Mengenal Mobil Hybrid, Gabungan Teknologi Mesin dan Listrik

mobil hybrid

Saat ini, mobil dengan bahan bakar bensin bukan satu-satunya jenis mobil yang ada. Sudah banyak pula pilihan mobil listrik yang bisa jadi alternatif. Bahkan mobil yang bisa dijalankan dengan dua bahan bakar yaitu bensin dan listrik juga sudah tersedia. Itulah yang disebut dengan istilah mobil hybrid.

Mobil hybrid yang menggabungkan dua jenis bahan bakar tentu berbeda dengan mobil yang hanya bisa dijalankan dengan satu jenis bahan bakar. Perbedaannya dapat dilihat dari komponen yang membentuknya dan cara kerjanya. Mobil jenis ini juga memiliki sederet kelebihan yang tidak ada di mobil biasa.

Apa itu Mobil Hybrid?

Mobil hybrid adalah mobil yang memiliki dua mesin penggerak, yaitu mesin yang digerakkan oleh bahan bakar minyak dan mesin yang ditenagai oleh baterai listrik. Dengan adanya dua sistem penggerak itu, motor jenis ini justru bisa menghasilkan efisiensi bahan bakar. Jadi mobil ini sangat mendukung gaya hidup hemat dan aman bagi lingkungan.

Dalam Journal of Automotive Technology Vocational Education Vol. 02, No. 1, April 2021 Universitas Negeri Medan, dijelaskan bahwadisebut juga dengan istilah kendaraan listrik hibrida (KLH) atau hybrid electric vehicle (HEV).

Jenis Mobil Hybrida

Masih dari Journal of Automotive Technology Vocational Education Vol. 02, disebutkan bahwa ada beberapa jenis mobil hybrid. Ketiga jenis tersebut dibedakan berdasarkan cara kerjanya. Inilah tiga jenis mobil hybrid.

1. Sistem Hybrid Seri

Mobil dengan sistem hybrid seri menggunakan satu mesin utama sebagai sumber daya penggeraknya. Misalnya sebuah mobil memiliki mesin pembakaran internal atau yang berbahan bakar minyak. Sementara sumber penggerak dari listrik hanya membantu memberikan daya di saat tertentu, seperti ketika memberikan akselerasi.

2. Sistem Hybrid Paralel

Pada sistem hybrid paralel, tenaga penggerak mobil bisa berasal dari keduanya, yaitu mesin pembakaran internal dan motor listrik. Kedua tenaga bergerak itu dapat bekerja bersama-sama. Di situasi tertentu, keduanya juga mungkin akan berfungsi sendiri-sendiri. Jadi keduanya memiliki porsi peran yang sama.

3. Sistem Hybrid Seri-Paralel

Sistem ini bekerja dengan menggabungkan antara motor listrik dan mesin bensin dalam menggerakkan roda mobil. Motor listrik menggerakkan roda mobil dengan mengandalkan listrik yang dihasilkan dari baterai hybrid maupun mesin bensin. Sistem ini juga dapat mengontrol sumber daya ganda sehingga energi dapat dihemat sebagai lebih optimal.

Cara Kerja Mobil Hybrid

Tren mobil hybrid memang mulai banyak diperbincangkan sejak beberapa tahun terakhir. Namun ternyata teknologi ini bukan penemuan baru. Sejak 1902, Ferdinand Porsche sudah menciptakan mobil hybrid pertama yang diberi nama ‘Mixte’. Mobil tersebut memiliki dua mesin yang dapat menyimpan energi di dalam baterai.

Tahun 1997 menjadi awal produksi mobil hybrid secara komersial yang pertama kali dilakukan oleh salah satu produsen terkemuka. Mobil tersebut diluncurkan di Jepang yang kemudian menjadikannya semakin dikenal hingga saat ini. Penasaran bagaimana cara kerja mobil jenis ini? Berikut penjelasannya.

