Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Putih & Cara Mengatasinya

Knalpot mobil

Apa yang menyebabkan knalpot mobil mengeluarkan asap berwarna putih dan bagaimana cara mengatasinya? Ketika mobil pribadi yang Anda kendarai mengalami hal-hal yang aneh atau tidak biasa, tentu saja sebagian orang akan merasa panik. Salah satunya adalah ketika knalpot pada mobil mengeluarkan asap putih secara tiba-tiba tanpa tahu penyebabnya.

Umumnya ketika knalpot mobil mengeluarkan asap putih, itu tandanya terjadi masalah pada bagian mesin karena asap putih tersebut timbul akibat oli yang ikut terbakar dalam ruang bakar di mesin. Untuk mengetahui selengkapnya, Anda wajib memahami terlebih dahulu penyebab knalpot mengeluarkan asap putih lalu bisa memahami cara mengatasinya.

Penyebab Knalpot Mobil Mengeluarkan Asap Putih

Berikut ini beberapa penyebab yang wajib diketahui mengapa knalpot mobil asap putih menjadi masalah serius.

  • Oli Mengalami Kebocoran

Hal pertama yang bisa saja menjadi penyebab knalpot mobil mengeluarkan asap putih adalah karena oli yang bocor ke ruang pembakaran. Oli yang bocor tadi memicu munculnya asap putih secara otomatis dari kendaraan dan jika ini dibiarkan terlalu lama maka volume akan semakin susut dan bahkan habis. Akibatnya komponen mobil yang harusnya dilumasi oleh oli jadi tidak terlindungi dan bergesekan, sehingga memicu kerusakan parah.

Bahkan oli yang bocor dapat membuat mobil tidak bisa berfungsi hingga harus turun mesin. Selain oli yang bocor tentu juga bisa disebabkan karena gasket bocor, bagian klep bocor atau silinder mesin aus hingga terjadi retakan di dinding silinder. Tidak hanya muncul asap putih, biasanya oli yang bocor juga bisa membuat mesin susah dihidupkan saat pagi hari ketika mobil dipanaskan.

  • Air Pendingin Bocor

Berikutnya, knalpot mobil bisa mengeluarkan asap putih karena bagian air pendingin yang bocor dan masuk ke ruang bakar sehingga menghasilkan asap putih. Adapun kebocoran air pendingin ini sering dipicu oleh retakan di bagian dinding silinder. Di mana ketika suhu mesin naik atau memanas, kemudian air pendingin terus berkurang dan knalpot semakin banyak mengeluarkan asap putih. Air bening yang bocor ini, tentu juga bisa menyebabkan masalah lain pada mobil yang harus secepatnya diperbaiki.

  • Ada Air Sisa Knalpot

Ternyata knalpot bisa membuat genangan air terperangkap di dalamnya. Hal ini akan menyebabkan tetesan air terperangkap dan menguap, sehingga menjadi gas buang berbentuk asap dan berwarna putih.

See also Tutup Radiator Komponen Penting untuk Mencegah Overheat

Penyebab ini biasanya membuat asap putih yang dikeluarkan hanya berlangsung sebentar. Artinya jika genangan air di dalam knalpot habis maka asap putih juga akan hilang dengan sendirinya. Namun sebaiknya tetap waspada terhadap hal ini dan cari tahu dari mana air knalpot berasal. Karena genangan air pada knalpot bisa membuat pipa pembuangan cepat berkarat dan knalpot bisa ikut berlubang.

  • Pengembunan Gas Buang

Knalpot mobil juga bisa mengeluarkan asap putih karena terjadi pengembunan gas buang. Munculnya asap putih dan uap air dari knalpot merupakan pertanda bahwa pembakaran tidak terjadi dengan sempurna salah satu penyebabnya adalah pengembunan gas buang.

Ketika pembakaran terjadi sempurna, Anda hanya akan menemukan air bening tanpa asap keluar dari knalpot dan ini merupakan tanda bahwa mesin mobil masih dalam keadaan baik.

