Naik MRT Pakai Kartu Apa? Cek Syarat dan Cara Naiknya

naik mrt pakai kartu apa

Pertanyaan terkait naik MRT pakai kartu apa saja seringkali muncul di kolom pencarian internet. Hal tersebut terjadi sejak PT MRT Jakarta (PT Mass Rapid Transit Jakarta) diresmikan pada tanggal 17 Juni 2008.

Faktanya, pembangunan untuk MRT Jakarta sudah dirintis sejak lama pada tahun 1985 untuk memfasilitasi transportasi umum yang lebih efisien. Hal tersebut bertujuan untuk menekan angka kemacetan yang terjadi di ibukota Jakarta dengan adanya transportasi umum yang dapat digunakan oleh banyak orang.

Namun rencana tersebut baru mendapatkan persetujuan dari Presiden Republik Indonesia pada tahun 2005. Selain memberikan persetujuan, Presiden Republik Indonesia juga memberikan penegasan jika proyek MRT Jakarta merupakan salah satu proyek nasional.

MRT (Moda Raya Terpadu) Jakarta resmi beroperasi pertama kali pada tanggal 24 Maret tahun 2019. Transportasi umum yang satu ini merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh warga ibu kota karena kemudahannya untuk menjangkau beberapa tempat dengan lebih fleksibel.

Pada fase pertama, MRT Jakarta membentang sepanjang 16 kilometer. Jalur dari MRT Jakarta membentang mulai dari Bundaran Hotel Indonesia atau HI sampai dengan Lebak Bulus.

Letak MRT di sekitar kantor dan pusat perkotaan membuat membuat transportasi umum yang satu ini memiliki banyak peminat walaupun tergolong masih baru. Karena selain lebih efektif, tarif MRT dari Bundaran HI hanya sebesar Rp14.000 dengan waktu tempuh selama 30 menit.

Namun untuk lebih mudah, Anda perlu mengetahui informasi mengenai naik MRT pakai kartu apa sehingga bisa menggunakan transportasi umum tersebut. Berikut ini beberapa informasi mengenai cara naik MRT beserta naik MRT bayar pakai apa.

4 Cara Naik MRT Pakai Kartu yang Perlu Anda Ketahui

Naik MRT pakai kartu apa seringkali menjadi pertanyaan bagi warga yang belum pernah mencoba transportasi umum MRT Jakarta. Yuk, simak ulasan berikut ini untuk mengetahui apa saja kartu yang bisa digunakan untuk naik MRT pakai kartu KRL dan lain sebagainya.

1. Naik MRT Pakai Kartu Tiket Multi Trip

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk naik MRT pakai kartu apa yaitu dengan menggunakan kartu tiket multi trip. Kartu tiket multi trip merupakan jenis kartu yang bisa digunakan secara berulang selama saldo masih terisi. Cara untuk memiliki kartu jenis ini yaitu dengan membelinya di mesin tiket otomatis yang berada di stasiun MRT.

Saldo yang mengendap dalam kartu tiket multi trip bisa digunakan saat Anda menggunakan MRT pada kesempatan yang selanjutnya. Sehingga Anda tidak perlu bingung naik MRT bayar pakai apa.

2. Naik MRT Pakai Kartu Tiket Single Trip

Jenis kartu yang bisa digunakan untuk naik MRT yaitu kartu tiket single trip. Berbeda dengan jenis kartu tiket multi trip, kartu tiket single trip hanya bisa Anda pakai untuk satu kali perjalanan saja.

Cara mendapatkan jenis kartu tiket single trip juga cukup mudah, Anda bisa mendapatkannya secara langsung di loket stasiun MRT. Biasanya jenis kartu yang satu ini digunakan untuk turis atau seseorang yang hanya ingin menaiki MRT satu kali saja.

Setelah Anda sampai di stasiun tujuan, kartu tiket single trip perlu dikembalikan karena ada uang yang perlu dikembalikan atau di refund. Besar biaya yang dikembalikan saat mengembalikan tiket di loket stasiun tujuan sebesar Rp15.000.

