Curug Kiara Danu di Majalengka, Seperti Apa Keindahannya?

Kiara Danu

Keindahan alam Indonesia telah diakui oleh dunia. Terbukti banyak tempat wisata di berbagai daerah di Indonesia menjadi destinasi wisata pelancong dari negara lain. Selain tempat wisata yang terkenal dan mendunia, Indonesia juga punya banyak sekali tempat indah lainnya. Salah satunya adalah Curug Kiara Danu di Majalengka.

Majalengka adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang didominasi oleh penduduk etnis Sunda. Karena itulah, Bahasa Sunda digunakan sebagai bahasa sehari-hari. Wilayah Majalengka terbagi atas 3 wilayah semasa zaman kerajaan Hindu Budha, salah satunya adalah Kerajaan Sindangkasih.

Kabupaten Majalengka bagian utara merupakan daerah dataran rendah. Sementara bagian selatan kabupaten ini didominasi oleh barisan pegunungan. Dengan kondisi geografis seperti itu, Majalengka memiliki penampakan alam yang indah, termasuk Kiara Danu yang merupakan air terjun.

Daya Tarik Wisata Curug Kiara Danu

Curug adalah kata dalam Bahasa Sunda yang berarti air terjun atau air yang jatuh dari ketinggian secara alami. Karena itulah, kebanyakan tempat wisata air terjun di Jawa Barat lebih sering disebut curug. Sementara nama air terjun biasanya diambil berdasarkan sejarahnya, wilayahnya atau ciri khususnya.

Karena terjadi secara alami, air terjun atau curug biasanya berlokasi di tempat tersembunyi seperti dekat pegunungan dan hutan. Masih banyak spot air terjun di Indonesia yang belum terjamah. Sementara beberapa lainnya, seperti Curug Kiara Danu sudah dikelola menjadi tempat wisata. Seperti apa keindahan tempat wisata tersebut? Berikut informasinya.

  • Akses yang Mudah

Tidak seperti kebanyakan wisata air terjun, Kiara Danu berlokasi di dekat pusat kota tepatnya di Desa Lengkon Kulon, Kecamatan Sindangwangi, Majalengka. Karena berada di lokasi yang strategis, pengunjung tidak perlu susah payah untuk sampai ke tempat wisata ini. Akses ke tempat wisata ini sudah cukup mudah dengan jalan yang sudah beraspal.

Dari Alun-alun Majalengka, tempat wisata ini berjarak kurang lebih 23 kilometer dengan akses jalan yang bisa dilewati motor maupun mobil. Anda hanya perlu menuju Jalan Raya Lengkon Kulon dari Jalan Raya Rajagaluh. Selanjutnya, Anda tinggal mencari lokasi tempat wisata ini yang tidak sulit ditemukan.

Sementara jika Anda dari arah Cirebon, Anda bisa melewati Jalan Raya Imam Bonjol. Dari Pasar Kramat Dukupuntang di Cirebon, kawasan wisata ini bisa dicapai dalam waktu 10 menit perjalanan dengan motor atau mobil. Berkat akses yang mudah ini, Curug Kiara Danu menjadi pilihan wisata pengunjung dari luar daerah.

  • Harga Tiket Masuk Murah

Daya tarik lain dari wisata Curug Kiara Danu adalah harga tiketnya yang relatif murah. Pengunjung dewasa dikenakan tarif Rp10.000, sedangkan pengunjung anak-anak harus membayar tiket masuk seharga Rp5.000. Tempat wisata ini bisa jadi tujuan berlibur kapan saja karena buka setiap hari mulai jam 8 pagi hingga jam 5 sore waktu setempat.

Dengan harga tiket yang masuk yang ramah di kantong, tempat wisata ini merupakan tujuan berlibur favorit banyak orang. Destinasi wisata ini juga cocok untuk tujuan rekreasi keluarga. Apabila Anda ingin menikmati tempat wisata ini dengan lebih leluasa, hindari waktu ramai seperti akhir pekan atau musim liburan.

