Pengertian KTA Kilat, Cara Pengajuan dan Bank Pilihannya

KTA kilat

Butuh uang yang secara mendesak harus dipenuhi tentu bukan kondisi yang mudah. Saat berada dalam masa sulit itu, banyak orang akan langsung berpikir untuk meminjam uang. Sekarang kebutuhan tersebut jadi lebih mudah dipenuhi dengan adanya layanan KTA kilat yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan apa saja.

Kondisi sulit yang disebutkan tadi tentu pernah dirasakan hampir semua orang, terlebih mereka yang kurang well-prepared dalam mengatur dana darurat. Padahal dana darurat sangat penting keberadaannya untuk bisa mencukupi kebutuhan mendadak. Sayangnya tidak semua orang bisa punya dana darurat.

Pengertian KTA Kilat

Pinjaman di lembaga pendanaan seperti bank umumnya mewajibkan peminjam menyertakan jaminan atau agunan. Jaminan biasanya berupa harta benda milik peminjam yang dibuktikan melalui tanda kepemilikan berupa surat. Berbeda dengan pinjaman pada umumnya, KTA tidak harus disertai jaminan atau agunan.

Seperti namanya, KTA atau kredit tanpa agunan kilat berarti proses mendapatkan pinjaman dalam waktu singkat. Mulai dari proses pengajuan hingga pencairan dana artinya tidak memakan waktu yang panjang. Jadi KTA jenis ini cocok untuk siapa saja yang sedang butuh dana segera.

Syarat Pengajuan

Berada di situasi yang menghimpit dan butuh uang cepat bukan berarti bisa mengambil langkah tanpa perhitungan. Mengambil solusi tanpa memikirkan risikonya hanya akan menimbulkan masalah keuangan di kemudian hari. Maka pastikan memilih layanan KTA kilat yang terpercaya dan berasal dari lembaga pendanaan resmi.

Selain memilih layanan KTA atau kredit tanpa agunan kilat yang resmi dan terpercaya, tidak kalah penting juga untuk mengetahui tata cara pengajuannya serta syarat yang wajib dipenuhi. Pengetahuan tentang hal tersebut diperlukan agar proses mendapatkan pinjaman jadi lebih mudah. Inilah syarat pengajuan KTA kilat:

  • Warga Negara Indonesia
  • Harus berdomisili di seluruh wilayah Indonesia
  • Usia 18-50 tahun
  • Bekerja sebagai karyawan atau profesi tertentu yang memiliki rekening pribadi
  • Memiliki BPJS Ketenagakerjaan
  • Memiliki nomor telepon aktif
  • Syarat lain menyesuaikan lembaga pendanaan atau platform Fintech

Cara Pengajuan KTA Kilat

Setelah mengetahui syarat pengajuan KTA kilat, Anda juga perlu tahu tata cara dalam proses pengajuannya. Karena meski disebut kilat, tetap saja ada beberapa tahap yang harus diikuti dan dilakukan dengan benar sesuai prosedur. Berikut adalah cara pengajuan KTA kilat secara online:

  1. Unduh Aplikasi KTA Kilat

Masuk ke Play Store atau App Store untuk mengunduh aplikasi KTA online. Pastikan pada aplikasi tertera logo OJK yang menandakan bahwa aplikasi tersebut sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Pasalnya saat ini banyak sekali aplikasi pinjaman online ilegal yang akhirnya merugikan nasabah.

2. Verifikasi OTP

Setelah aplikasi KTA kilat berhasil terpasang di ponsel, pengguna diharuskan mendaftar dengan menggunakan nomor telepon aktif. Nantinya ponsel tersebut akan menerima kode OTP untuk proses verifikasi. Nomor ponsel tidak boleh diganti karena bisa menyebabkan penolakan pengajuan pinjaman.

3. Izinkan Akses Data Pribadi

Aplikasi akan meminta izin untuk bisa mengakses data pribadi pengguna dalam ponsel. Pengguna harus memberikan izin tersebut agar bisa lanjut ke proses pengajuan pinjaman. Akses ini akan berguna untuk mengetahui informasi penting tentang pengguna yang menggunakan layanan KTA kilat.

