Lakukan Cara Ini untuk Menghemat Premi Asuransi Mobil

Menghemat premi asuransi

Mengingat premi asuransi mobil mahal, pastinya banyak orang ingin agar bisa menghemat premi asuransi mobil yang harus dibayar setiap tahun. Premi asuransi untuk kendaraan khususnya mobil, umumnya berbeda sesuai dengan jenis asuransi yang dipilih. Seperti diketahui, ada dua jenis asuransi untuk mobil yaitu All Risk atau perlindungan asuransi keseluruhan dan juga Total Lost Only atau TLO.

Premi asuransi untuk mobil biasanya ditentukan oleh merk, model dan juga tahun kendaraan. Maka dari itu, agar biaya premi yang dibayar jauh lebih murah Anda harus mempertimbangkan tiga hal tersebut atau cek ke showroom terdekat untuk memastikan mendapatkan harga yang layak. Selain itu apalagi cara terbaik untuk menghemat premi asuransi mobil?

Cara Menghemat Premi Asuransi Mobil

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghemat premi asuransi mobil.

  • Berapa Banyak Asuransi yang Dibutuhkan

Hal pertama yang penting Anda perhatikan saat akan memilih asuransi mobil adalah memilih tingkat perlindungan asuransi. Memang sangat penting untuk memilih asuransi dengan manfaat yang luas, namun tidak semua orang membutuhkan perlindungan yang sama apalagi jika kondisinya tidak sesuai dengan kebutuhan mobil.

Misalnya Anda memilih untuk beli asuransi dengan jenis All Risk yang bisa meng-cover segala jenis kerusakan baik kerusakan ringan, sampai berat bahkan juga bisa mengcover kerusakan akibat banjir. Di satu sisi, Anda sebenarnya tidak membutuhkan perlindungan kerusakan akibat banjir karena tidak berada di lingkungan yang sering banjir.

Ini artinya, bahwa Anda tidak perlu beli asuransi dengan tambahan perluasan banjir karena tidak tepat dan hanya akan membuat premi asuransi All Risk yang dibayar semakin tinggi. Jadi Anda bisa pilih perluasan yang memang dibutuhkan agar premi jauh lebih hemat.

  • Bandingkan Biaya Asuransi Sebelum Beli Mobil

Premi asuransi, salah satunya ditentukan oleh harga mobil dan tahun kendaraan . Jadi ketika Anda beli mobil, tentu dihadapkan pada pemilihan kendaraan baru maupun bekas. Untuk kendaraan bekas dan tahun kendaraan rendah, tentu saja biaya asuransi yang akan dibayarkan semakin kecil sementara untuk kendaraan baru dengan harga yang lebih mahal dan juga tahun kendaraan tinggi, maka premi asuransi mobil baru yang harus dibayarkan juga akan semakin tinggi.

Tentu saja sebenarnya hal ini bisa Anda pertimbangkan, sesuai dengan kebutuhan dan juga budget masing-masing. Karena saat ini, ada banyak mobil bekas yang kualitasnya bagus bahkan bisa dibeli lewat dealer mobil bekas resmi.

  • Kurangi Biaya Deductible

Hal ini juga wajib dilakukan untuk menghemat premi asuransi mobil. Adapun biaya deductible adalah biaya yang harus dibayar polis ketika mengajukan klaim ke perusahaan asuransi. Adapun biaya deductible ini bisa berbeda-beda, tergantung besarnya premi yang dibayar. Jika premi yang dibayar semakin tinggi biaya deductible akan semakin kecil.

Jadi pastikan Anda membayar premis sedikit lebih besar agar biaya deductible juga tidak terlalu besar. Jadi akumulasi biaya yang harus dibayar akan semakin hemat ketika Anda ingin mengajukan klaim asuransi.

