5 Jenis Lampu Mobil Mulai dari LED sampai Neon

Lampu Mobil

Fungsi utama lampu mobil adalah sebagai penerang, namun pada praktiknya banyak perusahaan yang memproduksi lampu variasi. Lampu ini berfungsi untuk memperindah mobil baik dari bagian kabin atau eksteriornya.

Anda yang hobi modifikasi mobil pastinya tidak akan ketinggalan dengan jenis lampu terbaru. Mengenali lampu pada kendaraan juga memudahkan Anda mengetahui merk hingga kualitas produk yang digunakan ketika harus menggantinya. Apa saja jenisnya, Anda bisa cek dulu.

5 Jenis Lampu Mobil Berdasarkan Intensitas Cahaya hingga Variasinya

Sejauh ini Anda mungkin hanya mengenal lampu pada mobil berdasarkan fungsinya. Mulai dari lampu jauh, lampu dekat, lampu hazard, lampu rem, lampu senja, lampu tail dan masih banyak lagi. Pasalnya lampu-lampu inilah yang menjadi petunjuk pengendara lainnya.

Anda sebagai pengendara harus tahu kapan dan bagaimana cara menggunakan lampu sesuai dengan fungsinya tersebut. Namun lebih dari itu, jenisnya masih lebih luas lagi. Jenisnya bisa dibedakan dari segi intensitas cahaya yang dikeluarkan sampai variasinya.

Seperti apa jenis hingga kualitasnya bisa Anda cari tahu berikut ini:

Lampu LED

Anda pasti tidak asing lagi dengan lampu LED (Light Emitting Diodes). Lampu LED ternyata tidak hanya digunakan untuk dalam ruangan saja tetapi juga mobil. Disebut dengan lampu LED karena memiliki kemampuan untuk menghasilkan cahaya yang paling terang.

Mobil-mobil modern kebanyakan mengandalkan lampu LED sebagai penerangan karena kekuatan cahayanya yang tinggi. Misalnya dengan menggunakan lampu LED 25 watt saja mampu menghasilkan cahaya 4000 lumens.

Kelebihan lain dari lampu mobil LED adalah tahan lama yaitu bisa sampai 20.000 jam. Hal ini membuat Anda tidak perlu khawatir harus sering mengganti lampu dalam waktu yang dekat. Ditambah lagi dalam pemasangannya tidak membutuhkan ballast namun hanya menambahkan relay dan conversion kit.

Saat ini ada tiga macam lampu LED untuk mobil yaitu:

  • LED Limited, yaitu lampu yang berdaya tinggi dan banyak dimanfaatkan sebagai headlamp.
  • LED Cree, merupakan lampu tambahan yaitu lampu yang kerap digunakan di bagian rem atau sein.
  • LED COB, biasa digunakan sebagai lampu kabin platform yang memiliki bentuk mirip papan dan terdapat susunan chips di atasnya.

Berdasarkan bentuknya pula, lampu LED memiliki tampilan yang kekinian sehingga membuat mobil menjadi stylish.

Lampu HID

High Intensity Discharge merupakan lampu mobil yang pembuatannya tidak menggunakan filamen. Intensitas cahaya yang dihasilkan cukup tinggi namun tidak seterang dari LED. Lampu ini memiliki kelebihan dari segi ketahanannya.

Disebut juga dengan lampu xenon karena cahaya yang dihasilkan berkat dari pengapian gas xenon dalam tabung. Selain itu arus yang digunakan pun terukur yang mendukung intensitas cahayanya menjadi lebih kuat.

Sebuah lampu HID ini bisa menghasilkan sampai 3000 lumens dan tidak membutuhkan daya yang terlalu besar untuk bekerja. Inilah daya tarik dari lampu HID dan Anda tidak perlu khawatir harus sering gonta ganti lampu.