4. Isi Data Pribadi

Selanjutnya, pengguna harus mengisi formulir tentang data pribadi, mulai dari nama, nomor identitas, alamat hingga informasi pekerjaan lengkap dengan penghasilannya. Khusus di bagian pekerjaan, ada banyak informasi yang harus disertakan seperti perusahaan tempat bekerja, lama bekerja dan nomor telepon perusahaan.

5. Persetujuan Pinjam Meminjam

Pada bagian akhir formulir biasanya terdapat perjanjian pinjam meminjam. Pengguna harus membaca dengan teliti perjanjian tersebut agar bisa memahami aturan pinjam meminjam beserta risikonya. Apabila sudah benar-benar memahami, pengguna dapat menyetujuinya dengan klik tombol setuju.

6. Isi Kontak Darurat

Informasi tentang kontak darurat penting untuk disertakan dalam proses pengajuan pinjaman online termasuk KTA kilat. Pengguna harus mengisi informasi data kontak darurat yang berisi nama pemilik kontak dan hubungannya dengan nasabah. Setidaknya harus ada sebanyak 3 kotak darurat yang disertakan.

7. Lengkapi Dokumen Foto

Selain mengisi formulir, pengajuan pinjaman online juga harus menyertakan sejumlah dokumen termasuk foto. Dokumen foto yang menjadi syarat pengajuan pinjaman antara lain foto KTP dan foto diri alias foto selfie. Pastikan foto yang diambil memiliki gambar yang jelas, berwarna terang dan tajam.

8. Lengkapi Data Rekening Bank

Untuk keperluan pencairan dana, pengguna juga harus menyertakan data rekening bank yang dimilikinya. Nama pemilik rekening wajib sama dengan nama yang mengajukan pinjaman untuk menghindari penyalahgunaan. Aplikasi akan secara otomatis menggunakan nama orang yang mengajukan pinjaman sebagai nama pemilik rekening.

9. Penentuan Tenor Pinjaman

Setelah formulir dan dokumen sudah dilengkapi, sistem credit scoring pada aplikasi akan memproses permintaan pengguna dengan memberikan rekomendasi tenor pinjaman beserta plafonnya. Besarnya tenor dan plafon akan ditentukan secara mutlak berdasarkan data pengguna. Keputusan tentang besar tenor dan plafon tidak bisa diganggu gugat.

10. Menunggu Proses Pencairan

Setelah pengguna sepakat dengan tenor dan plafon yang ditentukan, pihak aplikasi kemudian akan melanjutkan ke proses pencarian dana. Umumnya KTA kilat memerlukan waktu kurang dari 24 jam pada hari kerja untuk mencairkan dana. Artinya pencairan dana memerlukan waktu yang lebih lama jika pengajuan dilakukan di luar hari dan jam kerja.

Bank yang Menyediakan Layanan KTA Kilat

Memahami kebutuhan masyarakat modern saat ini, sudah ada banyak bank yang menyediakan layanan kredit tanpa agunan dengan proses kilat. Di antaranya adalah digibank KTA Instan, KTA Kilat OCBC NISP, Jenius Flexi Cash dari BTPN.

Sementara itu juga ada banyak Fintech berupa aplikasi yang juga menyediakan layanan KTA dengan proses instan, seperti Kredivo, Tunaikita, Akulaku, Finmas, Julo, Spinjam by Shopee Indonesia dan masih banyak lagi.

Itulah informasi tentang apa itu KTA kilat beserta syarat dan tata cara pengajuannya. Ada banyak lembaga pendanaan dan platform Fintech yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan dana tunai dalam waktu cepat.

Selain memilih platform pinjaman terpercaya, Anda juga harus membekali diri dengan asuransi jiwa. Asuransi tersebut berguna untuk meminimalisir risiko yang bisa terjadi kapan saja. Temukan banyak penawaran menarik dari berbagai produk asuransi dengan mengunjungi cekpremi.com.

Referensi:

Cicil

Finansialku

OCBC Nisp