7 Makanan Khas Lamandau yang Cocok jadi Oleh-oleh

makanan khas Lamandau

Berkunjung ke suatu daerah untuk tujuan berlibur atau kepentingan lain rasanya kurang lengkap jika tidak menikmati kuliner khasnya. Tidak hanya menikmatinya, Anda juga bisa membawa pulang berbagai jenis makanan khas Lamandau sebagai buah tangan untuk keluarga dan akan menjadi kenang-kenangan yang berkesan.

Lamandau merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Kalimantan Tengah. Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Kotawaringin Barat dengan luas daerah 6.414 kilometer persegi dan dibagi menjadi 8 kecamatan. Kabupaten Lamandau berbatasan dengan Kabupaten Sukamara dan Provinsi Kalimantan Barat.

Lamandau memiliki alam yang indah sehingga kabupaten tersebut juga dikenal sebagai destinasi wisata yang cukup populer. Ada banyak keindahan alam yang bisa dinikmati saat datang ke Lamandau, seperti air terjun, perbukitan dan sungai yang masih alami dan jernih. Ragam budaya Lamandau juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Daftar Makanan Khas Lamandau

Dengan semua keindahan alam dan keberagaman budaya yang dimiliki, Lamandau bisa jadi pilihan untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Selama berada di kabupaten yang hari jadinya diperingati setiap tanggal 3 Agustus ini, Anda bisa menemukan banyak kuliner khas yang unik.

Dengan kondisi alam yang masih asri, kebanyakan makanan khas Lamandau berasal dari alam. Beberapa di antaranya bahkan masih sangat alami dan sebagian lainnya merupakan makanan hasil olahan dari hasil hutan maupun hasil laut. Berikut ini adalah kuliner khas Lamandau yang unik dari segi rasa, bahan hingga tampilannya.

  • Umbut Rotan

Mendengar kata rotan, sebagian besar orang pasti akan langsung teringat dengan bahan alam yang biasa dijadikan berbagai alat dan perabotan rumah tangga. Namun masyarakat Lamandau menjadikan rotan sebagai salah satu bahan makanan. Bukan rotan tua yang sering dijadikan kerajinan, masyarakat Lamandau sering masak rotan muda.

Masakan dari rotan muda disebut dengan umbut rotan. Rotan yang memiliki rasa sedikit pahit tetap terasa gurih saat dimasak. Sebagai pelengkap yang menambah kenikmatan, kuliner khas Lamandau ini biasanya disantap bersama ikan bakar dan sambal. Saat ini sudah banyak umbut rotan yang dijual dalam kemasan sehingga cocok dijadikan oleh-oleh.

  • Buah Satar

Buah satar merupakan buah asli Kalimantan Tengah. Bentuk buah ini menyerupai anggur namun dengan ukuran yang lebih besar. Makanan khas Lamandau yang disebut juga dengan nama buah Gandaria ini memiliki kulit berwarna hijau saat masih mudah dan akan berubah menjadi kekuningan saat sudah masak.

Buah satar memiliki rasa asam yang berpadu dengan rasa manis serta ada sensasi segar ketika dimakan. Buah ini banyak tumbuh di hutan Kalimantan. Di daerah Pedesaan Batu Hambawang, Anda bisa menemukan banyak buah satar segar yang dijajakan sebagai oleh-oleh.

  • Durian Merah

Selain buah satar, buah durian juga menjadi salah satu buah populer di Lamandau. Berbeda dengan buah durian kebanyakan, durian khas Lamandau memiliki daging buah yang berwarna merah. Itulah alasan mengapa durian Lamandau disebut durian merah. Buah warnanya juga bisa terlihat berwarna oranye tergantung tingkat kematangannya.

