6 Mobil Paling Aman di 2024 menurut Global NCAP Rating

mobil paling aman

Sebagai alat transportasi, mobil sudah pasti harus memenuhi standar keamanan. Mobil yang aman dikendarai bisa mencegah risiko kecelakaan yang tidak hanya merugikan pengemudi tapi juga pengguna jalan lain. Tentu lebih baik membeli mobil yang sudah ditetapkan sebagai mobil paling aman di 2014 untuk jaminan keselamatan yang lebih besar.

Predikat mobil yang aman berarti minim kerusakan saat terjadi kecelakaan. Predikat tersebut tentu tidak diberikan secara cuma-cuma pada mobil tertentu, melainkan melalui sebuah tes dan uji yang telah ditetapkan dengan standar internasional. Mari kenali lebih lanjut tentang tes uji keamanan mobil yang dilakukan lembaga terkait.

Mengenal Global NCAP

mobil paling aman

Guna mengetahui seberapa aman sebuah mobil yang baru diluncurkan, perlu dilakukan serangkaian tes uji tabrak oleh NCAP (New Car Assessment Program). Program ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dampak yang bisa terjadi pada pengemudi, penumpang, dan orang di sekitar ketika terjadi kecelakaan.

NCAP merupakan Lembaga yang punya andil dalam menguji layak atau tidaknya mobil baru yang akan dijual ke pembeli. Jadi NCAP akan mengecek mobil-mobil baru dan disamping itu lembaga ini punya target akan kesadaran konsumen akan keselamatan berkendara yang baik.

Calon pembeli mobil perlu melihat mobil yang akan dibeli mendapatkan rating berapa. Di Indonesia, standar keamanan mobil mengikuti pada acuan ASEAN NCAP sebagai cakupan wilayah Kawasan Asia Tenggara. Sementara Eropa akan mengikuti acuan EUROPE NCAP. Dengan banyaknya uji tabrak ASEAN NCAP ini, diharapkan mobil-mobil yang dijual layak dan konsumen bisa memilih dengan cermat.

Pengujian keamanan mobil oleh NCAP dilakukan dengan cara tes tabrak mobil (crash test) dari berbagai sisi. Dari pengujian tersebut akan dihasilkan data yang kemudian bisa disimpulkan apakah mobil tersebut mencapai standar keamanan atau tidak.

Selain Global NCAP, lembaga independen lain yang memiliki wewenang dalam mengadakan program uji tabrak mobil adalah Euro NCAP, ASEAN NCAP, Australasian NCAP (ANCAP), Japan NCAP. Bagi mobil yang dipasarkan di wilayah Indonesia, standar keselamatan dan keamanan mengacu pada pengujian crash test yang dilakukan oleh ASEAN NCAP.

Daftar Mobil Paling Aman di 2024 Menurut Global NCAP Rating

ASEAN NCAP yang merupakan organisasi non pemerintah yang bertugas menilai aspek keselamatan mobil-mobil baru yang diproduksi dan dipasarkan di kawasan Asia Tenggara. Organisasi tersebut juga menguji tabrak sejumlah mobil rakitan Indonesia serta mobil yang dipasarkan di Indonesia.

ASEAN NCAP diinisiasi oleh lembaga Malaysian Institute of Road Safety Research (MIROS) yang bekerja sama dengan Global New Car Assessment Program (Global NCAP). Lembaga ini diresmikan di New Delhi India pada tanggal 7 Desember 2011 pada sidang tahunan FIA (Fédération Internationale de l’Automobile). Inilah daftar mobil paling aman di 2024 menurut Global NCAP.

1. Toyota Corolla Cross

Toyota Corolla Cross berhasil memperoleh penilaian dari hasil pengujian ASEAN NCAP dengan skor 88,61, atau dengan kata lain meraih rate 5 bintang. Secara umum, mobil ini masuk dalam segmen SUV dengan kapasitas penumpang 6 orang.

Dengan mengusung platform TNGA, Toyota Corolla Cross yang dijual di Indonesia dibanderol mulai Rp460 juta hingga Rp510 juta. Spesifikasi SUV anyar besutan Toyota ini menggunakan mesin 2ZR-FE, 4-silinder segaris (Cylinder In-line), DOHC 16-Valve dengan CVT-i 7.

2. Isuzu MU-X

Mobil paling aman di 2024 lain yang mendapatkan rating 5 bintang pada pengujian ASEAN NCAP adalah Isuzu MU-X. Mobil dari segmen SUV ini berjaya pada pengujian tingkat keamanan dengan berbagai fitur dan kemampuan yang dapat memberikan perlindungan. Total skor yang diperoleh Isuzu MU-X mencapai 86,81.

Mobil seharga Rp459 juta hingga Rp520 juta ini memiliki kapasitas mesin diesel 2.499 cc dengan kode 4JK1-TC Hi-Power 4 silinder segaris (In-Line 4-Cylinder), dan mengusung teknologi DOHC.

3. Honda City

Mobil paling aman di 2024 di Indonesia berdasar hasil uji ASEAN NCAP berikutnya adalah Honda City. Pada kategori Small Family Car, Honda City masuk dalam segmen mobil sedan yang berhasil memperoleh skor 86,54 (5 bintang). Secara umum, sedan yang hadir di Indonesia dalam satu varian ini (E-CVT) dilego sekira Rp352 juta. Mobil ini menggunakan mesin dengan kode L15Z1 berkapasitas 1.497 cc yang menggunakan transmisi Automatic CVT Earth Dreams Technology.

4. MG ZS (Medium SUV)

Tak ada yang menyangka jika merek mobil yang belum lama masuk ke industri otomotif di Indonesia, yakni Morris Garage ini berhasil meraih predikat mobil paling aman di 2024 yang dijual di Indonesia.

Varian MG ZS berhasil memperoleh 5 bintang dengan skor keseluruhan yang mencapai 81. Dijual mulai harga Rp261 juta hingga Rp295 juta, MG ZS yang tersedia dalam 2 varian ini menggunakan mesin 15S4C DOHC 4silinder 16 -Valve VTi–TECH berkapasitas 1.498 cc.

5. BYD Dolphin

Memiliki dimensi kompak, mobil teraman dunia versi Dolphin memiliki level keamanan yang baik untuk penumpang dewasa hingga anak-anak. Dengan total skornya 340/400, mobil ini juga kuat untuk menahan potensi risiko fatal akibat benturan objek dari depan.

Strukturnya memang didesain untuk melindungi kaki pengguna yang duduk di seat depan. Lalu, sistem AEB pada mobil paling aman di 2024 ini memiliki reaksi positif terhadap para pergerakan objek di sekitar unit. Respon akan diberikan dengan mengunci pintu saat ada pergerakan objek di samping.

6. Mercedes EQE

Dengan model SUV mobil teraman, Mercedes EQE memiliki skor keamanan maksimal hingga 342/400. Aspek positif unit mobil ini terletak pada implementasi fitur EQE dan AEB. EQE yang dimilikinya memastikan unit aman dari berbagai obyek risiko. Aspek perlindungan anak juga maksimal dengan Airbag dan sensor pendeteksi anak.

Itulah daftar mobil paling aman di 2024 menurut NCAP di berbagai wilayah di dunia. Predikat sebagai mobil paling aman tersebut akan semakin menjamin keselamatan jika Anda juga memiliki asuransi mobil.

Dengan asuransi mobil, risiko kecelakaan dan kerusakan pada mobil bisa diperkecil sehingga pengemudi dan penumpang semakin aman. Kunjungi Cekpremi untuk mendapatkan informasi lengkap tentang asuransi paling tepat untuk mobil Anda.