Ketahui Pengertian Hingga Cara Pengajuan Mastercard

mastercard

Pengguna kartu debit atau kartu kredit pasti sudah sering mendengar kata Mastercard beserta logonya yang khas. Ternyata fasilitas keuangan yang satu ini ditawarkan oleh bank sebagai kartu debit atau kredit jika Anda mengajukan pembuatan kartu baru. Namun apakah Anda tahu apa itu Kartu Master tersebut?

Meski nama Kartu Master sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat, tapi mungkin kerap membuat bingung apalagi fiturnya yang hampir sama dengan kartu debit dan debit lain. Nah supaya Anda bisa lebih memahami lebih jauh tentang Kartu Master, ayo simak ulasan berikut!

Apa itu Mastercard?

Jika dilihat dari namanya, Mastercard berarti Kartu Master yang ternyata adalah sebuah perusahaan jasa keuangan multinasional yang terletak di New York, Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1966. Adapun menurut Investopedia, perusahaan ini merupakan jaringan pembayaran terbesar kedua di dunia setelah Visa.

Lalu apa saja fasilitas yang ditawarkan oleh Kartu Master? Pada dasarnya jasa keuangan tersebut memfasilitasi transaksi antara pemegang kartu, pedagang, dan lembaga keuangan melalui teknologi dan jaringan yang ada. Transaksi tersebut dilakukan lewat kartu debit master dan juga kartu kredit.

Uniknya, meski menjadi fasilitator tapi Kartu Master tidak menerbitkan kartu sendiri sehingga kartu yang beredar diterbitkan oleh bank-bank anggotanya, seperti Mastercard BNI.

Perbedaan Mastercard dengan Visa

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Kartu Master adalah lembaga keuangan terbesar kedua di dunia setelah Visa. Sayangnya masih banyak kalangan yang belum bisa membedakan keduanya, dan inilah sejumlah perbedaan antara Mastercard dan Visa!

  • Jangkauan

Faktanya memang baik itu Kartu Master ataupun Visa sama-sama dapat digunakan di seluruh dunia. Hanya saja, kartu Visa cenderung lebih banyak digunakan dan lebih populer di kawasan Asia Pasifik. Sedangkan pengguna Mastercard lebih banyak di Amerika dan Eropa.

  • Perlindungan Nasabah

Selain dari jangkauan, ada perbedaan signifikan dalam perlindungan kepada nasabah. Kartu Master melindungi nasabah dengan menggunakan Secure Code berupa PIN tambahan yang dimasukkan setiap melakukan transaksi online. Sementara Visa dibekali fitur One-Time Password atau OTP saat proses akhir pembayaran.

  • Provider

Meskipun memiliki fungsi dan kegunaan yang hampir sama, tapi keduanya bukanlah kartu yang sama. Anda bisa menemukan letak perbedaannya pada provider yang digunakan. Antara Kartu Master dan Visa, keduanya merupakan perusahaan jasa finansial yang berbeda.

Jenis-jenis Mastercard dan Kegunaannya

Nah setelah membahas tentang perbedaan antara Mastercard dan Visa, apakah kini Anda sudah bisa membedakan keduanya? Tidak hanya sampai disana saja, Kartu Master ini masih terbagi kedalam beberapa jenis dengan fungsi masing-masing, yaitu:

  • Classic

Layanan Kartu Master yang pertama adalah Classic. Kartu ini terbilang yang paling umum digunakan oleh nasabah dengan limit penggunaan hanya sampai Rp5 juta saja. Untuk mendapatkan kartu ini Anda perlu memiliki penghasilan sekitar Rp50 juta per tahun dan bisa digunakan untuk segala keperluan dasar.

  • Gold

Sebenarnya jenis Kartu Master Gold ini sama-sama bisa digunakan untuk transaksi. Namun perbedaannya terletak pada jumlah limit yang lebih tinggi dibandingkan kartu Classic. Setidaknya limit kartu gold tersebut adalah Rp100 juta. Inilah kenapa kartu Gold sering digunakan oleh kalangan atas dengan kebutuhan transaksi membeli barang-barang luxury.

