Mengenal Informasi Seputar Ahu Online dan Cara Pendaftarannya

ahu online

Ahu adalah sebuah badan pemerintahan yang fokus pada sistem untuk pelayanan masyarakat, terutama untuk seluruh notaris yang diimplementasikan pada sebuah aplikasi. Hal tersebut memudahkan masyarakat karena ahu online bisa diakses tanpa batasan waktu dan tempat.

Masyarakat bisa mengaksesnya melalui web base desktop dan web base mobile. Aplikasi tersebut memudahkan notaris mengetahui berbagai informasi atau kegiatan perseroan terbatas dalam website tersebut. Penggunaannya juga mudah dan bisa diakses kapan saja.

Cara Mengecek Legalitas Perusahaan

Untuk mengembangkan bisnis, Anda harus membangun koneksi dengan sesama pelaku bisnis agar bisnis berkembang tanpa permasalahan. Untuk itulah, Anda bisa mengecek legalitas perusahaan tujuan melalui ahu. Cara cek ahu online mudah dan bisa dilakukan tanpa bantuan orang ahli, berikut ada langkah-langkah pengecekan yang bisa dilakukan.

  • Membuka Website Ahu

Anda bisa membuka website resmi ahu di http://ahu.co.id pada browser perangkat Anda. Anda bebas memilih perangkat apa pun yang memiliki koneksi internet, usahakan koneksinya lancar sehingga prosesnya tidak loading lama.

  • Pencarian atau Unduh Data

Langkah selanjutnya, bisa klik “Pencarian/unduh data” dan klik icon bergambar folder abu-abu. Jika masih bingung, bisa mencari referensi di Internet sehingga menambah wawasan mengenai cara pengecekan ahu dan lainnya.

  • Memilih Perseroan

Setelah laman ahu terbuka, pada bagian menu terdapat beberapa opsi. Ada perseroan, perseroan perorangan, yayasan, fidusia dan perkumpulan.

Anda bisa memilih opsi tersebut sesuai tujuan, jika ingin mengecek legalitas perusahaan bisa klik perseroan. Dengan begitu bisa mengetahui informasi profil perusahaan di Indonesia.

  • Ketik Nama Perusahaan Tujuan

Anda bisa ketik nama perusahaan yang dicari pada kolom “Cari Profil Perusahaan di Indonesia.” Anda bebas mencari profil perusahaan dengan cara mengetikkan nama perusahaan tersebut pada kolom yang disediakan.

  • Mencermati Hasil Pencarian

Halaman hasil pencarian akan memberikan informasi pada Anda mengenai informasi apakah perusahaan yang Anda tulis sudah terdaftar dan memiliki izin atau tidak.

Di hasil pencarian ini akan memuat informasi nama perusahaan, alamat perusahaan dan terdapat 2 tombol yang memberikan informasi fitur perusahaan.

  • Membeli Nomor Voucher

Perlu diingat, Anda bisa mengakses semua bagian setelah membayar sejumlah biaya sesuai rincian yang tertera.

Setelah membayar rincian tersebut, Anda bisa membeli voucher dengan 2 cara. Anda bisa membelinya melalui menu Simpadhu yang terletak di bagian menu utama Ahu online. Jika tidak, bisa langsung klik link pembelian voucher pada formulir permohonan profil.

  • Unduh Profil Perusahaan

Setelah menyelesaikan semua permohonan, tinggal menekan “Submit” dan siap menerima halaman detail transaksi dan data transaksi.

Tak perlu bingung menjelajahi semua fitur yang ada di ahu online dengan mudah.

Cara Pendaftaran Ahu Secara Online

Ahu online dirancang oleh pemerintah untuk memudahkan proses pendaftaran dan mengatasi permasalahan praktik pungli di masyarakat terkait biaya administrasi pendaftaran perseroan.

Walaupun pendaftaran dan kegiatannya dilakukan secara online, tidak menghilangkan nilai eksistensi hukum. Untuk itulah, jika ada masyarakat yang mengisi kolom formulir tidak valid akan dikenai hukum pidana. Berikut ada cara pendaftaran yang bisa diterapkan agar tak salah mendaftar.

