Cek Minimal Saldo Mandiri untuk Setiap Jenis Tabungan

minimal saldo mandiri

Ada banyak tarif layanan atau biaya admin yang perlu diperhatikan pemilik rekening Mandiri. Termasuk soal minimal saldo Mandiri yang menjadi patokan utama berapa saldo mengendap yang harus Anda miliki.

Minimal saldo ini juga menjadi tolak ukur berapa banyak uang yang bisa Anda ambil dari rekening. Misalnya, Anda memiliki saldo ATM Mandiri 100 ribu apa bisa diambil 50 ribu rupiah? Hal ini yang seringkali menjadi pertanyaan penting, Anda bisa menyimak dulu penjelasannya.

asuransi mobil

Apa Maksud Minimal Saldo Mandiri?

Bukan hanya Mandiri saja yang memberlakukan minimal saldo mengendap di rekening. Hampir setiap bank memiliki ketentuan akan hal ini yang jumlahnya bervariasi tergantung dengan jenis rekening atau tabungan yang dibuka.

Pengertian dari minimal saldo secara umum adalah saldo terkecil yang harus ada di rekening dan tidak bisa diambil oleh nasabah. Saldo ini akan mengendap dan biasanya akan dijelaskan pertama kali oleh customer service pada saat Anda ingin membuka rekening tabungan baru.

Biasanya minimal saldo Mandiri ini juga yang dijadikan setoran awal ketika pembukaan rekening berlangsung. Nantinya walaupun Anda ingin menarik uang dari rekening di bank langsung atau ATM, saldo ini tidak akan bisa keluar.

Jadi dengan kata lain saldo ATM Mandiri 0 rupiah tidak akan bisa terjadi karena ada minimal saldo endapan yang menjadi peraturan utama. Anda tidak bisa menarik maupun mentransfer minimal saldo ini yang fungsinya adalah untuk menjaga keaktifan dari nasabah.

Minimal Saldo Mandiri Sesuai Jenis Tabungan

Tidak semua bank menetapkan minimal saldo yang sama, termasuk Mandiri. Bank Mandiri sendiri memiliki banyak jenis tabungan yang jumlah minimal saldo mengendap ini berbeda-beda.

Saat Anda akan membuka tabungan selalu tanyakan berapa jumlah saldo mengendap ini jika belum diterangkan. Mengetahui minimal saldo ini juga memudahkan Anda untuk memilih jenis rekening yang tepat.

See also CVV : Pengertian, Fungsi dan Perbedaannya dengan CVC

Berikut ini beberapa rekening di bank Mandiri lengkap dengan informasi minimal saldonya.

  • Mandiri TabunganKu

Tabungan yang satu ini merupakan salah satu program pemerintah untuk mendukung masyarakat gemar menabung. Program TabunganKu sendiri tidak hanya diselenggarakan di Mandiri tapi juga bank lainnya.

Mandiri TabunganKu memiliki minimal saldo yang paling rendah yaitu Rp20.000. Bahkan minimal saldo ini juga bisa dijadikan setoran awal pembukaan tabungan. Anda bisa menyetor ke rekening minimal Rp10.000 dengan penarikan tunai minimal di bank adalah Rp100.000.

Anda yang membuka Mandiri TabunganKu akan mendapatkan kartu ATM sehingga bisa melakukan penarikan di ATM. Tidak ada biaya administrasi bulanan, penggantian buku karena rusak begitu juga dengan ATM.

  • Tabungan Simpanan Pelajar

Bagi para pelajar yang ingin memiliki rekening atau tabungan di Mandiri bisa membuat Tabungan Simpanan Pelajar (SimPel). Tabungan ini hanya akan diterbitkan untuk semua pelajar di Indonesia.

Tabungan SimPel juga memiliki minimal saldo paling rendah yaitu Rp5.000 yang juga dimanfaatkan sebagai setoran awal. Setoran selanjutnya bahkan lebih rendah lagi yaitu Rp1.000 saja. Tidak ada bunga serta admin untuk tabungan ini dan penggantian buku juga gratis.

Anda juga akan mendapatkan kartu ATM yang memudahkan nasabah untuk transaksi lewat mesin ATM. Setoran tunai juga bisa dilakukan di mesin ATM Mandiri yang tersedia.

