Penyebab Kedutan Mata Kanan Atas & Cara Mengatasinya

Kedutan mata atas kanan

Apa arti dari kedutan mata kanan atas? Kondisi satu ini banyak dihubungkan dengan berbagai mitos, namun di satu sisi juga menjadi salah satu masalah kesehatan yang tidak boleh dibiarkan. Menurut mitos dan berhubungan dengan kepercayaan masyarakat, kedutan mata di bagian kanan atas adalah pertanda baik.

Kedutan mata kanan atas pertanda apa? Menurut mitos yang dipercaya masyarakat, artinya bahwa Anda akan mengalami keberuntungan di masa yang akan datang. Misalnya keberuntungan dalam berbisnis, mendapatkan jabatan baru, mendapatkan rezeki tak terduga dan juga berbagai hal positif lainnya. Lalu jika dikaitkan dengan dunia medis, apa penyebab mata bagian kanan atas mengalami kedutan dan bagaimana cara menanganinya?

Penyebab Kedutan Mata Kanan Atas

Sumber : https://elements.envato.com/close-up-view-of-mature-man-eye-with-eyelashes-and-5JVYXMR

Untuk Anda yang penasaran, berikut ini beberapa penyebab kedutan mata kanan atas dari sisi medis.

  1. Alami Stres Berlebihan

Mengalami kedutan pada mata kanan bagian atas, merupakan efek dari stres berlebih baik secara fisik dan juga emosional. Seseorang dengan stres yang berlebihan, akan cenderung mengalami kedutan pada bagian atas mata lebih sering. Yang perlu Anda lakukan saat mengalami hal ini adalah melakukan relaksasi untuk mengurangi kedutan.

  1. Faktor Kecemasan

Seseorang dengan kecemasan yang tinggi bisa juga mengalami mata bagian atas kedutan. Karena ketika Anda cemas, otomatis tubuh tidak bisa beristirahat dengan benar. Hal ini membuat tubuh merasa lelah tidak terkecuali bagian otot di sekitar mata.

  1. Mata Kering

Kedutan mata kanan atas juga bisa disebabkan, karena area mata yang mengering dan ini biasanya terjadi pada lansia di usia 50 tahun ke atas. Ketika terjadi mata kering, biasanya penglihatan juga akan terganggu dan tidak nyaman.

Selain mata kering, biasanya kedutan pada bagian atas mata juga terjadi karena mata yang tegang akibat terlalu lama berinteraksi dengan layar. Alihkan pandangan pada objek dengan jarak kurang lebih 20 kaki atau 6 meter, selama 20 detik jika mengalami mata tegang. Atau bisa juga memilih untuk menggunakan kacamata dengan lensa khusus untuk mengurangi paparan sinar biru dari layar komputer, laptop atau smartphone.

  1. Pola Makan Tidak Teratur

Apakah Anda selama ini memiliki pola makan yang tidak teratur? Ternyata gaya hidup tidak sehat ini juga bisa menjadi salah satu penyebab kedutan, mata kanan atas. Karena ketika asupan makanan kurang akan membuat Anda kekurangan nutrisi salah satunya magnesium. Ternyata hal ini ada hubungannya dengan peningkatan risiko kedutan pada area mata.

  1. Kejang Otot

Selanjutnya, juga bisa disebabkan karena kejang otot atau myokymia. Kejang otot adalah kondisi di mana otot kelopak mata alami kejang berulang dan tidak bisa dikendalikan. Namun umumnya kejang otot ini bisa berhenti sendiri setelah beberapa waktu tanpa perlu penanganan medis.

  1. Konsumsi Kafein

Mengkonsumsi kafein juga bisa jadi salah satu faktor penyebab kedutan mata kanan atas. Kafein tentu saja tidak hanya ada di dalam kopi, tapi juga teh dan coklat. Dimana unsur kafein ini bisa menstimulasi otot mata untuk mengalami kedutan. Jadi jika Anda sering mengalami kedutan pada mata, itu tandanya bahwa tubuh Anda sedang mengkonsumsi kafein secara berlebih.

Cara Mengatasi Kedutan Mata Kanan Atas

Setelah mengetahui apa saja penyebab kedutan mata kanan atas, berikut ini beberapa cara penanganan yang bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi kondisi tersebut.

  1. Menghindari Stres

Cara yang pertama tentu saja Anda harus menghindari stres sesering mungkin, karena stress menjadi pemicu ketegangan otot salah satunya kelopak mata. Hindari stres dengan melakukan relaksasi misalnya dengan yoga ataupun meditasi baik sendiri ataupun bersama instruktur. Lakukan relaksasi dengan benar agar stres benar-benar bisa dihindari.

  1. Istirahatkan Mata

Berikutnya yang tidak kalah penting adalah mengistirahatkan area mata dengan menghentikan semua faktor yang memicu otot kelopak mata mengejang. Terutama bagi Anda yang sangat sering menatap layar komputer atau smartphone, bisa terapkan aturan 1-2-10. Yaitu 1 feet atau jarak sekitar 30 cm jarak mata dengan smartphone. 2 feet atau sekitar 60 cm jarak mata dengan komputer dan 10 feet atau sekitar 30 m jarak mata dan TV.

Anda juga bisa terapkan rumus 20-20-20 seperti yang sudah dijelaskan pada poin di atas sebelumnya.

  1. Memiliki Gaya Hidup Sehat

Untuk yang sering mengalami hal tersebut, maka sebaiknya perbaiki gaya hidup menjadi lebih sehat dengan kurangi konsumsi alkohol, merokok apalagi kafein. Kemudian Anda juga harus memperbaiki pola makan dengan asupan makanan yang lebih sehat. Ini dapat mengurangi terjadinya otot kelopak mata yang mengejang.

Anda wajib penuhi kebutuhan nutrisi terutama magnesium dengan mengkonsumsi makanan yang punya kandungan magnesium tinggi. Seperti misalnya konsumsi tahu, tempe, kacang-kacangan, sayuran hijau, pisang alpukat, coklat hitam dan juga ikan.

  1. Lakukan Pengobatan

Alternatif lainnya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan pengobatan. Terutama jika kondisi kedutan mata kanan atas berhari-hari tidak sembuh, juga lebih dari 3 bulan. Anda bisa konsultasi langsung ke dokter mata, biasanya dokter akan memberikan suntikan toksin botulinum atau botox pada pengobatan tahap pertama. Tindakan pengobatan ini biasanya memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi.

Itu tadi beberapa penyebab yang wajib Anda ketahui dan waspadai, serta cara mengatasinya. Mengalami kedutan ataupun kondisi medis lainnya, tentu saja sangat mengkhawatirkan. Untuk itu, perlu sejak dini memberikan perlindungan kesehatan pada diri dengan punya asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan sangat penting untuk mengurangi risiko biaya yang harus ditanggung karena masalah kesehatan yang terjadi.

Untuk beli asuransi kesehatan, Anda bisa lakukan perbandingan terlebih dahulu antara perusahaan asuransi satu dan lainnya untuk mendapatkan yang terbaik. Lakukan perbandingan lewat portal online Cekpremi. Di sini Anda bisa menemukan pilihan perusahaan terbaik yang sudah terdaftar di OJK dan legal serta jadi pilihan banyak masyarakat. Selain melakukan perbandingan asuransi kesehatan, Anda juga bisa lakukan perbandingan pada produk asuransi lainnya di Cekpremi. Untuk informasi lebih lengkap bisa langsung kunjungi website cekpremi.com.

Sumber :

Halodoc

Kesehatan

KMU