Tidak hanya warnanya yang unik, durian merah yang merupakan salah satu makanan khas Lamandau ini tidak memiliki bau menyengat seperti buah durian pada umumnya. Ukuran buahnya relatif lebih kecil sehingga bisa dinikmati dengan satu kali gigit. Meski kecil dan tidak memiliki bau yang kuat, daging durian merah sangat manis dan lembut.

  • Amplang Umai

Dari sektor laut, Lamandau juga memiliki banyak hasil alam seperti ikan tenggiri. Tidak hanya diolah menjadi lauk, ikan tenggiri di Lamandau juga dikreasikan menjadi makanan ringan yang disebut Amplang Umai. Oleh-oleh khas Lamandau ini terbuat dari ikan tenggiri berkualitas yang dicampur dengan berbagai bahan dan bumbu tradisional.

Amplang Umai memiliki sensasi rasa yang sedap, gurih dan aroma ikan tenggiri yang nikmat. Makanan khas Lamandau ini dijual dalam kemasan mulai 50 gram hingga 100 gram. Anda bisa mendapatkan makanan ini di pusat oleh-oleh. Meski dibuat tanpa bahan pengawet, makanan ini bisa Anda jadikan oleh-oleh yang aman dibawa dalam perjalanan jauh.

  • Kue Lakatan

Tidak hanya buah lokal dan makanan olahan dari hasil laut, Anda juga wajib mencicipi kue lakatan saat berkunjung ke Lamandau. Kue ini termasuk kue lapis dengan dua lapisan yang terbuat dari bahan berbeda. Lapisan pertama terbuat dari ketan kukus, sementara lapisan kedua atau lapisan atas terbuat dari gula merah, santan dan telur.

Kue lakatan merupakan makanan khas Lamandau yang biasa disajikan pada acara pernikahan. Rasanya manis dan legitnya menjadikan kue ini disukai banyak orang. Kue tradisional yang termasuk kue basah ini sekarang juga banyak dijadikan buah tangan oleh para wisatawan yang berkunjung ke Lamandau.

  • Kerupuk Ikan Gabus

Bagi penggemar ikan gabus, Anda bisa membawa pulang kerupuk ikan gabus sebagai oleh-oleh. Diolah secara modern, kerupuk ikan gabus jadi solusi bagi yang ingin menikmati ikan tersebut dalam bentuk lain. Di balik tekstur kerupuk ikan gabus yang renyah, Anda tetap bisa memperoleh manfaat dari kandungan gizi dalam ikan tersebut.

Kerupuk ikan gabus cocok sekali dijadikan lauk pendamping saat makan nasi bersama menu masakan lainnya. Tidak heran jika makanan khas Lamandau yang satu ini selalu jadi buruan para wisatawan. Kerupuk ikan gabus sudah banyak dijual di pusat oleh-oleh dengan kemasan yang praktis dan mudah dibawa.

  • Tebiku

Oleh masyarakat Lamandau, tebiku sering juga disebut kantong semar. Pasalnya makanan asli Lamandau yang satu ini dibuat dengan memanfaatkan tanaman kantong semar yang banyak tumbuh di hutan. Kantong semar dipakai sebagai pembungkus beras putih atau beras ketan yang menjadi bahan utama pembuatan tebiku.

Di dalamnya, ditambahkan aneka bumbu sehingga tebiku punya cita rasa yang nikmat. Kini sudah banyak inovasi rasa pada tebiku agar penikmat tidak bosan. Dengan keunikan bentuk, bahan serta rasanya, tebiku menjadi salah satu oleh-oleh Lamandau yang selalu dicari pelancong.

Itulah deretan makanan khas Lamandau yang cocok dijadikan oleh-oleh. Tidak hanya membawa pulang oleh-oleh, perjalanan liburan akan semakin berkesan dengan asuransi perjalanan yang akan menjamin keamanan serta kenyamanan Anda. Temukan banyak pilihan produk asuransi dari jasa penyedia terpercaya dengan mengunjungi cekpremi.com.

Referensi:

Menthobiraya
Liputan6