Lifestyle

Apa itu Love Language? Ini Pengertian dan Jenis-jenisnya

Setiap orang yang memiliki pasangan tentu menginginkan hubungan yang bertahan lama dan minim konflik. Banyak yang menganggap cara menjaga hubungan agar tetap harmonis bersama pasangan hanya dengan cara terus saling mencintai. Namun, dalam hubungan bisa terjadi masalah jika masing-masing tidak memahami apa itu love language.

Sederhananya, love language berarti bahasa cinta. Disebut bahasa tentu berkaitan dengan kata atau kalimat ungkapan. Tapi apakah bahasa cinta yang dimaksud hanya tentang cara mengungkapkan cinta dengan kata-kata? Cari tahu lebih dalam tentang bahasa cinta dan jenis-jenisnya berikut ini.

Pengertian Love Language

Love language adalah bagaimana cara seseorang mengungkapkan cinta kepada orang lain. Cara yang dimaksud tidak sebatas ungkapan yang terucap atau kata-kata maupun kalimat. Bahasa cinta memiliki makna yang luas dari istilah ungkapan yang berarti cara apa saja dalam mengutarakan cinta.

Teori tentang bahasa cinta ini pertama kali dipopulerkan oleh Dr. Gary Chapman pada tahun 1993 melalui bukunya yang berjudul “The Five Love Language: How to Express Heartfelt Commitment to Your Mate”.

Bahasan tentang bahasa cinta ini juga terbilang luas karena tidak hanya sebatas hubungan kekasih, pria dan wanita atau suami dan istri. Teori ini juga mencakup ungkapan kasih sayang ke orang terdekat, seperti orang tua, kakak, adik dan anak.

Pentingnya Memahami Love Language

Pembahasan tentang love language tampak seperti hal yang sederhana hingga masih banyak orang yang enggan untuk mempelajari teori ini. Banyak juga yang merasa sudah cukup menguasai bahasa cinta hingga tak perlu mempelajarinya lebih lanjut. Padahal memahami love language sangat penting karena alasan berikut ini.

1. Agar Lebih Mengenali Diri Sendiri

Sebenarnya, mempelajari teori bahasa tidak hanya berdampak pada orang lain. Diri sendiri adalah orang pertama yang akan merasakan manfaatnya. Karena dengan memahami bahasa cinta, Anda akan semakin mengenali diri sendiri, termasuk mengenali apa yang sebenarnya diinginkan.

Dengan mengenali diri sendiri, Anda akan lebih mudah mengkomunikasikan keinginan atau pemikiran kepada orang lain. Manfaatnya, orang lain juga akan lebih mudah memahami Anda. Tidak hanya itu, Anda akan semakin paham bagaimana mencintai diri sendiri sebab hal itu penting dilakukan sebelum mencintai orang lain.

2. Untuk Memahami Kebutuhan Orang Lain

Memahami apa itu love language dan beberapa jenisnya akan membantu Anda untuk memahami kebutuhan orang lain. Perlu diketahui bahwa setiap orang memiliki keinginan untuk dicintai dan diperlakukan dengan cara yang bisa berbeda satu sama lain.

Maka ketika Anda sudah paham bahasa cinta seseorang, Anda akan dipastikan berhasil menjadi sosok yang paling istimewa di hati orang tersebut. Orang tersebut juga akan menganggap Anda sebagai orang yang paling mengerti dirinya sebab Anda bisa memperlakukan dia sesuai harapannya.

3. Untuk Mencegah Konflik

Meski sebuah hubungan terjalin karena ada rasa saling mencintai, namun munculnya konflik sering kali tidak bisa dihindari. Biasanya konflik yang terjadi sering dikaitkan dengan perbedaan pendapat atau adanya hal yang tidak cocok antara keduanya. Nyatanya konflik bisa terjadi jika kedua orang tersebut tidak saling memahami love language masing-masing.

Namun apabila antara dua orang sudah sama-sama mengenali bahasa cinta masing-masing, maka konflik akan lebih jarang terjadi. Keduanya akan lebih mampu memberikan treatment pada pasangan dengan cara yang diinginkan. Masalah seperti kesalahpahaman atau komunikasi yang buruk akan mampu dicegah dengan memahami bahasa cinta.

4. Agar Memahami Perbedaan

Pemahaman mengenai bahasa cinta akan membuat seseorang juga paham bahwa tidak semua orang suka dengan ungkapan cinta dalam bentuk perkataan. Artinya, setiap orang memiliki love language yang berbeda dan itu sangat mungkin terjadi pada pasangan. Jika tidak disadari, perbedaan itu bisa menimbulkan kerenggangan dalam hubungan.

