Enaknya Kerja di Google, Bukan Cuma Gaji Tinggi!

kerja di google

Siapa yang tidak kenal Google? Perusahaan teknologi multinasional ini telah menjadi tempat kerja idaman. Banyak anak muda yang ingin kerja di Google dengan alasan utama gaji yang sangat tinggi. Meskipun berpusat di Amerika Serikat, namun cukup banyak kantor cabang di berbagai negara termasuk Indonesia.

Cukup banyak karyawan Google saat ini yang sharing mengenai benefit apa saja selama ini yang telah diperoleh. Berkat informasi yang menyebar inilah semakin tinggi minat untuk bisa bekerja di perusahaan ini. Seperti apa kelebihan yang ditawarkan, simak selengkapnya.

8 Keuntungan Kerja di Google yang Membuatnya jadi Idaman

Berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh Google mulai dari segi jaminan kesehatan, waktu kerja sampai dengan cuti tersedia. Budaya kerja modern yang dibawa oleh Google menjadikannya tempat ternyaman. Tidak heran, menurut Payscale 86% karyawan Gogle sangat puas dengan pekerjaannya mereka.

Bagi Anda yang tertarik untuk kerja di Google Indonesia atau bahkan di negara asalnya, bersiaplah untuk mendapatkan beberapa keuntungan ini.

  • Menjamin Kesehatan Semua Karyawan

Satu hal yang diutamakan oleh Google kepada karyawannya adalah soal kesehatan. Karyawan yang mendapatkan jaminan kesehatan tentunya akan merasa aman selama bekerja. Google memberikan asuransi kesehatan, termasuk gigi hingga mata.

Seluruh karyawan khususnya di bidang pemrograman mendapatkan pula jaminan kesehatan mental. Google telah menyediakan pusat kesehatan ditambah dengan aplikasi untuk mental health.

  • Gaji Tinggi dengan Bonus

Banyak yang penasaran berapakah gaji gaji kerja di Google yang katanya sangat tinggi? Melansir Payscale, rata-rata gaji karyawan Google di Amerika adalah 124 ribu USD per tahun untuk posisi software engineer. Jika dirupiahkan dengan nilai tukar saat ini Rp15.700 maka nominalnya setahu 1,9 miliar lebih.

Gaji ini belum termasuk dengan bonus yang diberikan secara reguler kepada karyawan yang berprestasi. Pemberian gaji tinggi dan bonus ini bertujuan supaya seluruh karyawan termotivasi untuk tetap produktif.

  • Sistem Kerja yang Fleksibel

Hal yang sering diunggulkan oleh karyawan Google selama ini adalah sistem kerja yang fleksibel. Anda bisa bekerja dari mana saja karena kerja remote di Google sangat dapat dilakukan. Ada pula model kerja hybrid di mana karyawan bekerja di kantor 2 hari dan 3 hari dari mana saja.

Sistem ini merupakan inovasi yang mewarnai budaya kerja di Google. Berkat sistem kerja yang fleksibel membuat karyawan bisa bekerja secara kreatif dengan bebas. Inilah yang meningkatkan pula kebahagiaan mereka yang berhasil bekerja di perusahaan teknologi terbesar ini.

  • Waktu Liburan dan Cuti Cukup Panjang

Google juga sudah menyediakan waktu liburan serta cuti bagi karyawannya. Setahunnya cuti bisa diambil selama 15 sampai dengan 25 hari yang termasuk cuti sakit, saat ada keluarga yang meninggal dan keperluan lainnya.

Waktu cuti karyawan tetap akan mendapatkan gaji sesuai dengan perjanjian kerja, jadi tidak perlu takut gaji akan dipotong. Waktu libur atau cuti nantinya bisa dimanfaatkan untuk beristirahat dan melepaskan beban kerja sejenak. Karyawan hanya perlu menginformasikannya kepada manajer sebelumnya.

