Jangan Panik, Lakukan Ini Jika Kunci Mobil Hilang!

Kunci mobil hilang

Apa yang harus dilakukan jika kunci mobil hilang? Saat kunci mobil tiba-tiba hilang tentu saja bisa membuat panik Anda, apalagi pada saat yang bersamaan Anda memang sedang ingin berkendara untuk urusan yang sangat penting. Namun sebaiknya jangan panik terlebih dahulu karena masalah ini tentu punya solusi.

Kehilangan kunci kendaraan apalagi mobil adalah hal yang tidak bisa dihindari. Namun jika terjadi hal ini dan Anda sedang buru-buru ingin pergi, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan terlebih dahulu sebagai solusi yang tepat dan efisien.

Lakukan Ini Jika Kunci Mobil Hilang!

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika sedang kehilangan kunci mobil.

Gunakan Kunci Cadangan

Hal pertama yang bisa Anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan mencari atau menggunakan kunci cadangan. Setiap beli mobil apalagi untuk kategori mobil baru, pastinya Anda mendapatkan lebih dari satu kunci.

Bahkan ada pula beberapa merek mobil yang memang menyediakan tiga kunci mobil, agar Anda sebagai pemilik mobil punya kunci cadangan di saat-saat darurat seperti saat kunci yang tiba-tiba hilang. Ketika kunci mobil Anda hilang, pastikan untuk menggunakan kunci cadangan terlebih dahulu.

Manfaatkan Jasa Tukang Kunci

Cara kedua yang bisa dilakukan, jika Anda tidak menemukan kunci cadangan adalah dengan mengunjungi tukang kunci. Ahli kunci ini dapat membantu untuk membongkar kontak dan membuat kunci baru sehingga mobil Anda bisa menyala. Meski Anda tidak punya kunci cadangan, biasanya para ahli kunci ini bisa membuat kunci pengganti dengan cara identifikasi jenis kunci mobil.

Setelah itu ahli kunci dapat membuat kunci mobil yang cocok dengan kendaraan Anda. Namun saat mencari ahli kunci, pastikan yang memang dari dealer agar Anda tidak hanya bisa mendapatkan kunci mobil baru namun juga kode immobilizer yang akan diperbaharui jadi kunci yang Anda punya sekarang lebih aman. Kode ini dapat membuat Anda lebih nyaman jika misalnya ada orang yang menemukan kunci mobil tersebut sehingga tidak bisa menyalahgunakannya untuk hal-hal tidak diinginkan, seperti misalnya pencurian.

Menggunakan jasa ahli kunci mobil lewat dealer resmi memang mahal namun pastinya aman. Jadi pastikan Anda sudah menyiapkan biaya sebelumnya, untuk meng-cover biaya yang harus dibayar.

Manfaatkan Kunci Duplikat

Anda juga bisa memanfaatkan kunci duplikat untuk membuat kunci cadangan baru sebagai solusi. Ini bisa Anda lakukan agar ketika kunci mobil kembali hilang, maka tidak perlu khawatir karena sudah ada kunci cadangan. Kunci duplikat ini juga bisa Anda buat di ahli kunci.

Untuk membuat duplikat kunci secara resmi dan aman, biasanya Anda harus menunjukkan dokumen kepemilikan pribadi seperti STNK, BPKB dan juga KTP. Dokumen ini menjadi bukti kuat bahwa Anda adalah pemilik mobil untuk menghindari penyalahgunaan kloning duplikat kunci mobil pada aksi pencurian.

Saat duplikasi kunci mobil, Anda juga wajib membawa mobil untuk mencocokkan kunci immobilizer dengan ECU immobilizer. Kemudian juga harus mengajukan registrasi prinsipal, yang biasanya dilakukan oleh pihak dealer agar mendapatkan izin melakukan penambahan kunci mobil. Registrasi ini menghindari kemudahan dalam duplikasi untuk menambah keamanan mobil.

