7 Cara Seru Rayakan Natal di Era Digital Bareng Kerabat

natal di era digital

Era digital tidak hanya mengubah sektor bisnis, ekonomi tetapi juga perayaan keagamaan seperti Natal. Perayaan Natal di era digital semakin terasa ketika hadirnya pandemi Covid-19, di mana banyak orang mengandalkan internet untuk berinteraksi.

Perubahan perayaan Natal ini pun terus berlanjut dan semakin banyak orang yang mengandalkannya untuk memeriahkan Natal. Apa saja cara baru yang perlu Anda coba untuk merayakan Natal bersama keluarga dan teman dekat? Cek cara serunya sampai akhir.

7 Cara Merayakan Natal di Era Digital dengan Keluarga dan Teman

Era digital bukanlah satu-satunya waktu memberikan perubahan dalam merayakan Natal. Perubahan terus berlangsung, seperti pada saat teknologi telekomunikasi dari yang mengirimkan postcard Natal kemudian berubah menjadi telegram.

Begitu juga dengan ucapan Natal di radio yang kemudian bisa disampaikan langsung melalui telepon. Pada era digital, internet berperan sangat besar dalam perubahan perayaan Natal. Ada banyak cara baru dan seru yang bisa Anda lakukan, seperti:

  • Berbelanja Kado Natal di E-Commerce

Acara tukar kado Natal selalu menjadi kegiatan yang paling ditunggu-tunggu. Biasanya menjelang Natal banyak departement store yang ramai pengunjung, membuat Anda harus meluangkan waktu lebih banyak. Kini tidak lagi, karena di era digital belanja kado Natal bisa dilakukan lebih praktis.

Anda hanya perlu mengunjungi aplikasi e-commerce langganan untuk menemukan ribuan produk Natal terbaru. Harga produk yang ingin dibeli juga bisa disesuaikan dengan budget bahkan dapat dikirimkan langsung ke alamat kerabat Anda jika tujuannya jauh.

Cara baru ini dapat menghemat waktu Anda yang sibuk menyelesaikan pekerjaan di akhir tahun sebelum liburan panjang. Perayaan Natal pun tetap lancar karena kadi sudah Anda pilih dan macamnya pun jauh lebih banyak.

  • Mengirimkan E-Card Natal

Tidak perlu lagi mengirimkan kartu pos ucapan Natal, Anda bisa menggantinya dengan e-card. Sama seperti video ucapan Natal Anda bisa mengirimkan e-card ini ke kerabat pada saat perayaan Natal tiba.

Desain e-card Natal juga sangat beragam dan kreatif. Anda bisa memanfaatkan template yang sudah banyak tersedia di aplikasi editing. Bisa juga membuat desain dari awal sesuai dengan keinginan. Jangan lupa buat kata-kata yang indah sehingga e-card bisa lebih bermakna.

  • Membuat Video Ucapan Selamat Natal

Sumber: https://elements.envato.com/couple-on-christmas-eve-GULFKJJ

Membuat video ucapan Natal kini menjadi tren di kalangan anak muda. Tren ini menjadi cara baru Natal di era digital yang tidak boleh dilewatkan. Anda bisa membuat video diri sendiri, keluarga, animasi yang durasinya dapat ditentukan sesuai kebutuhan.

Keluarkan kreatifitas Anda untuk membuat video yang terbaik dan tentu saja meriah. Anda yang memiliki bakat bermusik pun bisa membuat jingle Natal sendiri yang dijadikan backsound dalam video nantinya.

Saat Natal, video ini bisa Anda kirimkan ke keluarga dan juga teman sebagai bentuk ucapan yang keren. Video bisa dikirimkan lewat Whatsapp, pesan pribadi di sosial media dan aplikasi chat lainnya. Bisa juga dijadikan status pada sosial media Anda saat Natal tiba.

  • Membuat Twibbon Natal

Twibbon bukan hanya digunakan untuk media promosi atau kampanye yang berbau politik. Anda juga bisa membuat twibbon sebagai bentuk ucapan Natal di era digital. Anda bisa mendesain twibbon Natal sendiri kemudian membagikannya kepada kerabat agar bisa digunakan.

Nantinya Anda, keluarga dan teman bisa sama-sama membuat foto profil dengan twibbon tersebut. Pemasangan foto profil bisa di sosial media atau akun aplikasi chat. Jika kesulitan membuat twibbon sendiri Anda bisa memanfaatkan template twibbon Natal yang biasanya sudah banyak tersedia.

  • Membuat Konten Natal di Sosial Media

Aktivitas persiapan Natal juga bisa Anda jadikan konten-konten menarik kemudian mengunggahnya ke sosial media. Baik itu konten berupa foto hingga video sesuai dengan yang Anda inginkan. Kehadiran konten di sosial media menjadikan Natal di era digital jadi lebih meriah.

Pasalnya ada banyak ide konten yang bisa Anda buat seperti persiapan merakit atau membuat hiasan pohon Natal bersama keluarga. Bisa juga konten komedi bertema Natal yang Anda buat bersama keluarga atau teman. Konten ini nantinya bisa dibagikan ke kerabat jauh yang tidak bisa berjumpa langsung.

  • Video Call dengan Kerabat Jauh

Tidak puas dengan telepon, saat telepon Anda perlu melakukan video call bersama keluarga dan teman. Apalagi jika keluarga Anda berada di kota bahkan negara berbeda sehingga tidak bisa bertatap muka langsung untuk saling mengucapkan Natal.

Video call bisa menjadi cara untuk membuat jarak lebih dekat dan tidak menghilangkan kebersamaan dalam semarak Natal. Ada banyak agenda video call selain saling mengucapkan salam Natal di era digital.

Anda bisa membuat acara dinner bareng dengan video call, mencoba bernyanyi bersama, bahkan bermain tebak-tebakan. Segala macam agenda bisa dilakukan bersama meskipun jarak terpisah jauh.

  • Memasang Dekorasi Digital Natal

Dekorasi Natal tidak selalu berupa hiasan nyata, kini Anda bisa memasang dalam bentuk digital. Sebuah perubahan besar bahwa dekorasi Natal pun bisa dibuat dalam bentuk digital yang ditampilkan dengan alat berupa proyektor.

Nantinya proyektor ini bisa menampilkan berbagai gambar digital yang bisa Anda tembakkan ke bagian dinding, jendela atau area rumah lainnya. Dekorasinya bisa berupa gambar pohon Natal, Santa Claus, dan gambar lainnya. Anda pun bisa merancang gambar sendiri untuk bisa ditampilkan.

Adanya dekorasi digital ini juga membuat ruangan yang tampak sepi jadi lebih ramai. Rumah bisa lebih meriah untuk menyambut kedatangan tamu di malam perayaan Natal.

Begitu banyak cara baru merayakan Natal di era digital yang bisa Anda lakukan. Pastikan kemeriahan Natal bisa tetap terwujud di tahun ini.

Pada era digital, bukan hanya Natal yang semakin seru bisa Anda rayakan namun juga dalam hal pemilihan asuransi mobil. Proses pembelian asuransi mobil kini lebih mudah di era digital karena Anda bisa memanfaatkan aplikasi atau website.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan Cekpremi untuk memperoleh informasi asuransi mobil terbaik. Informasi yang Anda dapatkan bisa membantu mempercepat pengambilan keputusan mana informasi yang tepat.

Cekpremi dapat membantu Anda menemukan asuransi mobil untuk perlindungan terbaik. Langsung saja akses Cekpremi untuk tahu kelebihannya lebih lanjut.

Referensi:

Hindustan Times