Merawat Interior Mobil agar Tetap Terlihat Baru

merawat interior mobil

Semua pemilik kendaraan pasti menginginkan mobil yang tampil terawat dan terlihat seperti baru setiap saat. Itu sebabnya, tidak sedikit dari kita yang rela menggelontorkan uang untuk mempercantik tampilan kendaraan. Namun, perlu diingat tidak hanya bagian luar yang harus dirawat, kamu juga perlu merawat interior mobil. Biasanya, pemilik mobil hanya merawat bagian luar tanpa memperdulikan bagian dalam.

Pada bagian interior adalah bagian yang wajib kamu perhatikan kebersihannya dan kerapiannya. Dengan keadaan yang bersih dan rapi, pengendara dan penumpang akan merasa betah selama perjalanan.

Daripada kamu mengeluarkan uang untuk pergi ke salon interior mobil, lebih baik kamu bersihkan sendiri interior mobil kamu. Selain lebih murah, kamu juga tidak perlu meninggalkan mobil di salon terlalu lama. Jadi, kamu dapat menghemat waktu dan biaya.

Berikut cara merawat interior mobil yang bisa kamu lakukan di rumah.

  • Bersihkan bagian Dashboard

Cara pertama yang perlu kamu lakukan untuk merawat interior mobil agar terlihat seperti baru adalah dengan membersihkan dashboard. Dilansir laman resmi Tunas Toyota, dashboard jadi salah satu bagian penting karena menjadi bagian yang pertama kali terlihat saat mengemudi.

Untuk membuatnya tetap bersih, kamu bisa menggunakan kemoceng atau kuas untuk menyingkirkan debu-debu di bagian sudutnya sekaligus lubang AC yang ada di sekitarnya. Setelah itu, jangan lupa untuk oleskan sedikit cairan biopolish leather care untuk membuat dashboard tidak kering saat terpapar panasnya sinar matahari.

  • Gunakan Karpet

Cara merawat interior mobil yang berikutnya adalah melapisi lantai kabin mobil kesayangan dengan menggunakan karpet. Hal ini bertujuan agar kotoran seperti pasir, air, sisa-sisa makanan tidak langsung jatuh dan mengotori mobil kamu, tapi dihalau dulu oleh karpet mobil. Selain itu, karpet mobil juga akan membuat interior mobil kamu tampil lebih gaya.

Kamu bisa memilih karpet mobil dari bahan karet anti slip seperti produk karpet mobil. Karpet mobil anti slip ini mudah dibersihkan dan bisa digunakan untuk semua jenis mobil. Dalam 1 set karpet mobil terdiri 2 buah karpet bagian depan dan sisi kemudi serta 2 karpet bagian tengah untuk sisi penumpang.

  • Gunakan Pengharum Mobil

Semua orang pasti ingin memiliki interior mobil yang wangi dan nyaman. Oleh sebabnya, cara membuat interior mobil terlihat seperti baru yang berikutnya adalah selalu menyediakan pengharum mobil. Kamu bisa memilihpengharum mobilyang memiliki wangi sesuai dengan kebutuhan kamu.

Selain pengharum mobil, kamu juga bisa menggunakan aksesoris mobil penjernih udara. Aksesoris mobil ini berguna untuk membuat kondisi udara di dalam mobil Anda tetap bersih.

  • Bersihkan Bagian Jok

Setiap mobil pasti memiliki jenis jok yang berbeda-beda. Dari situ, terkadang banyak kesalahan dalam membersihkannya. Sebelum jok kamu rusak, ada baiknya kamu harus tau, jenis bahan apa yang terdapat pada jok mobil kamu. Misalnya, jika darifabricatau kain, kamu dapat membersihkan dengan cairan pembersih khususfabric. Jika terbuat dari kulit, kamu dapat menggunakan sikat atauvacuum cleaner.

  • Bersihkan Area Langit-langit

Cara merawat interior mobil yang selanjutnya adalah membersihkan area langit-langit kabin. Sama seperti bagian mobil lainnya, langit-langit mobil juga perlu mendapatkan perlakuan khusus. Karena, sisi atas bagian dalam mobil ini cenderung menyimpan debu.

Kamu bisa menggunakan lap yang sudah dibasahi dengan air dan sabun cuci khusus. Usahakan lap jangan terlalu basah agar tidak membuat langit-langit mobil menjadi lembab dan malah menimbulkan bau tidak sedap. Setelah itu, kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan lap kering untuk menyerap sisa-sisa air dan kotoran yang masih menempel.

  • Merawat Stir

Bagian stir adalah salah satu bagian yang akan bersentuhan langsung dengan kedua tangan. Jadi, tentu kamu perlu menjaga kebersihannya dan melakukan perawatan interior mobil di bagian ini.Jika diabaikan begitu saja, maka kuman dan kotoran pada stir akan menempel juga pada tangan kamu.

Oleh karena itu, kamu harus sering membersihkan stir mobil menggunakan kanebo lembab agar debu dan bakteri yang terdapat pada permukaan stir bisa terangkat. Lalu, kamu juga perlu membersihkan bagian sekitar stir yang bersentuhan langsung dengan tangan agar selalu terjaga kebersihannya.

  • Membersihkan Kaca

Cara selanjutnya yaitu menjaga kebersihan kaca mobil. Kebersihan kaca depan maupun samping bagian dalam, tentu sangatlah mempengaruhi keamanan dalam berkendara. Jika komponen ini tidak mendapatkan perhatian, maka akan berpotensi membahayakan kamu saat mengemudi.

Kebersihan kaca depan sangat penting karena akan mempengaruhi jarak pandang mata saat mengemudi. Debu dan kotoran yang menempel akan membuat jarak pandang tampak relatif lebih samar. Di sisi lain, kaca bagian kanan dan kiri juga perlu untuk dijaga kebersihannya. Jika kotor tentu akan mempengaruhi aktivitas pada saat akan menyalip atau berbelok.

Cara membersihkannya yaitu dengan menggunakan air pada lap kanebo untuk mengangkat debu yang menempel. Lalu, kamu bisa menggunakan lap kering agar air yang tersisa tidak menghasilkan bercak di kaca.

Demikian cara merawat interior mobil yang bisa kamu lakukan di rumah. Selain merawat mobil, kamu juga perlu melindungi mobilmu dari berbagai macam risiko. Hal tersebut dilakukan dengan cara mendaftarkan mobilmu asuransi.

Kamu tidak perlu bingung dalam memilih asuransi untuk mobil kesayanganmu. Kunjungi cekpremi, kamu akan menemukan banyak mitra aman dan terpercaya yang bekerjasama. Segera kunjungi laman cekpremi dan dapatkan cashback terbaik.

Pertanyaan Seputar Merawat Interior Mobil

Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar merawat interior mobil.

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Bagaimana cara merawat interior mobil?” answer-0=”Merawat jok mobil sesuai dengan jenis bahannya. Lapisi lantai mobil dengan alas yang mudah dibersihkan. Gunakan cairan pembersih dan sikat untuk plafon mobil. Selalu bersihkan dashboard mobil dari debu. Taruh tempat sampah mini di dalam mobil. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Mengapa harus merawat interior mobil?” answer-1=”Pada bagian interior adalah bagian yang wajib kamu perhatikan kebersihannya dan kerapiannya. Dengan keadaan yang bersih dan rapi, pengendara dan penumpang akan merasa betah selama perjalanan. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]