Kenali Jenis Ban Mobil yang Cocok untuk Jalanan Aspal

jenis ban mobil

Artikel ini akan membahas jenis ban mobil. Jenis ban mobil merupakan salah satu aspek yang penting untuk diperhatikan. Apalagi ketika mobilmu akan menempuh perjalanan jauh. Dengan jenis ban yang tidak sesuai atau kondisi ban yang buruk, maka kenyamanan berkendaramu akan terganggu. Simak beberapa jenis ban mobil yang cocok di jalanan aspal berikut ini.

1. AT (All Terrain)

Ban AT (AllTerrain) merupakan jenis ban yang mampu bekerja dengan baik di jalananon roadmaupunoff road. Ban ini biasanya digunakan pada mobil SUV atau mobil dengan spesifikasi 4WD lainnya. Apabila digunakan pada medanon road/jalan aspal, ban ini tidak menimbulkan suara bising. Hanya saja jangan memaksakan untuk melewati jalanan yang terlampauoff road, karena alur ban jenis ini tidak cukup kuat untuk mencengkeram medan yang terlalu berat.

asuransi mobil

2. HT (Highway Terrain)

Selanjutnya, jenis ban HT (Highway Terrain). Ban HT diprioritaskan untuk digunakan pada medan jalan on road seperti aspal halus. Jenis ban ini biasa digunakan pada mobil-mobil city car, hatchback, MPV atau sedan. Mobil-mobil ini memang biasanya digunakan pada jalanan perkotaan. Namun, ban ini juga digunakan pada beberapa mobil balap.

3. RFT (Run Flat Tire)

Ban RFT (Run Flat Tire) adalah jenis ban mobil yang tetap dapat dipakai di tekanan angin 0. Jenis ban ini dapat berjalan dengan aman meski kondisinya kempis atau tanpa angin. Tentu berbeda dengan ban konvensional yang justru akan rusak apabila digunakan dalam keadaan kempis. Oleh karena itu, ban RFT biasa digunakan pada mobil-mobil mahal dan mewah. RFT mampu digunakan tanpa adanya angin dalam mobil sampai kecepatan 80 km/jam.

4. Comfort

Jenis ban selanjutnya adalah comfort. Tipe ini hampir sama dengan tipe HT karena memang digunakan untuk mobil yang sering melewati jalanan beraspal. Daya cengkeram ban ini lebih kuat karena dibuat dari karet tebal dengan celah alur yang rapat. Selain itu, jenis ban ini juga lebih tahan panas. Ulir ban tipe comfort akan mempercepat aliran udara ketika berada di permukaan jalan. Jadi, daya tahannya pun lebih kuat sehingga masa pakainya lebih lama. Comfort cenderung memiliki ketahanan panas yang lebih baik.

5. Performance

Kemudian, terdapat tipe comfort. Tipe ini membuat kendali mobil yang lebih stabil. Ban performance memiliki alur yang lebih sedikit. Jadi, performance memang digunakan untuk mobil balap dengan trek aspal kering. Namun, ban ini tidak cocok digunakan saat hujan karena sedikitnya alur ban ini membuat ban menjadi licin.

6. Eco tire

Ban jenis eco tire digunakan untuk meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar. Jenis ban ini dilengkapi lapisan silika sehingga daya cengkeraman ban ke jalan menjadi lebih baik. Lapisan silika juga mampu membuat rolling resistance berkurang, sehingga mobil gampang melaju tanpa membuat bahan bakar menjadi boros.

7. Tubeless

Pasti Anda tidak asing dengan istilah ‘tubeless’. Ban tubeless adalah jenis ban yang banyak digunakan mobil saat ini. Tubeless dirancang khusus oleh pabrikan mobil supaya dapat menahan udara tanpa menggunakan ban dalam. Tipe ini memiliki lapisan dalam untuk menghindari kebocoran udara. Lapisan dalam ini mampu mencegah ban langsung bocor saat tertusuk benda tajam.

Jika kendaraanmu mengalami kerusakan, memiliki asuransi mobil adalah solusi yang tepat agar Anda tidak perlu pusing dengan biaya perbaikan. Beberapa perusahaan asuransi yang bisa menjadi pilihan di antaranya adalah Mega Insurance, Simas Insurtech, dan Staco Mandiri.

  1. Mega Insurance:
    • Menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive.
    • Menawarkan berbagai pilihan perluasan asuransi comprehensive, seperti perlindungan terhadap kerusuhan, sabotase, bencana alam (act of God), dan tanggung jawab hukum pihak ketiga (TJH III), serta perlindungan bagi pengemudi atau penumpang.
    • Proses klaimnya mudah karena tersedia aplikasi Mega Insurance Assistant.
  2. Simas Insurtech:
    • Menyediakan tiga jenis polis: TLO, comprehensive, dan jaminan pihak ketiga.
    • Keunggulannya terletak pada pelayanan yang cepat dan mudah, dengan penerbitan polis secara real-time dan kemudahan dalam klaim.
  3. Staco Mandiri:
    • Menawarkan dua jenis polis, yaitu TLO dan comprehensive.

Untuk memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa mengunjungi layanan Cekpremi, yang menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil agar Anda bisa mendapatkan perlindungan terbaik.

Pertanyaan Seputar Jenis Ban Mobil