Peluang Bisnis Kedai Kopi di Masa Kini, Ini Tips Memulainya

kedai kopi

Di masa sekarang, kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Kopi tidak lagi seperti dulu yang menjadi minuman para orang tua di saat pagi dan sore. Kopi masa kini bahkan bisa dinikmati kalangan muda. Karena itulah ada banyak bisnis kedai kopi yang bermunculan dengan menawarkan konsep yang lebih modern.

Bisnis menjual minuman kopi sebenarnya bukan jenis bisnis baru. Bisnis ini sudah lama ada dan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sehari-hari karena kopi seolah menjadi minuman wajib. Bentuknya berupa warung kopi yang juga menyajikan camilan lain dengan menu kopi yang tidak banyak pilihan.

Peluang Bisnis Kedai Kopi Kekinian

Seiring berkembangnya zaman, tren bisnis kedai kopi juga mengalami perubahan. Tidak lagi berupa warung kopi, bisnis ini berkembang menjadi coffee shop yang modern. Dengan konsep yang lebih kekinian, coffee shop kini menjadi pilihan tempat nongkrong anak muda untuk sekadar menghabiskan waktu bahkan jadi tempat untuk membahas pekerjaan.

Warung kopi masa kini juga tidak lagi erat dengan kesan “pinggiran”. Pasalnya coffee shop sekarang banyak ditemui di pusat kota-kota besar. Karena itu, bisnis ini seolah berhasil naik kelas menjadi bisnis modern yang menjanjikan untung besar. Kedepannya, bisnis ini diperkirakan akan terus mengalami kenaikan tren.

Target pasar kedai kopi kekinian juga semakin luas. Dulunya, pelanggan warung kopi hanya terbatas dari kalangan pria dewasa alias bapak-bapak. Namun sekarang, siapa saja bisa datang ke coffee shop mulai dari anak sekolah, mahasiswa hingga karyawan baik pria maupun wanita. Semakin luasnya target pasar, bisnis ini terbukti masih menjanjikan.

Hal menarik lain dari bisnis coffee shop masa kini adalah kemasannya yang semakin variatif. Kopi tidak lagi disajikan dengan cangkir. Kopi kekinian dihidangkan dalam bentuk kemasan yang menarik. Hal ini juga yang akhirnya membuat semua kalangan bisa menerima produk kopi kekinian ini.

Tips Memulai Usaha Kedai Kopi

Usaha ini bisa jadi pilihan bagi generasi muda yang tertarik dengan dunia bisnis dibanding menjadi pekerja. Setidaknya sudah ada modal awal yaitu usia yang masih muda dan masih mampu mengikuti tren serta perkembangan informasi. Untuk langkah selanjutnya, berikut ini adalah beberapa tips memulai usaha kedai kopi.

1. Siapkan Modal

Jika ingin memiliki coffee shop yang sederhana, modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Pada kedai yang sederhana, pilihan menu yang disajikan bisa berupa kopi biasa atau kopi siap seduh yang mudah didapatkan. Namun jika ingin membuka coffee shop dengan konsep yang lebih modern, maka modal yang disiapkan harus lebih besar.

Modal untuk membuat kedai kopi tidak hanya untuk mendirikan bangunan usahanya saja. Modal juga diperlukan untuk membeli peralatan seperti mesin pembuat kopi. Jadi kalau ingin tahu berapa modal yang harus disiapkan, buatlah daftar barang dan peralatan apa yang saja yang dibutuhkan.

2. Pilih Lokasi

Keberhasilan sebuah bisnis memang tidak mutlak dipengaruhi oleh tempat. Namun peluang untuk bisnis tersebut berkembang pesat akan semakin terbuka jika memilih tempat usaha yang strategis. Tempat usaha coffee shop paling cocok berada di kawasan kota, dekat pusat pendidikan seperti kampus atau tempat yang punya pemandangan bagus.

Tidak ada salahnya menggunakan bangunan yang sudah berdiri. Namun perlu diperhatikan bahwa bangunan yang sudah berdiri masih memerlukan beberapa penyesuaian, seperti renovasi atau perbaikan. Jadi pertimbangkan setiap pilihan tempat usaha dengan modal yang dimiliki.

3. Tentukan Konsep Kedai Kopi

Zaman sekarang, anak muda lebih suka nongkrong di tempat yang tampilannya menarik. Pasalnya mereka tidak hanya butuh minum dan makan saja, namun juga suka berfoto untuk menunjukkan eksistensi mereka melalui media sosial. Untuk alasan inilah, kedai kopi harus dibuat dengan konsep yang modern dan perencanaan yang matang.

Untuk lokasi di tengah kota, konsep yang pas adalah tema industrial modern. Sedangkan jika memilih lokasi dengan latar pemandangan alam, konsep terbuka lebih sesuai. Memikirkan konsep coffee shop harus menyeluruh mulai dari pemilihan warna dan kombinasinya, pemilihan furniture hingga menentukan nama kedai.

4. Rancang Produk

Bagian ini memang rumit dan butuh pemikiran yang mendalam. Merancang produk minuman kopi tidak semudah membuatnya. Kalau memang ingin membangun sebuah brand, maka pastikan produk tersebut unik. Keunikan harus datang dari rasanya, kemasannya hingga nama produk tersebut.

Dalam merancang produk, hal yang menjadi pertimbangan adalah target pasar. Oleh karena itu, tentukan target pasar secara jelas. Tentukan coffee shop tersebut untuk kalangan apa, untuk masyarakat di tingkat ekonomi yang mana, hingga untuk target dengan gaya hidup yang seperti apa.

5. Rekrut Karyawan

Pendiri bisnis yang sudah punya skill di bidang yang ingin digelutinya sudah punya modal awal yang bagus. Misalnya untuk bisnis kedai kopi ini, pemiliknya sudah punya kemampuan meracik kopi. Namun jika belum punya keahlian tersebut, rekrut karyawan yang secara profesional bisa melakukan pekerjaan itu.

Untuk bisnis coffee shop, barista menjadi peran penting. Selain harus punya kemampuan yang baik, seorang barista juga harus bisa berkomunikasi dengan baik dan ramah kepada pelanggan. Ini akan menjadi nilai tambah kedai tersebut dan menjadi daya tarik. Sementara pekerja lainnya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

6. Promosikan dengan Maksimal

Tips terakhir yang sekaligus menjadi kunci sukses bisnis adalah promosi. Sekarang ada banyak sekali metode promosi yang bisa dilakukan. Metode promosi secara offline tidak boleh dilupakan, misalnya dengan mengadakan promo saat opening atau promo di hari tertentu dengan harga menu yang lebih murah.

Sedangkan dengan metode online, promosi bisa dilakukan dengan memanfaatkan media sosial. Semua media sosial harus dimaksimalkan. Agar promosi berhasil menjangkau pasar, buatlah materi yang sesuai dengan target. Jangan lupakan setiap tren yang sedang berkembang karena itu bisa jadi ide promosi.

Kesimpulannya, bisnis kedai kopi memang masih jadi peluang yang menjanjikan di masa sekarang ini. Telah disebutkan pula beberapa tips memulai bisnis tersebut agar bisa berkembang dan laris serta tentunya menghasilkan untung besar.

Agar menjalankan bisnis semakin terasa aman, miliki asuransi properti untuk bangunan usaha coffee shop. Dengan asuransi tersebut, keamanan bangunan bisnis terjamin dari berbagai risiko dan kemungkinan buruk. Kunjungi cekpremi.com untuk memperoleh informasi mengenai jasa penyedia asuransi dan pilihan produk terbaiknya.

Referensi:

Skill Academy

Jurnal