Uncategorized

6 Tips Membeli Spare Part Berkualitas untuk Kendaraan Anda

Memiliki mobil merupakan tanggung jawab yang besar. Tidak hanya memakainya setiap hari, Anda juga harus melakukan perawatan rutin secara tepat pada mobil. Merawat mobil tidak sebatas membuatnya selalu tampak bagus dari luar, tapi juga harus memastikan performanya tetap optimal dengan menggunakan dan membeli spare part berkualitas.

Mobil yang dikatakan ideal tidak harus selalu tampak mewah dan baru. Mobil yang ideal adalah yang bisa memberikan kenyamanan kepada pengendara dan penumpangnya. Kenyamanan itu hanya bisa diwujudkan dengan memastikan semua komponen bekerja dengan baik sesuai fungsinya.

Pengertian Spare Part

Istilah spare part sering disebut ketika membahas tentang kendaraan bermotor, seperti motor dan mobil. Istilah tersebut diartikan sebagai komponen dalam kendaraan yang punya fungsi tertentu. Spare part juga disebut dengan istilah suku cadang, yaitu komponen mesin yang dicadangkan untuk perbaikan atau penggantian bagian dari kendaraan yang rusak.

Dalam sebuah kendaraan bermotor, ada banyak sekali jenis suku cadang dengan fungsinya masing-masing. Meski berdiri sendiri sebagai sebuah komponen dengan nama tertentu, namun fungsi semua komponen tersebut saling berkaitan. Kerusakan yang terjadi pada komponen tertentu bisa mempengaruhi kinerja komponen lain.

Suku cadang yang tersedia dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu suku cadang asli atau orisinil, suku cadang non pabrikan serta suku cadang KW. Suku cadang asli merupakan komponen yang diproduksi oleh pabrik mobil. Komponen yang asli tentu saja memiliki kualitas terbaik, pasti cocok dengan kendaraan dan awet.

Tips Memilih Spare Part Berkualitas

Memakai spare part asli dan berkualitas memberikan banyak manfaat untuk kendaraan. Suku cadang yang berkualitas akan menghasilkan performa yang tangguh. Mobil juga akan terhindar dari banyak risiko kerusakan serta masalah lainnya. Keselamatan pengguna kendaraan juga lebih terjamin berkat pemakaian suku cadang berkualitas.

Lantas bagaimana cara memilih spare part yang bagus dan berkualitas untuk kendaraan kesayangan? Faktanya, ada banyak pilihan suku cadang di pasaran dan masih banyak orang yang bingung membedakan barang asli dan barang palsu. Oleh karena itu, simak tips berikut ini agar mendapatkan suku cadang berkualitas untuk kendaraan Anda.

1. Periksa Kemasan Produk

Untuk mendapatkan suku cadang berkualitas, tentu Anda harus membeli produk yang asli. Jadi Anda harus mengetahui cara memilih produk suku cadang yang asli. Tanda keaslian produk biasanya bisa dilihat dari kemasannya. Produsen umumnya memberikan tanda khusus yang menjadi petunjuk bahwa produk tersebut asli.

Petunjuk keaslian produk dapat berupa hologram atau barcode. Sayangnya, tanda semacam itu juga banyak ditemui di kemasan produk yang palsu. Jadi Anda harus lebih teliti lagi memeriksa tanda keaslian untuk membedakannya dengan barang palsu. Hologram pada produk asli biasanya lebih tebal. Sedangkan barcode biasanya bisa dipindai.

2. Pilih Merek yang Terpercaya

Ketika dihadapkan pada banyak pilihan merek spare part, Anda sebaiknya memilih merek yang sudah cukup populer. Merek yang populer memiliki reputasi yang bagus karena sudah dipercaya banyak konsumen. Jadi Anda tidak perlu meragukan kualitasnya sebab sudah pasti bagus dan menjadi pilihan terbaik.

Anda juga bisa memilih merek suku cadang yang berasal dari pabrikan yang sama dengan kendaraan Anda. Merek yang sama umumnya lebih disarankan karena sudah pasti cocok dengan jenis kendaraan yang Anda punya.

3. Pilih yang Bergaransi

Garansi bisa disebut sebagai jaminan akan kualitas sebuah produk. Produsen yang berani memberikan garansi berarti memastikan bahwa produknya punya kelebihan. Apalagi yang menyangkut dengan komponen kendaraan bermotor, garansi seperti menjadi hal penting yang wajib menyertai.

