Mind Mapping : Apa Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

mind mapping

Mind Mapping adalah teknik penyusunan catatan yang berfungsi untuk memudahkan seseorang menggunakan potensi otaknya. Caranya yaitu dengan menggabungkan kerja otak kiri dan kanan. Bagi Anda yang sedang membutuhkan ide atau strategi tertentu memang sebaiknya mengetahui tentang apa itu mind mapping. Metode ini akan memudahkan seseorang dalam merekam memori ke otak. Untuk Anda yang masih awam dengan istilah ini, yuk simak selengkapnya.

Pengertian Mind Mapping

Salah satu metode belajar yang efektif untuk menyimpan informasi dengan mudah adalah mind mapping. Metode ini bekerja dengan cara memetakan informasi ke dalam bentuk grafis. Bisa dengan menggunakan garis percabangan, kata kunci, atau dengan gambar.

Berikut beberapa pengertian menurut para ahli:

1. Menurut Tony Buzan

Pendapat yang pertama muncul dari Tony Buzan. Beliau mengartikan jika peta pikiran ialah teknik untuk mengembangkan berbagai cara berfikir serta menangkap pemikiran untuk berbagai sudut pandang. Sehingga berbagai kreativitas dalam ter-cover dalam satu gambaran peta.

2. Menurut Caroline Edward

Caroline Edward mengartikan jika peta pikiran yaitu semua cara yang efektif dan efisien untuk menyimpan, memasukkan, serta mengeluarkan data-data dari atau ke dalam otak. Sistem ini bekerja mirip seperti cara otak manusia pada umumnya. Sehingga dapat mengoptimalkan seluruh potensi yang ada sesuai kapasitas otak manusia.

3. Menurut Mike dan Bobby

Contoh peta pikiran adalah suatu metode mencatat yang dapat membantu seseorang dalam Memetakan konsep. Manusia dapat berfikir kreatif. Kemudian memadukan dengan mengembangkan potensi kerja otak. Baik otak kanan maupun otak kiri manusia. Sehingga bisa mendapatkan hasil solusi yang optimal.

4. Menurut L. Silberman

Siberman mengartikan peta pikiran sebagai suatu langkah-langkah kreatif yang dapat membantu seseorang dalam mendapatkan ide-ide menarik. Ide-ide tersebut kemudian memberikan kemudahan dalam mempelajari sesuatu. Sehingga bermanfaat dalam merencanakan suatu proyek atau berbagai penelitian. Metode ini sangat membantu dalam presentasi bisnis. Pendengar akan mudah menangkap alur tujuan dari peta konsep yang dijelaskan dari pembicara.

Jenis-Jenis Mind Mapping

Ada beberapa jenis peta pikiran yang bisa Anda gunakan, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Flow Map

Metode flow map cocok digunakan untuk membuat atau merumuskan kumpulan data dan berbagai prosedur. Terlebih bagi yang membutuhkan data dengan rincian lebih detail.

Anda bisa membuat flow map ini dengan garis horizontal maupun vertikal. Untuk jumlah prosedur dan langkah-langkahnya juga bisa bervariasi sesuai kebutuhan.

2. Bridge Map

Jika Anda merasa dilema memilih satu jenis dengan jenis lainnya, bridge map ini menjadi solusi terbaiknya. Bridge map dapat mengurangi kebingungan Anda saat memilih satu konsep dengan konsep lainnya. Mapping ini bisa juga untuk mendefinisikan dua atau lebih konsep yang berbeda. Anda juga bisa memberikan definisi informasi yang serupa dari dua konsep berbeda tersebut.

3. Bubble Map

Untuk jenis mind mapping ketiga ini bertujuan untuk menjabarkan ide utama dari suatu konsep. Misal ada bola besar sebagai konsep utamanya, kemudian bola-bola kecil sebagai penjabaran dari ide pokok pada bola besarnya.