  • Platinum

Pilihan Kartu Master dengan limit menggiurkan adalah Platinum. Pasalnya kartu Platinum ini memiliki batas kredit mulai dari Rp75 juta hingga unlimited. Penggunaannya pun lebih kompleks dengan menawarkan berbagai fitur serta promo yang lebih banyak.

  • Mastercard World

Sesuai dengan namanya, Mastercard World bisa digunakan di seluruh dunia bahkan di Amerika dan Eropa. Adapun limit kartunya adalah Rp75 juta per tahun. Jenis kartu ini dibekali Identity Theft Resolution Service sebagai layanan perlindungan identitas sehingga lebih aman.

Cara Mengajukan Mastercard

Jika Anda sudah memilih pilihan Kartu Master yang diinginkan sesuai kebutuhan, selanjutnya ayo cari tahu bagaimana cara mengajukan Mastercard Indonesia. Sebenarnya ada dua cara membuat kartu kredit master, yaitu secara online dan offline.

Disarankan melakukan pengajuan secara online agar lebih mudah. Pasalnya Anda hanya perlu mengunjungi website bank yang dituju lalu siapkan persyaratannya secara lengkap. Namun jika Anda lebih suka datang langsung ke bank dan mengajukan Kartu Master secara tatap muka, berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan.

  • Siapkan Dokumen Persyaratan

Tentunya hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengurus sejumlah dokumen persyaratan yang dibutuhkan sebelum datang ke bank. Perlu Anda ketahui juga bahwa setiap bank memiliki persyaratan yang berbeda. Namun secara umum beberapa dokumen yang harus Anda bawa adalah:

  • Fotokopi KTP/Paspor
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi slip gaji minimal Rp3.000.000/bulan
  • Fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir
  • Surat keterangan perusahaan seperti SKP
  • Surat keterangan bahwa Anda memiliki sejarah kredit yang bersih sebagai dokumen tambahan
  • Kunjungi Kantor Cabang Bank yang Dipilih

Setelah menyiapkan dokumen yang diperlukan, selanjutnya Anda bisa langsung datang ke kantor cabang bank yang dipilih. Setelah sampai disana, ambillah nomor antrian untuk bertemu dengan Customer Service (CS).

  • Isi Formulir

Kemudian CS akan memberikan formulir yang harus Anda isi sambil meminta dokumen persyaratan yang sudah disiapkan tadi. Itu artinya berkas Anda akan tercatat dan diproses oleh pihak bank.

  • Proses Wawancara

Nantinya setelah berkas-berkas selesai diproses, Anda mengikuti sesi wawancara dengan pihak bank. Pertanyaan yang sering diajukan biasanya berhubungan dengan data pribadi yang ada di formulir hingga pertanyaan lain terkait pengajuan kartu kredit Mastercard.

  • Menunggu Konfirmasi

Tahap pengajuan Kartu Master sudah selesai, selanjutnya Anda tinggal menunggu konfirmasi dari pihak bank apakah pengajuan kartu kredit Anda diterima atau ditolak. Jika pengajuan Anda diterima, pihak bank akan mengkonfirmasi ketersediaan Anda untuk membuat kartu kredit baru dan langsung dikirim ke alamat rumah.

Nah setelah berhasil membuat Kartu Master, sebaiknya Anda pun segera mengajukan asuransi jiwa demi menjamin kesehatan mental Anda tanpa harus memikirkan terkait biaya pengobatannya lagi. Dan kini Cekpremi siap membantu Anda menemukan rekomendasi produk asuransi jiwa terbaik yang sesuai kebutuhan.

Sebagai portal pembanding asuransi online, Cekpremi tidak pernah gagal memberikan pilihan produk berkualitas dengan proses yang praktis dan juga tanpa biaya tambahan sepeserpun. Jadi ayo segera kunjungi website Cekpremi dan nikmati fitur pembanding asuransi jiwa sepuasnya setelah membuat Mastercard yang Anda inginkan.

Referensi:

Glints

Katadata

Wikipedia

Spenmo