Kesehatan

Manfaat Puasa untuk Kesehatan

Manfaat puasa untuk kesehatan sangat beragam. Salah satu manfaat puasa yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh adalah mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Kamu bisa melakukan puasa untuk kesehatan tubuh yang lebih baik.

Bagi sebagian orang, puasa biasanya dilakukan karena menjalankan perintah agama atau tradisi semata. Mungkin masih sedikit orang yang mengetahui peran puasa dalam menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, puasa juga berguna sebagai metode diet.

Dalam menjalankan puasa, kamu harus memperhatikan makanan saat sahur. Jangan lupa untuk sahur dengan makanan yang bergizi. Kecukupan cairan juga harus kamu perhatikan.

Untuk itu, konsumsi air putih selama berbuka dan sahur jangan sampai kamu tinggalkan. Selain air putih, mengonsumsi teh juga baik untuk menghindari dehidrasi tubuh.

Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat yang bisa kamu dapatkan dari puasa, baca artikel ini sampai habis ya.

Manfaat Puasa untuk Kesehatan

Berbicara hubungan puasa dengan kesehatan, ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan. Berikut ini manfaat puasa untuk kesehatan yang bisa kamu peroleh.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan Berlebih

Bagi kamu yang memiliki berat badan berlebih, puasa bisa menjadi solusi yang tepat. Puasa juga bisa membantu mempertahankan berat badan agar tetap ideal.

Hasil penelitian menyebutkan puasa bisa membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga pembakaran kalori dan lemak lebih maksimal. Dengan begitu, berat badan akan turun. Risiko terjadinya obesitas bisa kamu hindari.

  • Membantu Menjaga Kondisi Jantung

Penelitian menunjukkan kesehatan jantung orang yang rutin berpuasa selama kurang lebih satu bulan lebih terjaga. Risiko untuk terkena serangan jantung menjadi lebih rendah.

Hal ini karena pola makan orang yang berpuasa lebih teratur. Pasalnya, pola makan selama berpuasa biasanya menjadi lebih sehat serta mengurangi mengonsumsi makanan yang berlemak tinggi.

  • Menghindari Risiko Diabetes

Manfaat yang selanjutnya dari berpuasa adalah menurunkan risiko terserang diabetes. Hal ini karena puasa bisa merangsang perbaikan metabolisme tubuh dan meningkatkan fungsi insulin sebagai hormon pengatur kadar gula darah.

Puasa juga bisa membantu dalam mencegah terjadinya resistensi insulin dan menstabilkan kadar gula darah. Hal inilah yang membantu menurunkan risiko terjadinya diabetes.

  • Membantu Menjaga Mental Tetap Sehat

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik seseorang, melakukan puasa juga bisa berdampak baik pada kesehatan mental. Hormon kortisol atau hormon stres bisa diturunkan dengan berpuasa. Selain itu, puasa juga merangsang hormon endorfin yang berfungsi meredakan rasa cemas berlebihan.

Selain itu, puasa juga membuat seseorang lebih tenang sehingga seseorang bisa berpikir dengan lebih jernih.

  • Memaksimalkan Detoksifikasi Tubuh

Saat berpuasa, tubuh bisa melakukan proses detoksifikasi secara alami. Detoksifikasi merupakan proses pembuangan racun yang ada di dalam tubuh.

Dalam berpuasa, tubuh tidak akan mendapatkan makanan dan minuman selama 12 jam. Untuk sementara waktu, tubuh dan organ yang ada di dalamnya akan beristirahat dan proses detoksifikasi terjadi.

  • Membantu Mengatasi Peradangan

Peradangan yang terjadi di dalam tubuh bisa diatasi dengan berpuasa. Tingkat inflamasi bisa diturunkan dengan berpuasa.

  • Meminimalisir Terserang Penyakit

Puasa yang dibarengi dengan pola makan sehat bisa meminimalisir terserang penyakit. Dengan puasa secara rutin, kamu bisa terhindar dari penyakit seperti, radang sendi, penyakit kulit dan radang usus besar.

  • Nafsu Makan Tetap Terjaga

Puasa juga bermanfaat untuk menjaga nafsu makan. Apalagi buat orang dengan berat badan berlebih, puasa sangat bermanfaat agar nafsu makan tetap normal.

Buat orang yang obesitas, hormon pemicu lapar sulit dikendalikan sehingga mereka berlebihan dalam mengkonsumsi makanan. Namun, puasa bisa mengatur produksi hormon pemicu lapar sehingga nafsu makan akan tetap terjaga.

Itu tadi informasi mengenai puasa dan manfaatnya untuk kesehatan. Banyak manfaat kesehatan yang bisa kamu peroleh dengan melakukan puasa secara rutin, baik untuk kesehatan fisik maupun mental.

Sebaiknya kamu juga menggunakan asuransi kesehatan untuk melindungi diri dari risiko kesehatan. Asuransi kesehatan memberikan banyak manfaat seperti, biaya medis, obat-obatan sampai tindakan operasi.

Untuk asuransi kesehatan terbaik, kamu bisa menemukannya di e-commerce asuransi cekpremi. Kunjungi cekpremi sekarang juga.

Pertanyaan Seputar Manfaat Puasa

Puasa mempunyai manfaat yang cukup beragam untuk kesehatan. Apabila masih ada pertanyaan mengenai hal ini, berikut contoh pertanyaan yang biasanya diajukan.

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa dampak puasa?” answer-0=”Puasa mempunyai manfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat. Selain itu, risiko penyakit arteri koroner dan diabetes juga bisa diminimalisir dengan puasa. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Puasa Menyehatkan apa saja?” answer-1=”Dengan berpuasa, kamu bisa menjaga kesehatan jantung. Selain itu, puasa juga bisa mengurangi sakit sendi dan beberapa penyakit lainnya. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]

Meitha Kurniawati

Recent Posts

Begini Cara Menghitung Kapasitas AC Gedung Supaya Sesuai Kebutuhan

Semakin hari kita dihadapkan dengan perubahan iklim yang menyebabkan kenaikan suhu udara semakin tinggi dan…

July 5, 2024

8 Manfaat Peach Gum, Makanan Enak dan Baik Bagi Tubuh!

Peach gum belakangan ini memang sedang populer dikarenakan rasanya yang enak dan berbagai manfaat yang…

July 5, 2024

Rating NCAP adalah Awal Mula dan Manfaat dari Uji NCAP

Banyak yang belum mengenal apa itu rating New Car Assessment Program (NCAP) di Indonesia. Dengan…

July 2, 2024

5 Makanan Sehat Ini Bisa Cegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah suatu keadaan dimana kualitas serta kepadatan tulang kamu berkurang dengan sangat cepat. Penyakit…

July 2, 2024

Yuk Intip 5 Tips Susun Portofolio Investasi Pasca Kuliah

Setelah lulus kuliah, Anda perlu mulai memikirkan bagaimana agar kondisi finansial Anda semakin baik dari…

July 2, 2024

Bocoran Merek Mobil yang Akan Launching di GIIAS 2024

Sebagai pecinta otomotif, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan pameran GIIAS. Melalui ajang ini,…

July 2, 2024