Categories: Uncategorized

8 Tips agar Mobil Klasik Anda Makin Antik dan Terawat

Anda mengoleksi mobil klasik? Jangan sampai mobil kesayangan Anda kusam dan rusak karena karat. Pastikan perawatan mobil dilakukan dengan rutin sehingga tampilan mobil tetap antik. 

Berbeda dengan mobil baru di mana perawatannya Anda lakukan di bengkel resmi. Mobil lama membutuhkan perawatan ekstra baik dari segi body dan juga mesinnya. Jika Anda ingin mobil tetap aman dan nyaman digunakan dengan penampilan yang tetap antik, cek bagaimana perawatannya yang benar. 

8 Tips Perawatan Mobil Klasik agar Makin Antik

Kerusakan yang terjadi pada mobil lama tidak mudah untuk diperbaiki. Anda harus siap menunggu perbaikan dalam waktu yang lama karena mungkin saja suku cadang yang dibutuhkan sulit diperoleh. 

Demi menghindari kerusakan sehingga membuat Anda menghabiskan waktu dan banyak uang untuk perbaikan, lebih baik merawatnya dengan rutin. Perawatan akan membantu performa mobil sehingga tidak sering harus diperbaiki. 

Mengingat harga mobil klasik yang mahal, Anda harus merawat dengan tepat. Cek apa saja tips yang dapat membantu Anda berikut:

Parkir Mobil di Tempat yang Aman

Di manakah Anda memarkir kendaraan baik di rumah atau saat bepergian? Anda harus mencari tempat yang aman. Jika memarkirnya di rumah pastikan berada di dalam garasi yang tertutup, kering dan juga aman. Ruangan ini akan menghindarkan body mobil terlalu lama terkena sinar matahari yang bisa merusak cat. 

Selain itu ruangan yang bersih juga menghindarkan mobil mendapatkan debu dan kotoran yang menumpuk. Saat bepergian Anda juga sebaiknya pilih tempat parkir yang teduh serta kering. Hal ini akan melindungi tampilan cat mobil dari warna kusam atau memudar. 

Rutin Membersihkan Mobil

Sumber: https://elements.envato.com/american-classic-car-PUZ9MHT

Bukan hanya tempat parkir, mobil klasik juga harus rutin untuk dibersihkan. Baik itu mobil yang jarang atau sering digunakan sudah pasti akan memiliki debu di bagian eksterior dan interiornya. Debu dan kotoran inilah yang akan menimbulkan karat atau warna kusam pada jok atau kerusakan lainnya. 

Anda bisa membersihkan mobil secara rutin seperti seminggu atau satu bulan sekali. Saat membersihkan Anda sebaiknya menyiram dengan air bersih pada bagian body dan segera mengeringkannya. Bagian kaca dan velg sebaiknya dibersihkan dengan cairan khusus. 

Jangan Lupa Ganti Oli Mesin

Anda mungkin meremehkan penggantian oli mesin pada mobil baru, namun hal ini tidak boleh terjadi pada mobil tua. Oli mesin sebaiknya diganti per 2.500 km, tujuannya adalah supaya mesin bekerja lebih ringan dan tidak mudah berkarat. 

Pilihlah oli yang memiliki tingkat kekentalan sesuai sehingga bisa melindungi mesin dengan baik. Bahkan jika mobil jarang digunakan, penggantian ini tetap diperlukan. 

Mengecek Kabel Mobil

Pengecekan tidak hanya dilakukan pada bagian body atau kabin tetapi juga bagian kabel. Kabel mobil tua adalah bagian pertama yang paling sering rusak. Hal ini bisa membuat sistem kelistrikan terganggu dan menimbulkan korsleting. 

Menghindari kerusakan, Anda bisa mengecek kabel mobil ini dua atau tiga bulan sekali. Apakah terdapat kabel yang menempel satu sama lain atau bahkan putus akibat getaran karena penggunaan mobil di jalan yang tidak rata. 

Mengecek dan Membersihkan Kaki-Kaki Mobil

Salah satu permasalahan yang kerap terjadi pada mobil klasik adalah bagian kaki-kakinya. Bagian ini biasanya lebih mudah berkarat karena genangan air atau kelembaban yang membuat besi mudah korosi. Pada bagian ban Anda bisa mengecek tekanan angin dan apakah permukaannya masih layak digunakan. 

Cek juga bagian velg apakah sudah muncul karat atau belum. Apabila Anda ragu, melepaskan ban ketika mobil tidak sedang digunakan adalah langkah yang tepat. Anda bisa membersihkan karat yang muncul sesegera mungkin. 

