Mendaftar Asuransi Kesehatan pada Waktu yang Tepat

mendaftar asuransi kesehatan

“Sehat itu mahal”, begitulah kata banyak orang sering menyebutnya. Kesehatan merupakan investasi yang sangat penting untuk kehidupan, terutama untuk diri sendiri. Salah satu cara agar “investasi” tersebut berguna yaitu dengan mendaftar asuransi kesehatan.

Mungkin sebagian besar orang bingung kapan waktu yang tepat untuk mendaftar asuransi kesehatan. Butuh waktu yang cukup lama untuk kita paham dengan polis yang ditawarkan setiap perusahaan asuransi yang cocok dengan diri kita.

asuransi kesehatan

Saat berbicara tentang mendaftar asuransi kesehatan, kita pasti akrab dengan istilah polis. Namun, apakah polis itu? Polis asuransi adalah istilah untuk kontrak perjanjian kerjasama tertulis antara perusahaan penyedia asuransi (penanggung) dengan klien pemegang polis. Sedangkan premi merupakan sejumlah uang yang harus Anda sebagai nasabah yang dibayarkan kepada perusahaan asuransi sebagai penanggung.

Dengan adanya asuransi kesehatan, Anda bisa mendapatkan perlindungan maksimal untuk dirimu sendiri maupun orang lain. Lalu, apakah akan merasa rugi jika Anda terlambat mendaftarkan asuransi kesehatan?

Kerugian yang bisa Anda rasakan diantaranya adalah harga premi yang semakin tinggi seiring Anda bertambah usia. Besaran premi yang ditawarkan perusahaan asuransi merupakan tetapan yang berdasarkan risiko tertanggung. Seperti usia dan kondisi kesehatan.

Jika Anda mendaftar asuransi di kesehatan waktu yang tepat, Anda dapat meminimalisir risiko pengeluaran pengobatan yang berbiaya mahal. Premi yang kita bayarkan setiap bulannya akan membatasi pengeluaran pengobatan yang mana ketika kita sakit, biaya yang kita bayarkan akan lebih sedikit dibandingkan Anda yang tidak mengikuti asuransi kesehatan.

Banyak juga orang lain dan mungkin termasuk Anda memilih menggunakan asuransi ketika sedang jatuh sakit.

Kira-kira kapan ya waktu yang tepat untuk mendaftar asuransi kesehatan?

Jawaban sederhana yang bisa Anda pahami yaitu saat Anda sudah memiliki penghasilan sendiri. Saat Anda sudah bekerja dan mempunyai penghasilan sedikit, cobalah untuk menyisihkan berapa persen untuk mulai mendaftar asuransi kesehatan sejak awal.

Anda bisa membeli polis dengan pilihan biaya paling rendah, kemudian Anda bisa meningkatkannya nanti setelah penghasilanmu semakin bertambah.

Pastinya semakin tingginya polis, semakin banyak juga premi yang dibayarkan dan manfaat yang akan Anda rasakan.

Berikut ini 4 waktu yang tepat untuk Anda mulai mendaftar asuransi kesehatan.

  • Saat Masih Muda

Seperti yang sudah dibicarakan di atas, saat Anda sudah memiliki penghasilan,

maka itulah waktu yang tepat untuk Anda mendaftar asuransi kesehatan.

Usia produktif merupakan usia terbaik untuk Anda bisa menuai investasi seumur hidup.Jadi, Anda telah melakukan “investasi” jangka panjang untuk mempersiapkan apa-apa yang tidak terduga di masa tua nanti.

  • Saat Memulai Kerja di Perusahaan

Saat Anda bekerja disebuah perusahaan, itu juga termasuk waktu yang tepat untuk mulai mendaftar asuransi. Biasanya perusahaan akan menawarkan dan memfasilitasi tunjangan kesehatan karyawan-karyawannya dengan asuransi kesehatan.

Banyak juga orang yang sudah bekerja justru merasa tidak lagi membutuhkan asuransi. Padahal perusahaan seringkali memberikan perlindungan kepada karyawan-karyawan perusahaan tersebut. Kesempatan tersebut dapat Anda manfaatkan untuk memberikan perlindungan kesehatan kepada diri sendiri maupun keluarga kita di masa yang akan datang.

  • Setelah Menikah dan Memiliki Anak

Ketika Anda menikah, Anda tidak lagi hanya memikirkan kebutuhan diri sendiri. Anda juga memikirkan istri atau anak. Nah, dengan adanya asuransi kesehatan yang bisa Anda daftarkan untuk keluargamu, iru bisa membantu Anda menghadapi hal-hal yang tidak terduga. Jadi, ketika suatu saat Anda sebagai penanggung finansial keluarga, asuransi akan membantu istri dan anak-anak.

  • Persiapan Pensiun

Persiapan pensiun merupakan hal penting yang harus direncanakan dengan baik untuk menjamin kelangsungan hidup. Kesehatan menjadi hal yang sangat penting untuk dijaga, apalagi di usia tua. Masalah kesehatan dapat menghabiskan biaya dan mungkin menghabiskan dana pensiun. Oleh karena itu, sangat penting untuk Anda mendaftar asuransi kesehatan untuk mempersiapkan masa pensiun nanti.

Setelah mengetahui waktu yang tepat untuk mendaftarkan diri ikut asuransi kesehatan, saatnya juga Anda mulai memahami cara memulai asuransi yang benar. Anda bisa mulai dengan tanggungan kecelakaan maupun pengobatan yang cukup untuk diri Anda sendiri. Tak lupa juga Anda harus mengetahui dengan detail polis yang akan Anda dapatkan dan ketentuan bagaimana perlindungan tersebut dilakukan.

Nah, itu tadi empat waktu yang tepat untuk Anda mendaftarkan asuransi kesehatan. Kalimat “Sehat itu mahal” memang benar adanya. Dengan kita menjaga kesehatan dan mempersiapkan perlindungan kesehatan untuk kemudian hari, Anda akan merasa lebih aman dan tenang. Asuransi kesehatan juga bertujuan untuk agar kehidupan dan kesehatan diri sendiri dapat tetap terlindungi.

Contoh asuransi yang bisa Anda beli di cekpremi diantaranya Pacific cross malacca trust dengan biaya asuransi yang ekonomis, Lippo healthplus dengan biaya maksimal dengan proteksi kesehatan yang lebih tinggi, dan Simas Insurtech.

asuransi kesehatan

Apa saja asuransi kesehatan yang bagus? Anda bisa memilih dan mendapatkan penawaran terbaik untuk asuransi kesehatan di Cekpremi. Tidak perlu pusing karena cekpremi memberikan beberapa rekomendasi asuransi yang cocok untuk Anda.