Minyak Pinus, Manfaat bagi Kesehatan

minyak pinus

Minyak pinus mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan. Minyak pinus merupakan minyak yang terbuat dari pohon pinus dengan aroma yang cukup kuat.

Minyak pinus juga sering disebut pine oil. Minyak ini sering digunakan untuk keperluan kesehatan sehari-hari dan keperluan lainnya.

Di tengah merebaknya virus korona, minyak yang satu ini dijadikan bahan disinfektan alami dengan khasiat yang terbilang cukup ampuh.

Pine oil merupakan minyak esensial yang memiliki warna jernih kekuningan dan aroma yang segar. Kamu perlu membedakan antara pine oil dengan minyak kacang pinus yang termasuk dalam kelompok minyak sayur untuk memasak.

Pine oil dibuat dari ekstrak daun pinus dengan metode destilasi uap. Sedangkan bahan baku minyak kacang pinus adalah biji pohon pinus.

Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat pine oil bagi kesehatan, berikut ini penjelasannya. Baca sampai habis ya.

Manfaat Minyak Pinus bagi Kesehatan

Pine oil mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Mungkin kamu masih belum tahu banyak mengenai manfaat minyak yang satu ini.

Berikut ini manfaat pine oil bagi kesehatan yang penting untuk kamu ketahui.

  • Merawat Kesehatan Kulit

Minyak yang dikenal dengan pine oil ini bisa digunakan untuk perawatan kulit dan kecantikan. Beberapa penyakit kulit seperti, gatal-gatal, eksim dan bisul bisa diatasi oleh minyak yang satu ini.

Penggunaannya pun cukup mudah, kamu cukup mengoleskannya di bagian tubuh yang kamu inginkan.

Selain itu, masalah di bagian kulit kepala seperti, ketombe dan rambut kering bisa kamu atasi dengan minyak ini.

  • Sebagai Aromaterapi

Minyak yang satu ini juga bisa digunakan sebagai aromaterapi. Selain aroma khasnya yang segar, juga cukup menenangkan.

Dengan dicampur lemon oil, minyak dengan beragam khasiat ini bisa digunakan sebagai sarana untuk bermeditasi dan mencari ketenangan. Manfaat dari campuran minyak ini bisa digunakan sebagai penurun stres dan penghilang kecemasan.

Selain itu, minyak yang juga dikenal dengan pine oil ini bisa untuk mencegah infeksi saluran pernapasan. Pasalnya, di dalam pine oil terdapat kandungan anti bakteri yang kuat.

  • Sebagai Disinfektan Alami

Pine oil bisa kamu gunakan sebagai disinfektan alami karena cukup efektif dalam membasmi kuman dan bakteri. Selain itu, pine oil juga bisa untuk membasmi bakteri penyebab jamur dan bau.

Dengan sifat antiseptic ringan ini, pine oil efektif digunakan sebagai desinfektan.

  • Membantu Meredakan Bengkak

Minyak yang terbuat dari ekstrak pohon pinus ini juga efektif untuk meredakan pembengkakan atau peradangan pada tubuh. Terlebih lagi untuk meredakan bengkak, nyeri dan juga ketidaknyamanan sendi-sendi pada tubuh.

Penggunaannya, minyak bisa langsung dioleskan pada bagian tubuh yang bengkak atau nyeri. Kamu bisa menemui minyak ini sering digunakan untuk pijat.

  • Mengatasi Sakit Kepala

Manfaat yang selanjutnya, minyak ini bisa digunakan untuk meredakan sakit kepala. Dengan minyak ini, kamu juga bisa menghilangkan stres dan cemas berlebihan.

Untuk mengatasi sakit kepala, cukup oleskan minyak di pelipis.

  • Antioksidan Ampuh

Manfaat yang selanjutnya adalah sebagai antioksidan. Minyak ini merupakan antioksidan alami yang bisa digunakan untuk memperlambat rusaknya sel-sel dalam tubuh akibat radikal bebas.

Selain itu, pine oil juga bermanfaat untuk memperlambat penuaan. Sebagai antioksidan yang ampuh, minyak ini bisa membantu mencegah terjadinya penyakit mata dan gangguan sistem saraf.

  • Ekspektoran yang Ampuh

Minyak yang satu ini mempunyai manfaat untuk mengencerkan dahak. Selain itu, pine oil sebagai ekspektoran juga mampu mencairkan lendir yang ada di dalam tubuh kemudian mengeluarkannya.

Dengan khasiat tersebut, pine oil mampu mengurangi infeksi sinus. Manfaatnya yang lain adalah bisa untuk mengatasi kesulitan nafas, mata berair dan penyakit flu. Minyak ini juga bermanfaat untuk melawan alergi.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, pine oil juga bermanfaat untuk keperluan sehari-hari seperti, perawatan perabot-perabot kayu dan keperluan bahan pembersih rumah tangga.

Ternyata, pine oil juga bisa digunakan untuk perawatan furniture kayu. Di dalam pine oil terdapat kandungan anti mikrobakterial yang berperan sebagai pencegah munculnya jamur dan organisme perusak kayu.

Selain itu, pine oil juga bisa digunakan untuk bahan pembersih perabotan rumah tangga. Minyak ini bisa digunakan untuk membersihkan kerak pada wajan dan panci.

Kamu juga bisa menggunakannya untuk membersihkan kaca, karpet, kamar mandi dan keramik. Untuk penggunaannya, kamu bisa mencampur pine oil dengan baking soda dan dibuat pasta. Kamu juga bisa juga mencampurnya dengan cuka putih.

Nah, demikian tadi informasi mengenai manfaat minyak pinus bagi kesehatan. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari minyak yang satu ini.

Kamu bisa mengoptimalkan perlindungan kesehatan dengan menggunakan asuransi kesehatan. Asuransi ini bisa mengcover biaya medis jika sewaktu-waktu kamu menderita sakit.

Kamu bisa menemukan asuransi kesehatan terbaik di cekpremi. Yuk segera kunjungi cekpremi dan temukan asuransi kesehatan yang sesuai kebutuhanmu.

Pertanyaan Seputar Minyak Pinus

Pine oil mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Jika masih ada pertanyaan yang terbersit mengenai minyak pinus, berikut ini contoh pertanyaan yang biasanya diajukan.

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Aroma pine seperti apa?” answer-0=”Pine oil dengan warnanya yang jernih kekuningan ini mempunyai aroma segar dan balsamic. Dengan aroma khasnya ini, pine oil bisa bermanfaat sebagai aromaterapi. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apa manfaat pine oil?” answer-1=”Pine oil mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Minyak yang terbuat dari ekstrak daun pinus ini bisa bermanfaat untuk merawat kulit. Penyakit kulit seperti, eksim, gatal, bisul, jerawat dan kaki atlet bisa diatasi minyak ini. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]