  • Membuka situs resmi ahu

Langkah pertama mendaftar ahu online adalah membuka situs resminya di https://ahu.go.id untuk pendaftaran PT. Perorangan.

  • Memilih pendaftaran perseroan

Selanjutnya, Anda bisa memilih icon menu aplikasi Pendaftaran Perseroan Perorangan.

  • Melakukan registrasi

Kemudian, lakukan registrasi akun jika Anda belum memiliki akun. Jika sudah memiliki akun tetapi belum mendaftar, bisa langsung login di kolom yang tersedia.

  • Klik tombol daftar

Untuk mendaftar, klik tombol “Daftar” dan secara otomatis akan diarahkan ke halaman registrasi.

  • Mengisi formulir registrasi

Walaupun mendaftar di ahu online, tetap mengisi formulir registrasi dengan lengkap dan valid.

Formulir tersebut terkait identitas dan informasi penunjang lainnya. Diantaranya adalah NIK sesuai data di KTP, NPWP dan nama lengkap, email aktif dan tanggal lahir.

Untuk NPWP, jika Anda belum memilikinya bisa mendaftar terlebih dahulu E-Reg Ditjen Pajak.

  • Klik tombol daftar

Setelah memastikan semua informasi yang Anda masukan benar, klik tombol “Daftar.” Secara otomatis, akan muncul notifikasi jika pendaftaran Anda berhasil.

  • Mengecek email

Sekarang, Anda bisa mengecek email secara berkala untuk melihat apakah email dari ahu online sudah masuk atau belum.

Semua pendaftar akan mendapatkan email aktivasi akun yang berisi NIK dan password sementara. NIK dan password tersebut bisa Anda gunakan untuk login.

  • Klik tombol aktivasi akun

Anda tinggal login menggunakan NIK dan password yang diberikan, kemudian klik tombol “aktivasi akun” untuk mengakses akun baru Anda.

Setelah aktivasi akun berhasil, akan mendapat notifikasi. Anda tinggal login pada notifikasi.

Anda tak perlu bingung untuk login berikutnya karena caranya mudah. Tinggal masukkan NIK Anda, masukkan password dan klik tombol “Masuk.”

Kini, pendaftaran selesai dan bisa memanfaatkannya untuk kepentingan Anda. Jika pendaftaran Anda selalu gagal atau mengalami masalah, bisa menghubungi Ditjen ahu online agar permasalahan yang Anda hadapi bisa diselesaikan.

Ahu online disambut baik oleh semua kalangan karena manfaatnya beragam. Untuk menjamin keamanan, Anda bisa membuat asuransi agar menjadi perlindungan diri dan aset berharga Anda. Anda bisa membuat asuransi melalui cekpremi.com karena menjadi portal online terpercaya dan terpopuler. Cekpremi menyediakan berbagai produk asuransi terpercaya yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, untuk itulah Anda bisa membuat asuransi properti di situs tersebut karena informasinya lengkap dan valid. Asuransi tersebut membuat Anda tak akan kehilangan aset berharga karena memiliki asuransi, otomatis sebagai ganti rugi pada pihak tertanggung saat aset properti milik Anda mengalami kerusakan karena risiko tertentu. Misalnya karena banjir, kebakaran, kerusuhan dan hal buruk lainnya.

Dijamin Anda tidak akan tertipu jasa asuransi yang menawarkan polis murah tetapi kualitasnya rendah.

Melalui cekpremi, Anda bisa menambah wawasan seputar dunia asuransi dan manfaatnya. Banyak informasi bermanfaat yang bisa Anda baca dan dijadikan wawasan, bahkan Anda bisa konsultasi dengan pihak cekpremi mengenai produk asuransi yang akan dipilih. Cekpremi menjamin kepuasan pelanggan dan ingin menjadi portal online yang memberikan kemudahan untuk masyarakat, untuk itulah semua yang ada di situs tersebut transparan dan tidak ada hal yang ditutup-tutupi.

Sumber:

AHU