Kehilangan Mobil Karena Pencurian? Anda Perlu Asuransi Ini

kehilangan mobil

Risiko kehilangan mobil karena pencurian bisa mengintai siapa saja. Mobil yang notabene adalah benda berharga bahkan menjadi aset dengan nilai puluhan bahkan ratusan juta rupiah kerap jadi sasaran pencurian.

Demi menghindari risiko kehilangan Anda bisa memastikan memarkir kendaraan dalam kondisi terkunci dan pilih mobil dengan sistem keamanan yang baik. Satu lagi yang penting adalah memilih asuransi mobil yang tepat dan meng-cover risiko ini. Simak apa jenis asuransi yang bisa dipilih.

Jenis Asuransi untuk Kehilangan Mobil Akibat Pencurian

Banyak hal yang harus diperhatikan pada saat Anda memilih asuransi mobil. Pertama adalah reputasi dari perusahaan asuransi tersebut. Kedua, apakah premi yang tersedia sesuai dengan kemampuan Anda. Ketiga, jenis asuransi yang memenuhi kebutuhan Anda atas risiko kehilangan mobil.

Saat Anda sudah menentukan jenis asuransinya, maka akan lebih mudah untuk mencermati syarat dan ketentuan polis. Nantinya Anda bisa menemukan mana asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.

Khusus untuk asuransi yang bisa memenuhi risiko hilangnya mobil akibat pencurian, Anda bisa mempertimbangkan dua jenis berikut:

  • Asuransi Total Loss Only (TLO)

Dilansir dari laman sikapiuangmu.ojk.go.id, asuransi TLO merupakan salah satu asuransi kendaraan bermotor di Indonesia. Asuransi ini memberikan jaminan kerugian yang diakibatkan risiko dan disebutkan dalam polis.

Biaya perbaikan yang diberikan adalah sama atau lebih besar dari 75% dari harga kendaraan atau karena kendaraan hilang dicuri dan tidak ditemukan dalam waktu 60 hari. Berdasarkan pengertian ini, artinya Anda yang takut dengan risiko mobil hilang akibat pencurian bisa membeli asuransi TLO ini.

Hal yang perlu diperhatikan saat Anda membeli asuransi TLO adalah ketika mobil tidak hilang namun mengalami kerusakan. Berbagai kerusakan minor seperti bumper yang penyok tidak akan digantikan oleh asuransi ini. Kecuali kerusakan parah di atas 75% baru Anda bisa mendapat biaya ganti rugi.

  • Asuransi Comprehensive/ All Risk

Selain TLO, Anda juga bisa mengandalkan asuransi comprehensive atau yang dikenal juga dengan all risk. Asuransi ini memberikan perlindungan atas risiko secara menyeluruh termasuk kehilangan mobil karena pencurian yang didahului dengan atau diikuti tindak kekerasan.

Sesuai dengan namanya, asuransi ini akan memberikan perlindungan terhadap segala jenis kerusakan yang mungkin terjadi pada mobil Anda. Contohnya saja kerusakan pada bumper mobil yang tidak ditanggung TLO akan diganti jika Anda memiliki asuransi comprehensive.

Menariknya, pada asuransi comprehensive ini perluasan perlindungan bisa diperoleh. Perluasan ini mencakup kerusakan mobil karena bencana alam hingga aksi huru-hara. Termasuk tanggung jawab pihak ketiga yang menyebabkan kecelakaan sehingga menimbulkan pengendara lain terluka.

Kedua asuransi ini sama-sama memberikan perlindungan dari risiko mobil hilang. Lalu asuransi mobil TLO vs all risk mana yang sebaiknya Anda miliki? Anda bisa memilihnya berdasarkan tahun pembelian mobil. Mengingat mobil baru lebih minim risiko Anda bisa membeli TLO terlebih dahulu.

Nantinya jika Anda sudah berada di tahun kedua atau ketiga maka alihkan ke asuransi comprehensive yang jauh lebih lengkap perlindungannya. Jika Anda membeli mobil bekas saat ini maka milikilah asuransi comprehensive supaya aman.