Membersihkan Kabin dengan Cairan Pembersih Khusus

Kerusakan interior mobil klasik kerap terjadi pada bagian dashboard yang mulai kusam, jok berlubang atau semakin tipis bahan pelapisnya hingga karpet dasar sobek. Anda bisa membersihkan bagian interior ini dengan cairan pembersih khusus yang aman.

Biasanya bagian jok, dashboard hingga pelapis stir masih menggunakan kulit asli. Anda bisa memilih bahan poles dari bahan beeswax yang aman untuk lapisan tersebut. Hindari menggunakan cairan pembersih seperti klorin yang justru bisa membuat interior semakin rusak. 

Mengecek Kinerja Mesin Pendingin

Beberapa mobil klasik Indonesia seperti Mercedes Benz 280E atau Toyota Corolla DX sudah menggunakan sistem pendingin atau AC. Anda yang memilikinya harus rutin mengecek kinerja sistem pendingin tersebut. 

Kebocoran sering terjadi pada mobil tua karena pipa yang berkarat sehingga AC kerap meneteskan air. Hal ini bisa membuat AC menjadi tidak dingin. Anda bisa mengecek tidak terdapat kebocoran, jika muncul sebaiknya segera perbaiki ke tukang AC khusus mobil lama. Isi ulang pula freon AC sehingga kinerjanya tetap maksimal. 

Rutin Mengganti Busi

Sama seperti mobil baru, busi yang menjadi bagian penting dalam sistem perapian mesin harus rutin diganti. Normalnya busi diganti setiap 6.000 km sekali, namun biasanya mobil tua membutuhkan waktu yang lebih sering. 

Selain itu Anda juga harus memastikan bagian kabel busi bekerja secara efisien. Ketika terjadi korsleting biasanya kabel busi yang pertama kali akan rusak. Anda bisa mengecek kabel busi ini setiap dua sampai tiga bulan sekali. Apabila rusak jangan menunda untuk menggantinya. 

Selama menggunakan mobil klasik Anda juga wajib menggunakan bahan bakar berkualitas. Pemilihan bahan bakar akan berdampak pada endapan yang muncul di ruang bakar. Semakin tinggi oktannya maka akan meminimalisir endapan sehingga ruang bakar berfungsi secara efektif. 

Hampir semua mobil klasik mahal, nilainya pun akan meningkat jika Anda melakukan perawatan dengan lebih baik. Apabila diperhatikan, perawatannya memang tidak jauh berbeda dengan mobil baru. Hanya saja Anda harus lebih rutin dalam menjadwalkan pengecekan mesin, kelistrikan hingga pembersihannya. 

Bagi Anda pemilik mobil tua atau baru, selain perawatan penting juga memperhatikan perlindungan untuk benda yang bernilai mahal ini. Anda perlu memiliki asuransi mobil yang akan melindungi diri Anda saat mengemudi hingga memudahkan perawatan. 

Pemilihan asuransi mobil harus dilakukan dengan teliti, Cekpremi dapat membantu Anda untuk menemukannya. Cukup sekali memasukkan data mobil di Cekpremi, Anda bisa memperoleh ragam informasi seputar produk asuransi yang tersedia di Indonesia. Ayo cek sekarang juga. 

Meitha Kurniawati

Recent Posts

Rating NCAP adalah Awal Mula dan Manfaat dari Uji NCAP

Banyak yang belum mengenal apa itu rating New Car Assessment Program (NCAP) di Indonesia. Dengan…

July 2, 2024

5 Makanan Sehat Ini Bisa Cegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah suatu keadaan dimana kualitas serta kepadatan tulang kamu berkurang dengan sangat cepat. Penyakit…

July 2, 2024

Yuk Intip 5 Tips Susun Portofolio Investasi Pasca Kuliah

Setelah lulus kuliah, Anda perlu mulai memikirkan bagaimana agar kondisi finansial Anda semakin baik dari…

July 2, 2024

Bocoran Merek Mobil yang Akan Launching di GIIAS 2024

Sebagai pecinta otomotif, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan pameran GIIAS. Melalui ajang ini,…

July 2, 2024

10 Manfaat Membacakan Dongeng Kepada Anak

Masih ingat kisah tentang Si Kancil, atau cerita tentang bawa merah bawang putih? Atau apa…

June 28, 2024

Mobil Listrik Ramah Lingkungan tapi Menguras Kantong, Benarkah?

Anda ingin beralih ke mobil listrik ramah lingkungan? Merasa khawatir kalau biaya maintenance-nya menguras kantong?…

June 26, 2024