5 Penyebab Layar HP Bergaris dan Cara Tercepat Mengatasinya

Layar HP Bergaris

Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan layar HP bergaris putih, hitam, atau bahkan berwarna hijau. Dengan mengetahui penyebabnya tentu akan lebih mudah melakukan cara perbaikan pada ponsel sehingga bisa kembali normal.

Masalah yang sering muncul pada handphone tidak lepas dari penggunaannya setiap hari untuk berbagai aktivitas. Meskipun saat ini handphone sudah canggih, namun Anda tetap perlu antisipasi ketika terjadi masalah pada ponsel.

5 Penyebab Layar HP Bergaris

Kenapa tiba-tiba HP bergaris? Tidak sedikit orang yang merasa panik saat mengalami masalah HP bergaris. Sebenarnya ada beberapa faktor penyebab layar ponsel menjadi bergaris yang perlu Anda ketahui sebagai berikut:

1. Sistem HP Eror

Menggunakan teknologi canggih seperti smartphone tetap saja berisiko mengalami masalah ringan hingga mengalami masalah berat. Salah satunya yang sering terjadi adalah layar ponsel bergaris sehingga tidak bisa berfungsi seperti biasa.

Namun Anda tidak perlu langsung panik, sebaiknya ketahui terlebih dahulu penyebab masalah tersebut. Masalah layar HP bergaris bisa saja terjadi karena sistem ponsel yang eror atau kesalahan sistem.

2. Konektor Layar Rusak

Mungkin Anda pernah berpikir bahwa HP yang eror atau rusak akibat lamanya pemakaian sehingga harus ganti baru. Anggapan tersebut tidak ada salahnya, namun sebaiknya cari tahu terlebih dahulu penyebab masalah sebelum memutuskan ganti baru.

Masalah layar ponsel yang bergaris juga memiliki beberapa faktor penyebab, salah satunya karena konektor rusak. Konektor merupakan penghubung antara kabel fleksibel dari layar ke bagian dalam perangkat ponsel yang bisa mempengaruhi kerusakan layar.

3. Layar Terkena Air

Tidak jarang masalah munculnya garis-garis pada layar ponsel langsung membuat pemiliknya bingung. Pasalnya, ponsel memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari selain sebagai perangkat komunikasi.

Masalah layar HP bergaris secara tiba-tiba bisa terjadi karena ponsel terkena air terutama pada bagian layar. Mungkin beberapa tipe HP tahan terhadap air, namun tidak sedikit pula merek yang masih rentan ketika terkena air sehingga bisa merusak bagian dalam.

4. HP Sering Jatuh

Tidak hanya karena konektor lepas atau terkena air, HP yang sering jatuh memungkinkan mengalami masalah layar bergaris. Jika terbentur sekali atau dua kali mungkin tidak akan begitu berpengaruh pada ponsel sehingga masih bisa berfungsi secara normal.

Namun, ponsel yang sering sekali terjatuh dan terbentur akan mengalami kerusakan yang bermula pada bagian layar. Layar yang bergaris bisa menjadi pertanda terjadinya kerusakan pada bagian software maupun hardware ponsel.

5. Tertekan Benda Berat atau Tertindih

Apakah kerusakan layar LCD bisa menyebar? Tentu bisa, jika kerusakan ringan atau sederhana pada ponsel tidak segera diperbaiki. Seperti masalah garis pada layar ponsel yang semula hanya satu garis bisa menjadi banyak garis yang memenuhi layar.

Tentu saja ada faktor yang menjadi penyebab layar HP bergaris sehingga tidak bisa berfungsi secara normal. Ponsel yang tertindih atau mendapat tekanan benda berat bisa menjadi penyebab eror hingga rusaknya layar ponsel serta bagian lainnya.