  • Dikembangkan secara Modern

Meski termasuk wisata alam, Kiara Danu sudah dikembangkan secara modern. Tempat wisata ini sudah ditata sedemikian rupa sehingga tampak menarik. Keindahan alam yang berpadu dengan pengelolaan secara profesional menjadikan destinasi wisata ini mampu memanjakan mata dan membuat siapa saja merasa puas setelah mengunjunginya.

Konsep modern dari air terjun ini dapat terlihat dari dibangunnya jembatan, sungai serta penataan tanaman dan pepohonan. Pengunjung yang datang tidak hanya akan puas melihat aliran air terjun yang deras, tapi juga bisa menikmati pemandangan sekitar air terjun sekaligus menjadikannya latar belakang saat berfoto.

  • Terdapat Kolam Renang

Kebanyakan air terjun yang masih berada di kawasan tersembunyi tidak aman untuk berenang, apalagi untuk anak-anak. Hal itu dikarenakan area sekitar air terjun biasanya berupa bebatuan yang licin dan terjal. Namun berbeda di kawasan wisata Curug Kiara Danu yang justru memiliki area kolam renang.

Kolam renang pada tempat wisata ini sengaja dibuat untuk menampung air terjun. Dengan kolam renang yang sudah tersedia, pengunjung bisa bebas berenang dengan lebih aman. Kolam renang tersebut juga aman untuk anak-anak, namun harus tetap mendapatkan pengawasan dari orangtua.

  • Tersedia Area Outbound

Wisata Curug Kiara Danu bisa dikatakan mampu memenuhi ekspektasi pengunjung. Pasalnya di tempat wisata ini juga tersedia area outbound. Pengunjung bisa menaiki wahana flying fox, tali tambang dan lain sebagainya. Wahana tersebut cocok bagi pengunjung yang ingin menguji keberanian.

Soal keamanan di area outbound, pengunjung tidak perlu khawatir. Area tersebut dijaga instruktur yang berpengalaman. Alat yang digunakan juga sudah memadai serta dipastikan dalam kondisi baik. Pengunjung juga bisa berkemah dengan memanfaatkan fasilitas seperti tenda dan tempat khusus camping.

Khusus anak-anak, ada area bermain dengan banyak pilihan permainan. Anak-anak dijamin puas bermain ayunan, jungkat-jungkit dan wahana permainan lainnya. Wisatawan yang datang bersama anak-anak bisa membiarkan mereka bermain di area khusus ini, sementara Anda bisa menikmati pemandangan air terjun yang indah.

  • Tempat Belanja dan Berwisata Kuliner

Berkunjung ke tempat wisata rasanya kurang lengkap jika tidak menikmati kuliner setempat dan berbelanja produk lokal. Keinginan tersebut akan terpuaskan saat Anda berlibur ke tempat wisata ini. Terdapat beberapa tempat makan yang menyediakan menu tradisional, seperti nasi liwet. Tidak ketinggalan berbagai jenis minuman juga tersedia.

Setelah puas bermain dan menikmati keindahan alam Kiara Danu, jangan lupa untuk berbelanja. Anda bisa membeli berbagai jenis produk khas daerah yang tidak ditemukan di daerah lain. Ragam produk lokal yang bisa jadi buah tangan akan membuat pengalaman berbelanja jadi lebih mengesankan.

Daya tarik Kiara Danu menjadi nilai lebih yang menarik kedatangan wisatawan dari berbagai daerah. Tempat wisata ini merupakan tempat berlibur yang akan memberikan pengalaman lengkap, mulai dari panorama alam yang memukau, arena permainan yang menantang hingga berwisata kuliner dan berbelanja.

Agar bisa mendapatkan pengalaman memuaskan saat berlibur, Anda perlu memiliki asuransi perjalanan. Anda tidak perlu bingung mencari asuransi yang paling tepat, karena Anda bisa mengunjungi cekpremi.com untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat.

Referensi:

Times Indonesia

Native Indonesia

Pesisir