Layar Hp Bergerak Sendiri? Begini Cara Mengatasinya

layar hp bergerak sendiri

Sering menemui layar hp bergerak sendiri? Anda yang ingin mengirim pesan atau sekedar menonton streaming pasti terganggu. Apalagi jika masalah ini muncul ketika Anda sedang ingin menyelesaikan pekerjaan melalui smartphone.

Bagi sebagian besar orang yang sering mengalaminya, datang ke customer service sesuai merk hp pasti hal pertama yang dilakukan. Tidak perlu buru-buru ke customer service, karena beberapa solusinya masih bisa Anda lakukan sendiri. Intip apa saja caranya.

7 Cara Tepat Mengatasi Layar Hp Bergerak Sendiri

Permasalahan layar hp yang gerak naik turun sendiri atau layar jadi burang bahkan mati total tidak selalu terjadi pada hp yang usianya terlampau lama. Beberapa ponsel keluaran baru bisa juga mengalaminya.

Anda mungkin sedang tidak beruntung karena mendapatkan produk yang mungkin cacat produksi sehingga masalah ini muncul. Selain produk yang cacat penyebab layar hp bergerak sendiri juga bisa karena hp pernah terjatuh atau ada debu dan cairan di permukaan layar.

Apabila Anda menemukan permasalahan sejenis maka beberapa cara berikut ini bisa dilakukan untuk mengatasinya.

  • Restart Hp Anda

Restart atau menyalakan ulang sistem di hp Anda menjadi solusi pertama yang harus dilakukan. Seringkali layar yang bergerak sendiri membuat Anda sulit untuk mengontrol menu-menu yang tersedia.

Proses restart sangat mudah, Anda hanya perlu menekan tombol power pada hp di bagian sisi kanan atau kiri. Tekan selama tiga detik maka akan muncul di layar power off atau restart dan Anda bisa memilih restart.

Tunggu sampai hp menyala kembali dan jika sistem tidak bermasalah layar akan kembali normal. Restart akan membuat kinerja hp menjadi lebih ringan karena semua aplikasi tertutup.

  • Menyalakan Anti Virus

Apabila setelah melakukan restart masih terjadi layar hp bergerak sendiri maka Anda bisa mencoba mengaktifkan anti virus. Seringkali bug yang masuk ke hp ketika Anda browsing menjadi alasan permasalahan pada layar.

Cobalah untuk scanning malware yang mungkin masuk melalui anti virus. Meskipun Anda sudah menyalakan anti virus selama ini, bug yang canggih bisa saja menginfeksi. Jika proses scanning sudah selesai Anda bisa menghapus virus yang terdeteksi.

Setelah itu hapus semua data sampah di aplikasi anti virus yang terdeteksi juga. Jika memungkinkan Anda bisa menghapus cache yang muncul untuk meringankan kinerja ponsel.

  • Update Software Hp

Masih berhubungan dengan sistem, Anda bisa juga memperbaiki layar dengan update software atau OS pada hp. Layaknya aplikasi, sistem pada ponsel akan selalu diperbarui oleh pengembang.

Ketika ponsel Anda masih menggunakan sistem yang lama, biasanya kegagalan operasi seperti layar yang bergerak sendiri dapat terjadi. Cara update OS ini bisa dilakukan dengan masuk ke pengaturan ponsel.

Carilah menu sistem ponsel dan cek apakah ada OS atau software yang terbaru. Jika ada, klik update dan sistem akan bekerja memperbarui sendiri. Sisanya Anda tinggal menunggu update selesai.

  • Menurunkan Sensitivitas Layar

Layar hp bergerak sendiri juga bisa karena pengaturan tingkat sensitivitas layar yang terlalu tinggi. Biasanya pada hp yang lama pengaturan ini harus dilakukan secara manual di menu settings.

Ketika tingkat sensitivitasnya terlalu tinggi saat layar belum tersentuh maka dapat bergerak dengan sendirinya. Jika Anda menurunkan sensitivitas ini minimal di bawah 50% maka layar akan bekerja dengan normal.

Anda hanya perlu masuk ke menu pengaturan pada ponsel. Carilah menu pengaturan telepon kemudian display. Anda akan menemukan beberapa pilihan salah satunya sensitivitas sentuhan. Terakhir turunkan skalanya sampai yang Anda inginkan.

  • Membersihkan Layar Hp

Mengatasi layar hp bergerak sendiri yang dikarenakan cairan atau debu menempel adalah dengan membersihkannya. Cara membersihkan tidak boleh sembarangan seperti asal menggunakan tisu atau kain lap.

Layar hp harus diperlakukan dengan baik jika tidak ingin rusak. Anda bisa menggunakan kain yang berbahan lembut seperti kain untuk membersihkan kacamata. Selanjutnya usap ke satu arah yaitu ke bawah atau atas.

Sebaiknya juga melepaskan screen guard yang dipasang pada layar hp. Biasanya debu dan cairan berada di sela-sela layar hp dan screen guard ini. Pastikan Anda membersihkan dengan baik baru setelah itu memasang screen guard kembali.

  • Isi Daya dengan Charger Asli

Jenis charger apakah yang selama ini Anda gunakan? Jangan sekali-kali menggunakan charger palsu atau kw. Charger kw hanya akan membuat pengisian daya lebih buruk karena voltase dan arus tidak stabil.

Tidak heran jika Anda menggunakan charger kw layar hp bergerak naik turun sendiri, bergeser dan sulit dikendalikan. Apabila hal ini diteruskan bisa berpengaruh terhadap sistem kelistrikan pada hp Anda.

Sebaiknya belilah charger asli, meskipun harganya sedikit mahal namun bisa membuat hp awet. Selain itu isi daya sebelum baterai hp habis untuk menjaga kualitas baterai berusia lebih panjang.

  • Mengganti Layar Hp

Beda lagi jika masalah yang muncul adalah layar hp bergaris dan bergerak sendiri. Garis yang muncul bisa disebabkan oleh hp pernah terjatuh atau terbentur. Kerusakan bisa terjadi perangkat keras di bagian layar hp. Lebih berbahaya lagi jika yang muncul adalah garis berwarna hitam.

Anda tidak bisa mengatasinya selain mengganti layar hp. Pasalnya garis ini biasanya akan menyebar ke area lain sehingga membuat layar hp menjadi mati total. Mengganti layar hp ini memang membutuhkan biaya yang lebih besar dan perlu teknisi ahli.

Apabila hp masih masuk dalam masa garansi maka Anda tidak perlu membayar penggantian 100%. Hanya saja penggantian ini membutuhkan waktu dan sebaiknya Anda datang ke customer service dari merk hp asli.

Ada banyak alternatif cara mengatasi layar hp bergerak sendiri sebelum akhirnya Anda datang ke customer service. Sebaiknya coba cara ini satu per satu karena tidak menghabiskan banyak waktu dan biaya.

Hp menjadi salah satu perangkat penting untuk masyarakat saat ini layaknya properti yang harus Anda rawat dengan baik agar bertahan lama. Sedangkan properti bisa Anda lindungi dengan memiliki asuransi properti yang tepat.

Anda yang saat ini sudah memiliki properti sebaiknya segera dapatkan asuransi properti terbaik. Cari tahu mana asuransi yang tepat melalui Cekpremi karena Anda bisa membandingkan banyak asuransi dalam waktu singkat. Temukan asuransi yang sesuai dengan preferensi Anda di Cekpremi.

Sumber:

Lintas Babel

CNN Indonesia

Teknogram

Kompas Tekno