9 Makanan Penghancur Batu Ginjal yang Bisa Dikonsumsi

Makanan Penghancur Batu Ginjal

Makanan penghancur batu ginjal adalah makanan yang dikaitkan dengan kemampuan menghancurkan batu ginjal. Mengonsumsinya juga dianggap mampu mencegah pembentukan batu tersebut. Meski begitu, dalam membantu proses pencegahan dan penghancuran batu ginjal, diperlukan asupan cairan yang cukup.

Perbanyak minum air dan makan makanan yang mengandung tinggi air seperti buah-buahan dan sayuran dapat membantu meningkatkan produksi urine. Pemenuhan cairan tubuh ini dapat membantu mengencerkan urine dan mencegah pembentukan batu ginjal baru, sekaligus membantu mengeluarkan batu yang ada.

Beragam Makanan Penghancur Batu Ginjal

Meskipun makanan tidak dapat secara langsung menghancurkan batu ginjal, ada beberapa makanan yang dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal dan mengurangi risiko pembesarannya. Berikut adalah beberapa contoh makanan yang direkomendasikan untuk mencegah batu ginjal dan beserta manfaatnya.

  1. Air Putih

Minum banyak air putih sangat efektif dalam membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan meningkatkan volume urine. Mengonsumsinya bisa membantu mencegah pembentukan batu ginjal serta membuang garam dan mineral berlebih dari tubuh. Jika Anda sudah memiliki batu ginjal, lebih banyak minum banyak dapat membantu dalam proses pengeluaran batu tersebut.

Air ini mampu membantu melarutkan batu ginjal maupun memperkecil ukurannya. Sehingga batu akan lebih mudah untuk dikeluarkan melalui saluran kemih. Untuk mengurangi risiko pembentukan batu ginjal atau membantu proses pengeluaran batu ginjal, disarankan untuk minum air putih setidaknya 12 gelas sehari dan bukannya 8, atau tergantung pada kebutuhan.

  1. Semangka

Semangka mengandung sekitar 92% air, sehingga dapat membantu menjaga tubuh terhidrasi dengan baik. Minum banyak air juga mampu membantu mengurangi risiko terbentuknya batu ginjal dan membantu mengeluarkannya dari tubuh.

Semangka juga memiliki sifat diuretik ringan yang efektif meningkatkan produksi urine. Hal ini bisa membersihkan saluran kemih dan mendorong pembuangan batu ginjal yang lebih mudah. Pastikan Anda mengonsumsinya cukup dan tidak berlebihan.

  1. Apel

Makanan penghancur batu ginjal selanjutnya adalah apel yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan ginjal secara keseluruhan. Apel kaya akan air dan serat, serta memiliki kandungan nutrisi yang baik, termasuk vitamin C dan antioksidan.

Makan makanan tinggi sehat, seperti buah-buahan dan sayuran serta minum banyak air dapat membantu menjaga kesehatan ginjal. Tentu saja, kebiasaan ini dapat mencegah terbentuknya batu ginjal baru dan menjaga fungsi ginjal menjadi lebih optimal.

  1. Sayuran Basil

Sayuran basil memiliki manfaat potensial untuk kesehatan batu ginjal. Basil adalah tumbuhan herbal yang kaya akan zat antiinflamasi, antioksidan, dan antimikroba. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa basil dapat membantu meningkatkan fungsi ginjal dan mengurangi pembentukan batu ginjal.

Efek tersebut mungkin karena sifat antioksidan basil yang membantu melindungi ginjal dari kerusakan oksidatif. Basil juga memiliki efek diuretik ringan, yang berarti dapat membantu meningkatkan produksi urin. Efeknya, konsumsi secara cukup akan membantu mempercepat pengeluaran batu ginjal yang lebih kecil dan mencegah terjadinya pembentukan batu baru.

  1. Seledri

Seledri memang diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan, termasuk potensial membantu dalam mencegah dan mengatasi batu ginjal. Seledri mengandung banyak air yang penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Konsumsi cairan yang cukup dapat membantu melarutkan garam dan mineral yang berpotensi membentuk batu ginjal.