  • Makan dan Camilan Gratis

Saat kerja di Google Anda juga akan mendapatkan makan siang dan camilan gratis yang sudah disediakan. Tidak perlu pusing lagi dengan pengeluaran untuk makan siang atau camilan di saat sore hari.

Tentunya keuntungan ini sangat ditunggu-tunggu oleh hampir seluruh karyawan. Kapan lagi mendapatkan makan dan camilan gratis. Bahkan ada juga kelas memasak yang diadakan Google agar karyawan bisa eksplor berbagai kuliner.

  • Support untuk Keluarga

Bukan hanya karyawan, Google juga memperhatikan keluarga karyawan. Ada cukup banyak dukungan terhadap keluarga seperti menyediakan fasilitas daycare di kantor pusat Google. Fasilitas ini akan sangat membantu karyawan yang memiliki anak tanpa pengasuh.

Selain itu ada juga cuti khusus untuk mengasuh anak, cuti melahirkan bahkan cuti untuk mengadopsi anak. Bagi ibu yang ingin cuti mengasuh anak Google menyediakan waktu selama 18 minggu sedangkan untuk suami cuti selama 6 minggu.

  • Pengembangan Kemampuan

Tidak ada karyawan Google yang akan merasa stuck dengan karirnya. Google telah menyediakan berbagai program pengembangan kemampuan yang bisa diikuti. Mulai dari reimbursement untuk dana pendidikan, jadi jika Anda ingin mengikuti kelas di luar bisa mengikuti program ini.

Ada pula platform khusus untuk mempelajari Googler to Google peer learning termasuk juga program volunteer. Karyawan juga bisa mengikuti komunitas internal Google dan berbagai klub lokal yang berbeda-beda di setiap negara. Tentunya dengan klub dan komunitas Anda bisa mengenal karyawan Google dari seluruh dunia.

  • Fasilitas Kesehatan Lengkap

Selain asuransi, semua karyawan yang kerja di Google juga bisa menikmati fasilitas kesehatan yang disediakan. Setiap cabang Google selalu menyediakan gym di kantor yang bisa digunakan kapan saja.

Tidak perlu lagi membayar keanggotan di tempat gym lain. Mengingat lokasinya di kantor, Anda juga tidak perlu membuang waktu di perjalanan. Saat selesai kerja atau di sela-sela waktu istirahat gym selalu terbuka dan dapat digunakan.

Benefit yang ditawarkan Google kepada karyawannya bukan sedikit lagi, tidak heran bukan jika banyak yang berminat untuk bekerja di sana? Bagi Anda yang tertarik untuk melamar pastikan dulu kemampuan yang dimiliki relevan dengan posisi yang dilamar.

Selain itu Anda juga wajib lancar berbahasa Inggris karena akan sering berkolaborasi dengan karyawan dari negara lain. Bahasa Inggris menjadi bahasa utama yang akan digunakan. Apabila diterima Anda menjadi salah satu orang yang sangat beruntung.

Mengingat gaji yang tinggi, maka membeli mobil untuk modal transportasi pulang pergi kerja pun bisa tercapai dalam waktu singkat. Mobil juga menjadi aset penting bagi karyawan Google. Namun perlu diingat, meskipun gaji tinggi Anda tetap harus memiliki asuransi mobil karena Google tidak menyediakannya.

Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu mana asuransi yang tepat dan tempat yang efektif Anda mencarinya adalah Cekpremi. Mengecek asuransi mobil di Cekpremi sangat mudah, Anda hanya perlu memasukkan data jenis mobil, tahun keluaran hingga fungsinya.

Cekpremi akan menyajikan informasi data berbagai asuransi yang bisa Anda cek, mudah bukan? Kini Anda bisa mulai memilih mobil dan jangan lupa cek asuransinya melalui Cekpremi.

Sumber:

Google

Googler Benefits

The Human Capital Hub

Linkedin

Business Insider

Pay Scale