Manfaatkan Aplikasi Pencari Kunci

Ini umumnya hanya bisa Anda lakukan untuk mobil baru dengan teknologi yang canggih yaitu dengan memasang perangkat Apple air tag, tile atau TrackR pada kunci mobil. Dengan cara ini, maka Anda bisa lebih mudah untuk menemukan kunci mobil yang hilang sebelum akhirnya mengunjungi ahli kunci.

Jika kunci mobil hilang maka sistemnya adalah dengan melakukan pelacakan kunci mobil lewat aplikasi yang ada di ponsel. Namun pastikan ketersediaan baterai pada perangkat yang digunakan, agar saat pencarian kunci perangkat masih dalam keadaan menyala dan tidak kehabisan baterai secara tiba-tiba.

Menghubungi Layanan Darurat Asuransi Mobil

Cara ini tentu saja juga bisa Anda lakukan untuk menemukan kunci mobil hilang. Ini dapat Anda lakukan agar menghindari pengeluaran ketika membuat kunci baru, apalagi lewat dealer yang biasanya biayanya jauh lebih mahal tergantung tingkat kerumitan dari kunci mobil tersebut.

Dengan menghubungi layanan darurat asuransi, Anda bisa mendapatkan manfaat yaitu mengcover pembuatan kunci baru lewat asuransi. Caranya tinggal menelpon pihak asuransi, lalu ceritakan masalah yang dihadapi. Setelah itu biasanya pihak perusahaan asuransi mobil akan mengirimkan bantuan dan biaya yang harus di cover. Hal ini tentu akan membuat Anda tidak perlu keluar biaya sepeserpun untuk penggantian kunci mobil yang hilang.

  • Manfaatkan Garansi Mobil

Solusi berikutnya ini hanya bisa Anda lakukan jika membeli mobil baru dan garansi masih berlaku. Ketika beli mobil baru, tentu Anda akan mendapatkan banyak garansi yang bisa diklaim ketika terjadi masalah salah satunya adalah saat kunci mobil tiba-tiba hilang.

Anda tinggal klaim garansi untuk penggantian kunci mobil atau solusi lainnya, yang diberikan oleh pihak dealer mobil. Pastinya masalah kunci mobil yang hilang bisa langsung teratasi dengan klaim garansi dari dealer tempat Anda beli mobil.

Cari Bengkel Terdekat

Jika Anda tidak memiliki asuransi dan juga garansi mobil sudah tidak berlaku, maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghubungi bengkel mobil terdekat. Bengkel mobil akan membantu Anda untuk memperbaiki masalah kunci mobil yang hilang dengan mengganti kunci yang sama persis atau bisa juga dengan mengganti dudukan kunci mobil.

Solusi untuk kunci mobil hilang bisa dilakukan dengan beberapa cara di atas. Pastinya tetap tenang dan tidak boleh panik ketika kunci mobil tiba-tiba hilang. Bahkan seharusnya, Anda bisa mengingat-ingat terlebih dahulu tempat terakhir meletakkan kunci mobil sebelum melakukan tindakan berikutnya.

Perlindungan untuk mobil sangat penting dilakukan, salah satunya dengan kepemilikan asuransi, mobil. Karena dengan punya asuransi Anda bisa mendapatkan banyak manfaat bahkan salah satunya adalah cover biaya untuk kunci mobil yang hilang. Untuk mendapatkan pilihan asuransi mobil terbaik Anda bisa melakukan perbandingan lewat portal online Cekpremi. Pada situs ini, Anda bisa menemukan banyak pilihan perusahaan asuransi terbaik yang pastinya sudah aman dan juga terdaftar di OJK. Anda juga bisa melakukan perbandingan pilihan asuransi lainnya di Cekpremi, mulai dari asuransi perjalanan, asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan masih banyak lagi.

sumber :

CNN Indonesia

OTO Klix

Moservice