  • Tabungan Rupiah

Salah satu jeni tabungan dari bank Mandiri yang banyak dipilih. Setoran awal untuk pembukaan rekening adalah Rp500.000 dengan minimal saldo Mandiri sebesar Rp100.000. Setelah membuka rekening Anda bisa mengakses kartu ATM, internet banking dan juga Livin Mandiri.

Selama memiliki rekening ada beberapa biaya yang harus diperhatikan, seperti penggantian buku tabungan dan ATM rusak Rp15.000. Ada juga penalti jika saldo pasif atau minimum Rp5.000. Jadi sebaiknya Anda rajin menabung agar tidak terkena penalti.

  • Tabungan Now

Salah satu tabungan dari Mandiri yang pembukaannya tidak harus dilakukan di kantor cabang. Anda bisa membuatnya melalui aplikasi Livin Mandiri saja. Prosesnya yang mudah ini dapat menghemat waktu untuk membuka rekening kapan saja.

See also ShopeePay: Cara Menggunakan, Fitur dan Cara Isi Saldo

Setoran awal yang dibutuhkan untuk membuka tabungan adalah Rp50.000 dan saldo Minimal adalah Rp10.000, jauh lebih rendah dari TabunganKu. Hanya saja tabungan ini akan dikenakan biaya admin sebesar Rp2.500 per bulannya namun tidak ada penalti saldo minimum.

  • Mandiri Tabungan Payroll

Tabungan yang disediakan untuk para karyawan mendapatkan gaji dari perusahaan. Biasanya perusahaan yang akan membuka tabungan ini sehingga karyawan bisa mendapatkan gaji mereka.

Ada beberapa ketentuan dari rekening ini seperti setoran awal yang diperlukan adalah Rp10.000. Biaya administrasinya Rp2.500 per bulan dan saldo minimal adalah Rp10.000. Ada penalti saldo minimal yaitu Rp5.000. Ditambah jika buku hilang nasabah perlu mengganti Rp15.000.

  • Tabungan TKI

Mandiri juga memiliki tabungan yang dikhususkan bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bentuknya mata uang rupiah. Setoran awal yang dibutuhkan adalah Rp10.000 dengan minimal saldo Mandiri juga sama.

Menariknya biaya administrasi hanya akan dibebankan pada tahun kedua sebesar Rp2.500 per bulannya. Ketentuan biaya lain juga masih sama, jika buku hilang maka akan dikenakan Rp15.000 sedangkan pemindahbukuan hanya Rp5.000.

  • Tabungan SiMakmur

Keunikan dari tabungan ini adalah dibuka melalui agen branchless banking atau Mandiri agen. Apabila Anda mengenal orang terdekat yang merupakan agen Mandiri, maka pembukaan rekening bisa dilakukan.

Tidak ada nominal setoran awal yang dibutuhkan begitu juga setoran selanjutnya. Tidak ada pula minimal saldo yang harus dipenuhi, hanya saja terdapat maksimal saldo yaitu Rp20.000.000. Ada juga pembatasan transaksi debet pada rekening sebanyak Rp5.000.000 per bulannya secara kumulatif.

Mengecek informasi ini, maka apabila ada pertanyaan jika saldo ATM Mandiri 100 ribu apa bisa diambil, maka jawabannya tentu saja bisa. Anda bisa mengambilnya kecuali menggunakan rekening Tabungan Rupiah yang minimal saldonya adalah Rp100.000.

See also Cara Tarik Tunai GoPay di ATM BCA, BNI, BRI, Mandiri dan Minimarket

Sekarang tidak bingung lagi bukan soal berapa minimal saldo Mandiri yang harus Anda miliki agar rekening selalu aktif. Apalagi jika Anda sudah menabung sejak lama, bisa jadi inilah saat yang tepat untuk membeli mobil.

asuransi mobil

Sambil memilih mobil yang menarik untuk dibeli, jangan lupa cari tahu juga soal asuransi mobil yang tepat. Anda bisa mengecek dan membandingkan beberapa asuransi sekaligus melalui Cekpremi. Melalui Cekpremi Anda akan tahu mana asuransi mobil yang paling sesuai kebutuhan.

Sumber:

Dunia Fintech

Bank Mandiri

Kompas

Personal Finance

Kumparan