Meskipun begitu ada kekurangan lampu HID yang diketahui. Pertama adalah dalam proses pemasangannya cukup sulit karena membutuhkan ballast. Perangkat ini berfungsi untuk menyalurkan arus menjadi tegangan yang dikirimkan langsung ke bohlam HID.

Selain itu lampu HID juga memberikan efek silau dari pantulannya ditambah lagi butuh waktu supaya lampu mencapai titik cahaya tertinggi usai dinyalakan. Jadi Anda yang berkendara harus menunggu lampu terang agar bisa nyaman dan aman di jalan.

Halogen

Berdasarkan intensitas cahayanya, halogen memiliki tingkat terang yang paling rendah namun cukup baik. Sebuah lampu halogen dapat menghasilkan cahaya 1200 lumens dengan daya sekitar 55 watt. Berbagai lampu halogen untuk mobil diciptakan untuk menggunakan daya dari 35 sampai 55 watt.

Dalam industri otomotif, lampu halogen lebih sering digunakan untuk headlamp. Bentuk dari lampunya sendiri dari bahan filamen tungsten dengan kaca kuarsa tipis dan tahan panas. Di dalam bohlam terdapat campuran gas nitrogen, argon, krypton dan sedikit halogen.

Saat mendapatkan aliran listrik maka filamen memanas dan dapat memancarkan cahaya. Karena hal ini jugalah suhu lampu akan meningkat selama bercahaya. Semakin tinggi watt lampu maka akan semakin tinggi pula suhunya. Hal inilah yang menjadi kekurangan lampu halogen.

Lampu Laser

Lampu mobil variasi yang akhir-akhir ini naik daun jauh lebih terang dibandingkan lampu LED. Aslinya lampu ini berwarna biru saat dilihat oleh mata manusia namun dalam penggunaannya pada mobil terdapat converter yang bisa mengubahnya menjadi warna putih.

Perubahan warna ini dibutuhkan supaya lampu laser tidak menyakiti mata pengendara lainnya. Namun lampu tetap berfungsi dengan baik bagi pengemudi mobil, pasalnya bisa memancarkan cahaya yang sangat terang. Jika Anda berkendara saat berkabut maka lampu laser ini akan sangat membantu.

Lampu Neon

Bagi Anda yang hobi modifikasi mobil pasti tidak akan melewati lampu neon. Lampu ini merupakan salah satu jenis lampu pendar yang memanfaatkan gas neon supaya bisa menghasilkan cahaya. Warna aslinya adalah kemerah-merahan namun berkat tambahan merkuri dan argon warnanya bisa menjadi biru kehijauan.

Lampu neon termasuk lampu variasi yang lebih sering dipasang pada dashboard mobil dan berbentuk strip. Ada juga yang dipasang di bagian bawah dashboard atau bawah tempat duduk supaya memperlihatkan area kaki saat berkendara.

Beberapa pemilik kendaraan ada juga yang memasang di bagian pintu dalam dan otomatis menyala ketika pintu terbuka. Saat ini warnanya tidak hanya merah atau biru tetapi ada juga yang kuning hingga hijau.

Pemilihan yang tepat sangat diperlukan karena akan berhubungan dengan daya dan penggunaan aki. Pastikan daya yang digunakan sesuai dengan ukuran aki sehingga kendaraan bisa berjalan dengan aman dan tahan lama.

Harga lampu mobil yang tidak murah membuat Anda harus memiliki perlindungan khusus ketika terjadi kerusakan pada komponen ini. Anda perlu memiliki asuransi mobil supaya tidak kesulitan ketika mengganti lampu atau komponen mobil lainnya rusak.

Pemilihan asuransinya bisa Anda lakukan melalui Cekpremi yang akan memberikan informasi asuransi terlengkap. Anda bisa menemukan informasi asuransi di seluruh Indonesia secara gratis hanya dengan memasukkan data kendaraan. Jangan sampai lupa, cek asuransinya di Cekpremi sekarang.