolisian untuk menginformasikan kecelakaan supaya petugas bisa segera mengamankan tempat kejadian. Hal ini penting supaya jalan bisa segera digunakan kembali dengan aman. Apalagi jika kecelakaan terjadi karena beberapa kendaraan.

Jadi sebaiknya selain nomor petugas medis Anda juga perlu mencatat nomor kepolisian. Anda bisa menghubungi langsung ke layanan darurat di nomor 112 untuk segera mendapat bantuan.

Mengecek Kondisi Mobil dan Mendokumentasikan

Baik itu kecelakaan mobil tunggal atau tidak Anda bisa melanjutkan untuk mengecek kondisi mobil. Apa saja kerusakan yang terjadi dan apakah terdapat fasilitas umum yang rusak. Kondisi mobil ini harus benar-benar diperhatikan, khususnya jika body mobil rusak parah.

Di saat yang bersamaan Anda harus mengambil foto atau video kerusakan tersebut secara detail. Pengambilan dokumentasi harus di tempat kejadian langsung yang fungsinya adalah untuk klaim asuransi.

Bukan hanya mobil sendiri, Anda juga perlu mendokumentasikan kondisi dari mobil yang juga mengalami kecelakaan. Baik itu posisi ketika Anda yang melanggar atau menjadi korban, dokumentasi wajib dilakukan.

Bertukar Informasi dengan Pengendara Lain

Bagi Anda yang mengalami kecelakaan mobil dengan pengendara lain maka penting untuk saling bertukar informasi. Pada saat kecelakaan cobalah untuk tidak emosi ketika menjadi korban. Meminta maaf dan pengertian sangatlah penting untuk bisa segera menyelesaikan masalah.

See also Kupas Habis Fungsi Ring Piston dan Tips Merawatnya

Beberapa informasi yang perlu dicatat adalah nama pengendara, nomor SIM, nomor plat mobil, alamat dan juga nomor yang dapat dihubungi. Anda juga jangan ragu untuk memberikan informasi pribadi yang digunakan untuk menyelesaikan masalah kecelakaan.

Penting juga untuk menanyakan apakah pengendara lain memiliki asuransi kecelakaan mobil untuk memudahkan perbaikan nantinya. Hindari untuk memberikan penggantian langsung jika Anda belum mendapat informasi mengenai asuransi ini.

Mengecek Ulang Tempat Kejadian

Bisa jadi ada beberapa barang penting yang tertinggal di tempat kejadian akibat kecelakaan. Apabila Anda tidak mengalami cedera yang parah sebaiknya jangan buru-buru meninggalkan tempat kejadian. Anda perlu mengecek ulang apakah ada yang tertinggal atau hilang selama kecelakaan berlangsung.

Ketika kendaraan ternyata harus diambil menggunakan mobil derek sebaiknya tunggu petugas datang untuk mengambilnya. Jika Anda tidak mampu melakukannya sendiri bisa meminta bantuan kerabat untuk bisa menunggu mobil sampai diambil dengan benar.

Perlu juga untuk menunggu polisi mengizinkan Anda untuk meninggalkan lokasi kejadian. Catatlah nama polisi, wilayah tugas hingga nomor anggota untuk memudahkan pelacakan. Nantinya Anda bisa menghubungi polisi tersebut untuk menindaklanjuti kejadian.

Menghubungi Perusahaan Asuransi

Terakhir, Anda bisa menghubungi perusahaan asuransi untuk mengajukan klaim. Pelaporan kecelakaan wajib dilakukan sesegera mungkin setidaknya 2X24 jam atau tergantung dengan polis yang berlaku. Bahkan meskipun Anda baru saja melakukan kecelakaan dan belum memenuhi semua syarat yang berlaku.

Pada hari berikutnya setelah pelaporan dan kondisi Anda lebih baik dari cedera, bisa dilanjutkan dengan mengajukan klaim asuransi. Klaim harus disertai dengan syarat untuk klaim seperti surat dari kepolisian, bukti kecelakaan, identitas pemegang polis dan lainnya.

Ikuti proses klaim seperti yang tertera pada polis supaya klaim lebih cepat berlangsung. Anda pun tidak perlu menunggu lama atau mengeluarkan biaya sendiri untuk perbaikan mobil.

See also Jangan Kaget, Ini Dia Kisaran Pajak Mobil Alphard

Tidak ada pengendara yang menginginkan kecelakaan mobil, namun risiko ini bisa terjadi kapan saja dan kepada siapa saja. Demi meminimalisir kerugian akibat kecelakaan, Anda sebagai pemilik kendaraan wajib memiliki asuransi mobil sebagai perlindungan.

Asuransi mobil juga dapat membantu meminimalisir kerugian dalam hal keuangan di masa depan. Kini untuk memilih asuransi mobil yang tepat sangatlah mudah. Anda bisa mengakses website Cekpremi dan langsung mengisi data mobil atau kendaraan yang digunakan.

Cekpremi dapat memberikan informasi lengkap berbagai asuransi mobil yang tersedia di Indonesia secara gratis. Anda pun bisa membandingkan mana asuransi paling tepat sesuai kebutuhan. Yuk pakai Cekpremi sekarang.

Sumber:

Oto Klix