  • Seal Katup Aus

Seal katup punya fungsi untuk membuka ruang di antara saluran intake ke ruang bakar, agar udara bisa mengalir masuk ke dalam ruang bakar. Namun jika komponen ini mengalami kerusakan maka udara tidak masuk secara maksimal dan membuat oli bocor ke dalam ruang bakar yang bisa mengakibatkan asap putih knalpot mobil keluar.

Cara Mengatasi Knalpot Mobil Keluar Asap Putih

Setelah mengetahui apa saja penyebab knalpot mobil mengeluarkan asap putih, Anda juga wajib tahu cara mengatasi masalah ini seperti berikut.

  • Pastikan Volume Oli Mesin Ideal

Ini merupakan salah satu langkah yang paling tepat untuk mengatasi knalpot mengeluarkan asap putih. Jadi Anda perlu memeriksa tingkat oli mesin untuk memastikan bahwa volume oli masih penuh, karena jika volume oli berada di bawah indikator normal maka ada kemungkinan tinggi terjadi kebocoran oli.

See also 11 Coolant Radiator Mobil Terbaik dan Terlaku

Jika Anda memeriksa bagian oli dan ternyata masih penuh, maka tidak ada indikasi kebocoran oli dan penyebab asap putih bisa karena hal lain.

  • Periksa Indikator Engine

Berikutnya, Anda wajib memeriksa indikator engine dengan memperhatikan lampu indikator pada mesin mobil. Periksa apakah terjadi kerusakan atau tidak dengan meneliti secara akurat. Jika komponen ini mengalami kerusakan maka sebaiknya langsung ditangani dengan tepat, agar masalah selesai dan kerusakan mobil tidak semakin parah.

  • Ganti Seal Katup

Ketika bagian seal katup yang mengalami kerusakan maka sudah pasti Anda harus mengganti komponen ini untuk membuat asap putih tidak keluar lagi dari knalpot. Apalagi untuk seal katup yang mengalami aus sudah pasti harus diganti karena terdapat kerak oli yang membuat komponen ini tidak bisa mengalirkan udara ke saluran pembakaran dengan lancar.

  • Lepas Saluran PCV

PCV pada knalpot mobil punya fungsi untuk mengatur tekanan udara di mana komponen ini bisa dilepas dan juga diganti. Anda bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu, apakah bagian PCV mengalami kebocoran karena kerusakan separator atau tidak.

Jika memang terlihat jejak oli, maka lakukan penggantian PCV untuk mengatasi knalpot yang mengeluarkan asap putih.

  • Cek Tekanan Kompresi Mobil

Cek juga tekanan kompresi mobil untuk mengatasi knalpot yang mengeluarkan asap putih. Lakukan pengecekan di bengkel knalpot mobil terdekat atau bengkel resmi, agar bisa mengatasi masalah tersebut dengan cepat. Jika dilakukan pengecekan dan kompresi mesin terlalu rendah, mungkin saja masalahnya ada di bagian piston atau silinder atau juga komponen lainnya.

Sekarang tentu Anda sudah tahu apa saja penyebab knalpot mobil mengeluarkan asap putih dan bagaimana cara mengatasinya dengan tepat. Penting bagi Anda untuk memberikan perlindungan maksimal pada mobil untuk perlindungan mobil dari kerusakan, baik ringan maupun parah salah satunya bagian knalpot yang mengeluarkan asap.

See also Tak Perlu ke Bengkel, Ini 6 Cara Memperbaiki Body Mobil Lecet di Rumah!

Anda bisa lakukan perbandingan untuk memilih produk asuransi mobil terbaik sebagai perlindungan maksimal untuk mobil lewat Cekpremi. Dapatkan asuransi mobil dari perusahaan terbaik di portal online satu ini. Pilihan perusahaan asuransi yang ditawarkan sudah pasti perusahaan yang aman dan terdaftar di OJK.

sumber :

Auto2000

Auto2000

oto klix