  • Kurangi Berkendara

Mobil adalah salah satu alat transportasi yang mendukung kegiatan semakin cepat, baik untuk perjalanan singkat maupun perjalanan panjang. Perlu diketahui, bahwa premi asuransi dihitung pula berdasarkan risiko jadi ketika semakin rendah risiko maka premi yang harus dibayar juga jauh lebih murah. Untuk menghemat premi asuransi mobil, maka sebaiknya kurangi berkendara agar mengurangi risiko kecelakaan pada kendaraan Anda.

Apalagi bagi yang tinggal di kota-kota besar, Anda sudah bisa memanfaatkan dengan mudah kendaraan umum untuk berangkat kerja atau pergi ke mana saja. Sementara untuk mobil pribadi, bisa digunakan ketika melakukan perjalanan jauh seperti misalnya perjalanan dinas ke luar kota ataupun pergi liburan untuk mengurangi biaya premi asuransi mobil.

  • Tukar Polis Asuransi

Cara menghemat premi asuransi mobil juga bisa dilakukan dengan menukar polis asuransi. Setiap mobil tentu harus didukung dengan perlindungan asuransi, bahkan meski Anda bisa memperbaiki mobil untuk tingkat kerusakan ringan tetap butuh perlindungan asuransi.

Namun pastikan sebelum membeli asuransi, Anda sudah tahu manfaat apa saja yang didapatkan jika memilih polis asuransi tersebut. Di satu sisi, semakin banyak manfaat dan fitur yang menguntungkan dari asuransi mobil umumnya premi yang harus dibayarkan juga semakin tinggi. Jika Anda merasa premi yang harus dibayar terlalu tinggi, bisa menukar polis asuransi dengan pilihan manfaat yang diperlukan. Hal ini tentu bisa Anda langsung konsultasikan dengan perusahaan asuransi.

  • Manfaatkan Diskon Dari Perusahaan Asuransi

Berikutnya penting juga bagi Anda untuk memanfaatkan diskon yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi guna menghemat premi asuransi mobil. Karena saat ini, banyak pilihan perusahaan asuransi bermunculan maka cara perusahaan ini untuk menggaet klien adalah dengan memberikan diskon yang menarik. Salah satunya adalah mendiskon untuk membayar premi asuransi setiap bulan.

Anda bisa memilih perusahaan asuransi dengan diskon dan juga manfaat yang menguntungkan bagi pemegang polis asuransi. Tentu sangat bermanfaat untuk mengurangi tarif premi yang harus dibayarkan. Bahkan Anda juga bisa sekalian melakukan negosiasi terhadap presentasi diskon kepada perusahaan.

  • Kurangi Jumlah Aksesoris Mobil

Sebagian orang suka dengan yang namanya modifikasi mobil. Modifikasi sama artinya dengan menambah aksesoris pada mobil, di mana hal ini banyak dilakukan oleh anak muda agar mobil kelihatan lebih menarik dan juga sporty. Namun tahukah Anda bahwa penambahan aksesoris akan berpengaruh pada besarnya premi yang harus dibayarkan.

Alasannya karena Anda perlu memberikan perlindungan pula pada aksesoris mobil dari kerusakan. Jadi semakin banyak aksesoris mobil yang ditambahkan, maka premi akan semakin tinggi. Namun Anda juga harus mengetahui fakta bahwa sebenarnya aksesoris mobil boleh saja tidak diikutkan dalam ketentuan polis untuk mengurangi biaya premi. Tetapi ketika aksesoris mengalami kerusakan, maka biaya harus ditanggung sendiri oleh pemilik mobil.

Itu tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat premi asuransi mobil. Bagi Anda yang berencana untuk beli polis asuransi mobil, maka pastikan melakukan perbandingan lewat portal online Cekpremi. Hal ini tentu bisa juga jadi cara yang tepat untuk lebih hemat bayar premi asuransi mobil ke depannya. Cekpremi membantu Anda untuk menemukan pilihan perusahaan asuransi terbaik yang sudah pasti legal dan terdaftar di OJK.

sumber :

Carmudi

Motor Trend

Media Asuransi News