Anda sebaiknya membeli spare part yang dilengkapi dengan garansi. Selain sebagai bukti kualitasnya, garansi juga memungkinkan Anda menukar produk yang bermasalah dengan produk yang baru. Maka Anda akan lebih tenang dan bebas khawatir saat menggunakan suku cadang tersebut.

4. Pertimbangkan Harganya

Harga merupakan hal penting yang menjadi pertimbangan saat seseorang membeli suku cadang. Jika ingin mendapatkan suku cadang yang berkualitas bagus, jangan mudah tergiur dengan penawaran harga yang murah. Kualitas produk suku cadang sudah tentu berbanding lurus dengan harganya.

Anda sebaiknya memilih suku cadang yang sedikit lebih mahal agar bisa mendapatkan kualitas yang sepadan. Karena harga yang terlalu murah biasanya berlaku untuk produk suku cadang yang kualitasnya rendah. Meski terlihat lebih hemat, suku cadang yang murah dan berkualitas rendah akan membuat kendaraan sering bermasalah dan harus sering diperbaiki.

5. Perhatikan Ciri-cirinya

Anda juga bisa membeli spare part dengan cara melihat dari ciri-ciri spare part berkualitas untuk menemukan pilihan terbaik. Suku cadang yang bagus dan awet umumnya terbuat dari material yang juga berkualitas, kuat dan tahan lama. Berbeda dengan suku cadang palsu yang umumnya dibuat dari bahan berkualitas buruk.

Selain dari kualitas material, suku cadang yang bagus juga bisa dikenali dari bentuknya. Bentuk komponen kendaraan yang berkualitas selalu rapi dan presisi. Jika Anda menemukan suku cadang dengan bentuk yang berantakan, Anda patut curiga. Sebaiknya yang semacam itu tidak perlu Anda pilih 

6. Beli di Toko Resmi

Agar lebih yakin saat membeli suku cadang, Anda sebaiknya membelinya di toko atau bengkel resmi. Jika tidak ada bengkel resmi di daerah dekat tempat tinggal Anda, Anda bisa membelinya di toko suku cadang yang sudah terkemuka. Apabila membelinya secara online, pastikan juga Anda membeli di toko resmi yang sudah terverifikasi.

Apabila Anda ragu ketika membeli, sebaiknya mintalah rekomendasi dari orang lain. Anda bisa bertanya pada teman yang lebih mengetahui atau kepada teknisi yang sudah berpengalaman. Anda mungkin akan mendapatkan beberapa rekomendasi dari berbagai merek. Selanjutnya, Anda bisa memilih yang paling cocok dengan kebutuhan mobil Anda.

Itulah tips membeli spare part berkualitas untuk kendaraan Anda. Untuk performa yang tetap bagus dan keselamatan pengguna, pilihlah hanya suku cadang yang resmi, berkualitas, bergaransi serta dipercaya banyak konsumen.

Selain harus menggunakan suku cadang yang berkualitas, Anda juga bisa memastikan keamanan mobil kesayangan Anda dengan asuransi mobil. Asuransi untuk mobil akan membantu Anda dalam mencegah risiko yang bisa menyebabkan kerugian. Selanjutnya, temukan pilihan asuransi yang paling cocok dengan mengunjungi cekpremi.com.

Meitha Kurniawati

Recent Posts

Rating NCAP adalah Awal Mula dan Manfaat dari Uji NCAP

Banyak yang belum mengenal apa itu rating New Car Assessment Program (NCAP) di Indonesia. Dengan…

July 2, 2024

5 Makanan Sehat Ini Bisa Cegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah suatu keadaan dimana kualitas serta kepadatan tulang kamu berkurang dengan sangat cepat. Penyakit…

July 2, 2024

Yuk Intip 5 Tips Susun Portofolio Investasi Pasca Kuliah

Setelah lulus kuliah, Anda perlu mulai memikirkan bagaimana agar kondisi finansial Anda semakin baik dari…

July 2, 2024

Bocoran Merek Mobil yang Akan Launching di GIIAS 2024

Sebagai pecinta otomotif, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan pameran GIIAS. Melalui ajang ini,…

July 2, 2024

10 Manfaat Membacakan Dongeng Kepada Anak

Masih ingat kisah tentang Si Kancil, atau cerita tentang bawa merah bawang putih? Atau apa…

June 28, 2024

Mobil Listrik Ramah Lingkungan tapi Menguras Kantong, Benarkah?

Anda ingin beralih ke mobil listrik ramah lingkungan? Merasa khawatir kalau biaya maintenance-nya menguras kantong?…

June 26, 2024