1. Saat Menghidupkan Mesin

Saat mulai menghidupkan mesin atau tahap starting namun baterai dalam kondisi kosong, mesin generator akan mengubah energi dari mesin bensin menjadi energi listrik untuk mengisi baterai.

2. Saat Kecepatan Rendah

Ketika mobil dalam kecepatan rendah, motor listrik akan memberikan tenaga untuk menggerakkan mobil dari data listrik yang diambil dari baterai. Kemudian saat mobil berakselerasi, mesin bensin bekerja untuk memberikan tenaga bantuan.

3. Saat Kecepatan Jelajah

Kecepatan jelajah (cruising) adalah saat mobil melaju dengan kecepatan sekitar 60 hingga 80 kilometer per jam. Pada kecepatan ini, mesin bensin akan mengambil alih sepenuhnya fungsi tenaga penggerak mobil. Lalu saat baterai kekurangan daya, energi yang dihasilkan dari bensin akan diubah oleh generator untuk mengisi ulang baterai.

4. Kecepatan saat Menyalip

Sistem mobil hybrid juga punya cara tersendiri yang bekerja saat menyalip. Ketika mobil akan menyalip kendaraan lain, maka diperlukan tenaga untuk akselerasi yang tinggi. Agar dapat mencapai akselerasi dengan cepat, maka tenaga dari mesin bensin dan motor listrik digunakan secara bersamaan.

5. Kecepatan saat Mobil Berhenti Sementara

Saat berhenti sementara seperti ketika di lampu lalu lintas, sistem hybrid akan mematikan mesin bensin. Ketika mobil berhenti, peralatan elektronik seperti AC dan audio menggunakan energi dari listrik. Sehingga konsumsi bahan bakar jadi lebih hemat. Saat pedal gas kembali diinjak, motor listrik akan kembali menghidupkan mesin bensin.

Kelebihan Mobil Hybrid

Bukan tanpa alasan mengapa banyak produsen berlomba-lomba mengeluarkan mobil hybrid. Hal itu tentu dikarenakan ada banyak kelebihan yang dimiliki mobil ini dan tidak ada di mobil biasa. Agar semakin tahu tentang mobil hybrid, simak kelebihan-kelebihannya berikut ini:

1. Lebih Ramah Lingkungan

Tenaga listrik yang menjadi sumber daya,terbukti mampu mengurangi gas beracun yang terkandung dalam emisi gas buang. Ini akan berdampak pada lingkungan yang menjadi lebih bersih dan bebas polusi. Karena alasan itulah, mobil hybrid disebut juga sebagai mobil ramah lingkungan.

2. Bebas Suara Bising

Saat menaiki, tidak akan lagi terdengar suara bising dari mesin. Bahkan ketika terjadi peralihan dari motor listrik ke tenaga mesin bensin, tidak akan terdengar suara apapun karena peralihan itu terjadi dengan begitu halus.

3. Minim Getaran

Selain suara bising, mesin dengan bahan bakar juga identik dengan getaran saat mobil dihidupkan dan berjalan. Hal itu tidak akan lagi ditemui pada mobil hybrid sebab mobil ini minim getaran. Bahkan saat berhenti lama di lampu lalu lintas, mobil akan terasa lebih nyaman dikendarai.

4. Hemat Bahan Bakar

Kelebihanyang satu ini menjadi solusi atas permasalahan harga bahan bakar minyak yang semakin lama semakin mahal. Dengan menggunakan mobil ini, tentu konsumsi bahan bakar bisa ditekan serendah mungkin yang kemudian akan berdampak pada pengeluaran yang bisa lebih dihemat.

Kesimpulannya, merupakan mobil dengan dua teknologi tenaga penggerak. Tidak hanya dari baterai yang terisi listrik, mobil ini juga menggunakan bahan bakar. Mobil ini juga punya banyak kelebihan dibanding mobil mesin bensin.

Jika Anda memutuskan beralih menggunakan mobil hybrid, jangan lupa untuk melengkapi kendaraan Anda dengan asuransi mobil. Pilih asuransi yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan. Dapatkan informasinya di cekpremi.com.