Otomotif

Mobil Hybrid Si Mobil Ramah Lingkungan

Mobil hybrid sedang ramai di kalangan masyarakat yang suka berkendara karena memiliki manfaat yang cukup besar pada peran lingkungan,

Mobil hybrid merupakan mobil yang memiliki dua mesin penggerak yaitu mesin bensin konvensional dan motor listrik. Penggunaan mesin bensin pada konvensional dan motor listrik menghasilkan efisiensi bahan bakar yang tinggi pada kendaraan yang dimiliki.

Kini sudah banyak mobil hybrid yang dijual di pasaran Indonesia, kira-kira apa saja ya?

  1. Toyota Corolla Cross 1.8 AT Hybrid 1.304 unit
  2. BMW i3 S A/T 2 unit
  3. Toyota Century Hybrid 5.0 A/T 1 unit
  4. Nissan Kicks e-Power 592 unit
  5. Toyota All New Corolla Altis 1.8 Hybrid 94 unit
  6. Lexus ES 300h (ES 300h dan 300h Ultra Luxury) 44 unit
  7. Toyota All New Camry 2.5 Hybrid Mi 279 unit
  8. Toyota C-HR 1.8 A/T Hybrid 157 unit
  9. Outlander PHEV 35 unit

Ketika kamu ingin membeli suatu barang baru terutama mobil  dua mesin yang lagi banyak orang pakai di zaman sekarang, kamu juga perlu mengetahui fakta menarik penggunaan mobil terkini yang bisa menarik perhatian kamu!

  1. Memiliki Dua Sumber Daya

Fakta menarik dari mobil ini merupakan kendaraan yang menggunakan dua jenis teknologi  sebagai sumber tenaganya. Biasanya kita menjumpai mobil yang menggunakan bahan bakarnya bensin, sedangkan mobil hibrid memiliki satu sumber mesin lain yaitu baterai sebagai sumber tenaganya. 

Memang sumber tenaga dari baterai ini tidak menjadi sumber tenaga utama mobil hibrid. Bensin akan tetap dijadikan sumber daya utama, lalu mesin baterai akan digunakan sebagai salah satu sumber energi cadangan.

  1. Bukanlah Penemuan Terbaru

Nyatanya, ternyata mobil dual mesin ini sudah ada dari tahun 1902, lohh. Jika kamu baru mengetahui mobil hybrid  di era sekarang, sejak tahun 1902, Ferdinand Porsche menciptakan mobil bermesin dual ini bernama  ‘Mixte’.  Mobil seperti ini pertama ini memiliki dua mesin dengan tenaga listrik yang dirancang untuk menyimpan energi dalam baterai yang dimiliki mobil. 

Mobil semacam ini mulai banyak dipakai karena menjadi  solusi ramah lingkungan. Barulah pada tahun 1997, mobil ini  dikomersilkan dan diluncurkan pertama kali di Jepang.

  1. Alternatif Kendaraan yang Baik

Mobil yang memiliki sumber cadangan lain seperti mobil hibrid, kini telah menjadi alternatif kendaraan lain jika dibandingkan dengan kendaraan konvensional lainnya.

Selain dapat menghemat bensin lebih lama, mobil ini juga memiliki efisiensi bensin dua kali lipat daripada mobil konvensional. Sehingga kamu bisa menghemat biaya juga.

 

Manfaat Mobil Hybrid 

  1. Bahan Bakar Lebih Irit

Kebutuhan pemakaian mobil mungkin bisa membuat kamu menjadi boros. Jika kamu mulai menggunakan mobil hibrid, kamu bisa lebih irit dalam penggunaan bahan bakar bensin. 

Mesin mobil tidak akan hidup secara terus menerus, meskipun kamu masih mengendarai mobil tersebut.

Ketika mesin mobil dinyalakan, bahan bakar utama yaitu bensin sama sekali tidak hidup. Nantinya mobil tersebut akan secara otomatis menyala dengan sistem kelistrikan mobil ini yang ditenagai oleh baterai,.

Ketika kendaraan hibrid yang kamu miliki dikendarai dalam kecepatan rendah, maka tenaganya juga akan didukung oleh baterai yang terdapat di dalamnya.

Nah, karena itulah penggunaanya bisa lebih irit dari mobil konvensional biasa.

  1. Emisi Lebih Rendah

Mobil yang kini beredar di pasaran dilengkapi dengan teknologi yang dapat mengurangi zat beracun. Mobil ini juga didukung oleh motor listrik yang bisa mengurangi beban pada mesin bensin ketika kamu sedang berkendara.