4. Tree Map

Tree map juga sering dikenal dengan istilah diagram pohon. Metode ini digunakan untuk memisah kategori masing-masing daya yang Anda miliki dan akan dikelola. Metode ini juga akan membantu Anda dalam melakukan kategorisasi data sesuai fokus ide dan informasi yang ada.

Manfaat Mind Mapping

Meskipun terlihat sepele, metode ini nyatanya memiliki beberapa manfaat baik bagi penggunanya. Sekilas hanya seperti corat-coret tidak bermakna. Tetapi ternyata memiliki banyak manfaat yang luar biasa.

Biasanya metode ini digunakan untuk berbagai kepentingan bisnis, yaitu untuk memetakan alur bisnis atau rencana bisnis yang dikelola. Seperti pemakaian presentasi, pengambilan keputusan, atau saat meeting kantor.

Beberapa contoh manfaat dari penerapan mind mapping ini adalah sebagai berikut:

1. Membantu Proses Pembelajaran

Seperti bahasan atas pada bagian awal, pemetaan ini bisa digunakan untuk membantu Anda dalam memahami sebuah materi atau konsep secara menyeluruh.

Ketika membuatnya, Anda akan secara tidak langsung menghubungkan pengetahuan awal yang sudah ada dengan konsep baru.

Setelah selesai membuatnya dan melihat hasilnya, Anda akan dengan mudah memahami adanya hubungan antara konsep satu dengan konsep lainnya.

2. Lebih Produktif

Manfaat selanjutnya adalah membuat Anda semakin produktif. Anda akan menggabungkan serangkaian langkah yang untuk membentuk sebuah proyek. Ketika visualisasi ini sudah terangkai, Anda bisa mengamati hasilnya. Dimana letak kekurangannya dan bagaimana memperbaikinya. Anda juga bisa merumuskan tugas-tugas apa saja yang akan menjadi prioritas utama. Sehingga Anda akan terarah, antara apa saja tujuan yang akan dicapai, dan Anda perlu melakukan langkah bagaimana. Dengan demikian, Anda akan berlatih cara mengatur waktu dengan lebih baik dari sebelumnya.

3. Meningkatkan Kreativitas

Manfaat yang ketiga adalah mengembangkan kreativitas. Ketika Anda membuat peta pikiran sederhana, berarti Anda sedang membuat peta bercabang dengan beragam kategori tertentu. Agar terlihat lebih menarik, biasanya akan ada penambahan gambar atau pemilihan warna dari masing-masing cabang. Proses pembuatan peta ini berfungsi untuk merangsang kerja otak kanan.

4. Meningkatkan Pemahaman

Sebagai contoh ketika Anda berada dalam sebuah meeting yang membahas sebuah proyek tertentu, sering menjumpai beberapa permasalahan yang cukup kompleks. Mind mapping kreatif bisa menjadi solusi dalam keadaan seperti demikian.

Bukan hanya memahami konsep dengan permasalahan yang kompleks, metode ini juga bermanfaat untuk menemukan titik terang dan solusi pemecahan masalahnya. Nah itu tadi informasi mengenai peta pikiran untuk Anda. Ketika Anda saat ini sedang memulai usaha atau sebuah bisnis, tentunya memahami mind mapping simple ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat.

Untuk kepentingan bisnis Anda, dukungan transportasi seperti memiliki mobil pribadi tampaknya menjadi salah satu yang penting. Untuk itu, agar Anda tidak merasa keberatan untuk biaya perawatan atau bahkan biaya kerusakan dan kehilangan sebaiknya Anda memiliki asuransi mobil.

Rekomendasi terbaik untuk mendapatkan informasi terlengkap tentang asuransi bisa Anda cek di cekpremi.com. Ada banyak layanan asuransi yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Mulai dari asuransi kesehatan, asuransi mobil, asuransi jiwa, asuransi motor dan sebagainya. Sekian informasi tentang mind mapping dan semoga bermanfaat.

Sumber :

Glints

Gramedia

Jurnal