Seledri mengandung senyawa-senyawa antioksidan, seperti flavonoid dan vitamin C. Antioksidan membantu melawan kerusakan oksidatif dan peradangan dalam tubuh yang dapat mengurangi risiko terbentuknya batu ginjal.

  1. Buah Berry

Makanan penghancur batu ginjal selanjutnya, yakni buah berry yang memang dikenal memiliki beberapa manfaat kesehatan. Konsumsi cranberry dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih, termasuk infeksi pada ginjal.

Tentu saja mengonsumsinya akan sangat bermanfaat, karena infeksi tersebut mampu membuat ginjal tetap sehat. Pastikan Anda menambahkan asupan air putih lebih banyak disamping mengonsumsinya.

  1. Jus Kemangi

Kemangi (Ocimum basilicum) adalah tumbuhan yang dikenal dengan aroma dan rasa khasnya. Meskipun demikian, kemangi dapat menjadi bagian dari diet sehat yang mendukung kesehatan ginjal secara umum.

Makanan penghancur batu ginjal ini memiliki sifat diuretik alami, yang berarti dapat membantu meningkatkan produksi urine. Hal ini dapat membantu dalam proses pengeluaran zat-zat berbahaya dan racun dari ginjal, sehingga membantu menjaga kesehatan ginjal.

  1. Lemon

Lemon memiliki beberapa manfaat yang dapat membantu dalam menghancurkan batu ginjal. Buah asam ini mengandung asam sitrat yang dapat membantu melarutkan batu ginjal yang terbentuk dari kalsium oksalat. Asam sitrat membantu mencegah pertumbuhan batu ginjal baru dan juga membantu melarutkan batu ginjal yang ada.

Tentu saja hal ini akan mempermudah pembuangan melalui sistem urin. Mengonsumsi air perasan atau jus lemon secara teratur dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Asam sitrat dalam lemon membantu mengikat kalsium oksalat dalam tubuh, mencegah pengendapan yang dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal.

  1. Jus Delima

Delima juga menjadi makanan yang telah digunakan selama berabad-abad untuk memperbaiki fungsi ginjal. Jus ini baik untuk orang yang menderita batu ginjal karena mengurangi keasaman urin yang dapat menghancurkan batu ginjal dan mencegah pembentukannya.

Tidak ada batasan jumlah jus buah delima yang bisa Anda minum per hari. Namun, hindari jika Anda sedang mengonsumsi obat seperti chlorothiazide dan obat penurun kolesterol seperti rosuvastatin saat meminum jus buah ini.

Memang beragam Makanan penghancur batu ginjal ini bisa memberikan manfaat. Akan tetapi penting untuk Anda ingat, bahwa pengobatan untuk mengatasi masalah ginjal haruslah berdasarkan diagnosis yang tepat dari dokter spesialis atau ahli urologi. Dokter akan memberikan saran medis yang tepat dan pastinya lebih akurat.

Anda akan mendapatkan rekomendasi pengobatan yang sesuai kondisi kesehatan, termasuk mengatasi batu ginjal. Batu ginjal tidak bisa dianggap remeh begitu saja. Terlebih bila batu sudah ditemukan dalam ukuran besar. Maka, Anda harus segera berkonsultasi dokter dan mendapatkan pengobatan dalam mengatasinya.

Selain itu, perlu Anda pahami bahwa risiko terkena masalah batu ginjal dapat terjadi pada siapa saja tanpa terkecuali. Kondisi ini bisa terjadi kapan saja dan tanpa diduga-duga. Oleh karena itu, penting untuk memberikan perlindungan finansial terhadap risiko kesehatan yang mungkin Anda alami.

Salah satu cara untuk memberikan proteksi tersebut adalah dengan memiliki asuransi kesehatan. Cekpremi hadir membantu Anda dalam memberikan berbagai informasi pembanding dan rekomendasi produk asuransi. Miliki asuransi terbaik untuk Anda bersama Cekpremi.com!



REFERENSI

M Home care

Hello Sehat

Gramedia

Sonora

Klik Dokter