3. Naik MRT Pakai Kartu Tiket Jak Lingo

Jenis kartu tiket yang bisa digunakan untuk menaiki MRT yaitu dengan menggunakan kartu tiket Jak Lingo. Kartu ini merupakan kartu yang multiguna untuk berbagai pembayaran transportasi publik di kota Jakarta.

Anda bisa mendapatkan kartu Jak Lingo dengan mudah di stasiun MRT, LRT, kereta Commuter maupun halte Transjakarta yang telah terintegrasi dengan Jak Lingo. Sehingga Anda bisa membeli kartu Jak Lingo sebelum menaiki MRT.

4. Naik MRT Pakai Kartu Elektronik Bank

Naik MRT pakai kartu apa juga bisa diatasi dengan menggunakan kartu elektronik bank. Pada umumnya, warga menggunakan elektronik bank untuk Transjakarta dan juga naik MRT. Bahkan, jenis kartu elektronik bank juga cukup banyak seperti halnya Brizzi, E-Money, Tapcash, JakCard, Flazz dan lain sebagainya.

Syarat Naik MRT dengan Baik dan Benar

Setelah mengetahui naik MRT pakai kartu apa, Anda juga perlu mengetahui apa saja syarat naik MRT. Pada umumnya, syarat naik MRT cukup bervariasi dan berbeda-beda untuk setiap daerah. Sehingga Anda perlu mencari informasi terkait syarat naik MRT yang perlu dipenuhi sebelum menaikinya.

Syarat naik MRT yang paling mendasar yaitu berupa pembelian tiket atau memiliki kartu E-Money yang bisa digunakan untuk membayar tagihan MRT. Sehingga Anda bisa menggunakan transportasi umum tersebut dengan kartu tiket atau kartu pembayaran dalam bentuk elektronik.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu mematuhi setiap petunjuk dan aturan yang telah ditetapkan saat menaiki MRT. Aturan dan petunjuk yang perlu Anda patuhi berhubungan dengan keselamatan serta kenyamanan diri sendiri dan juga seluruh penumpang MRT yang ada.

Beberapa aturan dan petunjuk yang ada dalam transportasi MRT seperti halnya larangan untuk merokok, makan, minum dan membuat keributan. Sedangkan petunjuk yang selalu ada di MRT contohnya seperti memakai sabuk pengaman selama berada dalam MRT yang beroperasi.

Selain itu, beberapa larangan yang selalu ada di transportasi umum MRT yaitu terkait larangan membawa benda tajam ataupun bahan-bahan yang berbahaya. Bahkan, terdapat anjuran untuk mengutamakan tempat duduk untuk para lansia dan orang hamil.

Anjuran penggunaan transportasi umum seperti MRT sangat dianjurkan bagi Anda yang belum memiliki asuransi mobil untuk berkendara secara mandiri di jalanan. Sehingga keamanan diri sendiri dan juga transportasi pribadi tersebut tidak merugikan dan membuat pengeluaran Anda semakin membengkak.

Kendaraan pribadi roda empat tanpa adanya asuransi mobil yang dimiliki memiliki resiko yang lebih besar untuk terjadinya kerugian materi. Sehingga mayoritas pengguna transportasi roda empat cenderung mendaftarkan kendaraan pribadi yang dimiliki pada asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Cara yang tepat untuk memilih asuransi mobil yaitu dengan mengunjungi portal online yang memuat informasi terkait semua jenis asuransi. Portal online yang memuat informasi tersebut salah satunya yaitu cekpremi.com yang bisa diakses secara online.

Bagaimana, mudah bukan dari menaiki MRT sebelum memiliki asuransi mobil untuk keamanan transportasi Anda? Demikian ulasan singkat mengenai informasi naik MRT pakai kartu apa dan syarat yang ada, semoga bermanfaat.

Referensi:

RBG

Kumparan

Liputan 6