Cara Mengatasi Layar HP yang Bergaris dengan Cepat

Biasanya masalah yang terjadi pada ponsel memiliki faktor penyebab yang seringkali disepelekan sehingga kesulitan memperbaikinya. Untuk mengatasi masalah layar ponsel yang bergaris, Anda bisa menggunakan beberapa cara memperbaikinya sebagai berikut:

1. Restart Handphone

Penggunaan teknologi seperti ponsel canggih setiap hari tentu berisiko mengalami masalah error hingga kerusakan fatal. Tidak tergantung pada intensitas penggunaan saja melainkan cara perawatan juga mempengaruhi kesehatan ponsel.

Meskipun mengalami layar bergaris yang muncul pada ponsel, namun Anda tidak perlu khawatir ataupun panik. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mencoba dengan melakukan restart ponsel guna menyegarkan operasional ponsel termasuk kinerja layar.

2. Tekan Layar secara Lembut

Ketika layar HP bergaris secara tiba-tiba tidak jarang langsung membuat kesal karena segala aktivitas harus terhenti. Selain merasa kesal karena tidak bisa berfungsi, tidak jarang pemilik juga takut kehilangan file-file penting yang tersimpan dalam ponsel.

Saat mengalami masalah layar bergaris, Anda tidak perlu buru-buru pergi ke tukang servis atau membeli ponsel baru. Sebaiknya Anda mencoba perbaiki sendiri dengan cara menekan layar ponsel dengan lembut untuk mengembalikan tampilan layar.

3. Isi Daya Baterai

Kenapa layar HP bergaris hijau? Pasti Anda masih penasaran dengan penyebab masalah satu ini pada ponsel kesayangan. Tentu saja, ponsel eror atau rusak bisa karena intensitas penggunaan tanpa henti dan faktor lainnya.

Sumber gambar: https://elements.envato.com/charging-mobile-phone-battery-with-wireless-chargi-8AJXB7X

Saat muncul garis-garis pada layar ponsel sebaiknya isi daya baterai hingga penuh setelah itu matikan ponsel sebentar. Sering kali ponsel bergaris dapat kembali normal ketika menyala kembali dalam keadaan baterai penuh.

4. Perbaiki Sistem Ponsel

Meskipun banyak masalah yang bisa menyerang ponsel, namun ada beberapa masalah yang bisa coba perbaiki sendiri. Pasalnya, sebagian besar pengguna ponsel lebih memilih melakukan servis atau membeli gawai baru saat terjadi masalah seperti layar HP bergaris.

Cara mengatasi masalah layar ponsel bergaris dengan cepat tanpa perlu ke tukang servis adalah dengan memperbaiki sistem ponsel. Dengan cara memperbaiki sistem perangkat lunak yang tersedia pada ponsel secara berkala agar kinerja tetap optimal.

5. Gunakan Safe Mode

Kerusakan HP bisa terjadi kapan saja bahkan tanpa Anda sadari terutama jika terjadi pada perangkat bagian dalam. Biasanya pengguna ponsel menyadarinya saat timbul error atau masalah pada layar ponsel yang tidak dapat berfungsi normal.

Cara mengatasi masalah layar yang bergaris sebenarnya mudah saja sehingga Anda tidak perlu terburu-buru pergi ke tukang servis. Aktifkan fitur “Reboot to Safe Mode” guna mendeteksi kesalahan yang terjadi pada aplikasi atau software ponsel.

6. Factory Reset

Langkah terakhir untuk memperbaiki masalah layar HP bergaris adalah dengan cara factory reset. Ponsel akan kembali ke pengaturan pabrik atau seperti ponsel baru, namun data yang tersimpan akan hilang.

HP canggih memang memiliki peran yang cukup penting untuk berbagai aktivitas, akan tetapi sangat berbahaya bagi kesehatan mata. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan asuransi kesehatan guna memberikan perlindungan pada organ mata dan bagian tubuh lainnya secara menyeluruh.

Tidak perlu bingung, Anda bisa mendapatkan informasi lengkap terkait perusahaan asuransi terbaik melalui website cekpremi.com. Demikian penjelasan tentang penyebab dan cara mengatasi layar HP bergaris dengan mudah dan tetap ingat untuk menjaga kesehatan mata.

Referensi :

Kompas

Eraspace

CNN Indonesia

Info Kost

Cari Cara