Sementara jika masing-masing sudah mengerti bahasa cinta pasangannya, Anda akan lebih memaklumi perbedaan yang ada. Karena dalam berpasangan, tidak semua hal harus sama dan cocok. Justru perbedaan di antara keduanya harusnya bisa menjadi sesuatu yang menjadikan hubungan semakin kuat.

Jenis-jenis Love Language

Sesuai judul bukunya, Dr. Gary Chapman menjelaskan ada lima jenis love language. Itu berarti ada lima cara mengungkapkan kasih sayang dan ada lima cara pula yang membuat seseorang merasa dicintai. Setiap orang bisa memiliki satu saja bahasa cinta, beberapa atau bahkan semuanya. Inilah lima bahasa cinta.

1. Word of Affirmation

Word of affirmation atau kata-kata penegasan adalah bahasa cinta yang paling umum, yaitu ungkapan dengan perkataan. Orang dengan bahasa cinta ini senang menunjukkan kasih sayangnya dengan kalimat, seperti “I love you “ dan sejenisnya. Ia pun akan merasa dicintai jika mendengar ungkapan itu dari orang lain.

2. Quality Time

Quality time atau waktu yang berkualitas merupakan bahasa cinta yang menuntut kehadiran secara fisik atau kebersamaan. Perhatian yang diberikan tidak boleh terganggu, misalnya oleh pekerjaan atau gadget. Orang yang punya bahasa cinta ini umumnya akan sulit menjalani hubungan yang terpisah jarak.

3. Physical Touch

Ada juga orang yang punya bahasa cinta physical touch alias sentuhan fisik. Orang yang demikian senang melakukan kontak langsung, misalnya memeluk, menggenggam atau menggandeng tangan. Baginya, sentuhan yang diterima terasa sangat menenangkan dan membuatnya merasa sangat dicintai.

4. Act of Service

Love language yang satu ini suka dilayani atau sangat menghargai perlakuan orang lain secara langsung. Contohnya, membawakan tas belanja, membukakan pintu mobil, membantu menautkan tali sepatu, menyuapi makanan, mengambilkan air minum dan sejenisnya. Cara mencintai orang dengan bahasa cinta ini adalah dengan memahami apa yang dia butuhkan.

5. Receiving Gift

Terakhir adalah bahasa cinta receiving gift atau menerima hadiah. Seperti namanya, orang tersebut suka diberi hadiah. Tidak harus mahal dan mewah, pemberian sederhana akan membuatnya sangat bahagia. Juga tidak perlu menunggu hari tertentu, hadiah yang diberikan kapan saja sebagai kejutan akan sangat berkesan.

Itulah lima jenis love language serta pentingnya memahami bahasa cinta orang-orang terdekat. Satu hal lagi yang tidak kalah penting untuk Anda lakukan kepada orang-orang terkasih selain memahami bahasa cinta mereka, yaitu memberikan perlindungan berupa asuransi kesehatan.

Dengan asuransi, sama artinya Anda menjaga mereka dari risiko buruk yang mungkin menimpa kesehatan. Untuk itu, temukan asuransi yang paling tepat untuk keluarga Anda dengan mengunjungi cekpremi.com.

Meitha Kurniawati

Published by
Meitha Kurniawati

Recent Posts

10 Manfaat Membacakan Dongeng Kepada Anak

Masih ingat kisah tentang Si Kancil, atau cerita tentang bawa merah bawang putih? Atau apa…

June 28, 2024

Mobil Listrik Ramah Lingkungan tapi Menguras Kantong, Benarkah?

Anda ingin beralih ke mobil listrik ramah lingkungan? Merasa khawatir kalau biaya maintenance-nya menguras kantong?…

June 26, 2024

Apa Saja Syarat Sah Perjanjian? Ini Jawabannya!

Syarat sah perjanjian merupakan suatu hal yang lumrah terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Ketika kita ingin…

June 25, 2024

Mendaftar Asuransi Kesehatan pada Waktu yang Tepat

“Sehat itu mahal”, begitulah kata banyak orang sering menyebutnya. Kesehatan merupakan investasi yang sangat penting…

June 25, 2024

Istimewa, Inilah Mobil Paling Dicari dan Langka Tahun Ini

Setiap orang memang memiliki selera yang berbeda-beda tentang mobil. Namun ternyata masyarakat banyak yang memiliki…

June 24, 2024

10 Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

Banyaknya perusahaan asuransi mobil yang menyediakan asuransi kendaraan bermotor mungkin membuat Anda bingung dalam memilih…

June 20, 2024