Cara Klaim Asuransi Kehilangan Mobil karena Pencurian

Masing-masing perusahaan asuransi biasanya menetapkan syarat dan proses klaim yang berbeda. Namun secara umum ada beberapa syarat yang pasti harus Anda miliki dan langkah yang kurang lebih sama.

Jika ingin melakukan klaim karena mobil hilang akibat pencurian maka penuhi syarat berikut dan ikuti prosesnya.

Syarat yang Harus Dipenuhi

Syarat yang harus dipenuhi berupa dokumen hingga rekaman yang menjadi bukti pencurian. Anda sebaiknya melaporkan kejadian pencurian terlebih dahulu ke kepolisian untuk mendapatkan dokumen tambahan dalam klaim.

Berikut ini syarat lengkapnya:

  • Dokumen Polis

Anda harus menyertakan dokumen polis asli yang disimpan selama ini. Pastikan Anda adalah pemegang polis yang aktif. Sekaligus menyerahkan formulir klaim yang telah diisi dan ditandatangani. Formulir ini bisa Anda dapatkan dari kantor asuransi atau dari situs resmi perusahaan asuransi yang bersangkutan.

  • Dokumen Identitas

Ada beberapa identitas yang wajib dipenuhi yaitu KTP tertanggung, SIM pengemudi, fotokopi STNK, BPKB hingga faktur pembelian kendaraan yang asli.

  • Dokumen dari Pihak Berwajib

Sebagai bentuk klaim akibat pencurian, maka Anda harus menambahkan berkas resmi yang dikeluarkan pihak berwajib. Demi mendapatkannya, sesegera mungkin Anda melaporkan kehilangan sehingga bisa membuat berita acara.

Demi memudahkan pelacakan, Anda bisa juga menyerahkan bukti seperti CCTV ke kepolisian. Nantinya Anda meminta surat resmi dari kepolisian untuk mengajukan klaim ke pihak asuransi.

Proses Klaim Asuransi

Baik itu asuransi TLO mobil bekas, baru atau asuransi comprehensive juga memiliki proses klaim kurang lebih sama. Anda yang sudah mengumpulkan semua dokumen tadi bisa menyerahkannya langsung ke kantor perusahaan asuransi terdekat.

Perusahaan asuransi akan mengecek dokumen dan menyesuaikannya dengan ketentuan polis. Ada satu hal yang harus Anda cek dalam polis khusus untuk ketentuan kehilangan. Salah satu ketentuan yang biasanya muncul adalah adanya proses penyelidikan selama 60 hari.

Jadi ketika Anda sudah mengajukan klaim pasca kejadian secara langsung biasanya proses ganti rugi akan menunggu waktu penyelidikan. Pasalnya perusahaan asuransi akan menunggu apakah mobil akan ditemukan kembali.

Jika tidak maka perusahaan asuransi akan melanjutkan klaim Anda dalam waktu 5 sampai dengan 30 hari lamanya. Supaya proses klaim tidak menjadi lama lagi Anda sebaiknya Anda memenuhi syarat dengan benar.

Apabila klaim asuransi kehilangan mobil ditolak artinya ada beberapa hal yang mungkin saja terlewat oleh Anda. Misalnya polis Anda ternyata tidak aktif atau klaim asuransi yang Anda ajukan sudah melebihi batas waktu yang telah tertera pada polis.

Lebih baik jika Anda mengalami kehilangan mobil, langsung saja melaporkan ke polisi untuk mendapatkan dokumen dalam pengajuan klaim asuransi. Nantinya proses klaim bisa jadi lebih cepat.

Risiko pencurian mobil memberikan kerugian yang sangat besar karena Anda akan kehilangan aset secara keseluruhan. Sudah menjadi hal umum bagi pemilik kendaraan saat ini untuk memiliki asuransi mobil demi mengatasi risiko kehilangan.

Anda yang saat ini masih bingung memilih asuransi mobil bisa mengecek terlebih dahulu pilihannya di Cekpremi. Tidak ingin rugi karena pencurian, yuk cek asuransinya terlebih dahulu di Cekpremi.

Sumber:

Carsome