  1. Suara Mesin Lebih Halus

Mesin pada mobil jenis ini memiliki suara mobil yang lebih halus dan minimnya getaran ketika sedang dikendarai.

Saat mobil tersebut dikendarai dan berada dalam posisi macet, mobil hibrid  akan menggunakan mesin listriknya. Hal ini membuat kendaraan seperti ini akan sangat minim getaran atau bahkan tanpa suara sama sekali.

 

Cara Kerja Mobil Hybrid 

Cara kerja mobil ini tidak jauh berbeda dengan mobil konvensional lainnya. Cara kerja mobil hybrid yaitu, saat menghidupkan mesin maka daya yang diambil untuk menghidupkan komponen elektronik di dalam mobil berasal dari baterai. 

Kemudian, saat menggunakan kecepatan rendah, sumber penggerak utama berasal dari motor listrik yang berasal dari baterai. 

Saat dalam kecepatan jelajah, akselerasi yang sudah meninggi akan secara otomatis menyalakan mesin bensin. Mesin bensin dan motor listrik akan bekerja bersamaan untuk menggerakkan mobil.

Jika kamu ingin mendahului, mesin bensin dan motor listrik secara bersamaan akan memberikan daya pada mobil tersebut.  Lainnya, saat kamu melakukan pengereman motor listrik menggunakan baterai untuk mendapatkan daya. 

Nah, saat mobil yang kamu kendarai baterainya habis, putaran motor listrik akan dibalik dan akan menghasilkan listrik yang disimpan di dalam baterai. Hal ini juga dilakukan agar aki mobil tetap aman.

Kendaraan  yang memiliki dua mesin penggerak ini  juga terkenal dengan kata “otomatis”. Mesin full hybrid akan mati secara otomatis ketika berhenti. 

Itu tadi penjelasan mengenai mobil hybrid. Sebelum kamu memikirkan ingin membeli mobil yang cocok denganmu, jangan lupakan perlindungan terbaik kepada kendaraan yang kamu miliki.

Asuransi mobil menjadi salah satu jenis perlindungan yang bisa kamu gunakan untuk melindungi kendaraan termasuk mobil hybrid ini. Untuk itu, kamu bisa cek langsung ke laman Cekpremi untuk mengetahui rekomendasi asuransi mobil terbaik untuk kendaraanmu!

Pertanyaan seputar Asuransi Mobil

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa yang dimaksud dengan asuransi mobil?” answer-0=”Dilansir dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi kendaraan atau asuransi mobil merupakan pemberian manfaat dari perusahaan asuransi berupa ganti rugi atas kerugian dan atau kerusakan pada kendaraan bermotor. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apa saja manfaat asuransi mobil?” answer-1=”Saat kamu mengalami kejadian yang mengharuskan asuransi mobil dibutuhkan, manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengikuti asuransi mobil yaitu membantu proteksi kendaraan, mengurangi kerugian, investasi kendaraan, dan lain-lain.” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]

Meitha Kurniawati

Recent Posts

Rating NCAP adalah Awal Mula dan Manfaat dari Uji NCAP

Banyak yang belum mengenal apa itu rating New Car Assessment Program (NCAP) di Indonesia. Dengan…

July 2, 2024

5 Makanan Sehat Ini Bisa Cegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah suatu keadaan dimana kualitas serta kepadatan tulang kamu berkurang dengan sangat cepat. Penyakit…

July 2, 2024

Yuk Intip 5 Tips Susun Portofolio Investasi Pasca Kuliah

Setelah lulus kuliah, Anda perlu mulai memikirkan bagaimana agar kondisi finansial Anda semakin baik dari…

July 2, 2024

Bocoran Merek Mobil yang Akan Launching di GIIAS 2024

Sebagai pecinta otomotif, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan pameran GIIAS. Melalui ajang ini,…

July 2, 2024

10 Manfaat Membacakan Dongeng Kepada Anak

Masih ingat kisah tentang Si Kancil, atau cerita tentang bawa merah bawang putih? Atau apa…

June 28, 2024

Mobil Listrik Ramah Lingkungan tapi Menguras Kantong, Benarkah?

Anda ingin beralih ke mobil listrik ramah lingkungan? Merasa khawatir kalau biaya maintenance-nya menguras kantong?…

June 26, 2024