10 Ide Dekorasi Natal di Rumah, Low Budget tapi Tetap Meriah

natal di rumah

Persiapan Natal di rumah apa saja yang sudah Anda lakukan? Sudahkah Anda mendekorasi ruangan dengan pohon Natal dan pernak perniknya? Pohon Natal sudah menjadi dekorasi wajib setiap tahunnya, tapi jangan khawatir kalau Anda tidak memilikinya.

Ada banyak alternatif dekorasi lain yang menarik untuk dibuat dan pastinya ramah anggaran. Anda tetap bisa menampilkan rumah yang ramai dengan dekorasi Natal kepada kerabat saat hari perayaan nanti. Apa saja idenya, yuk langsung saja cek.

10 Ide Dekorasi Natal di Rumah yang Ramah Anggaran

Harga pohon Natal tidaklah murah, apalagi jika Anda ingin pohon dengan ukuran cukup besar, nilainya bisa sampai jutaan rupiah. Belum lagi Anda harus membeli pernak-pernik yang menggantung di pohon secara terpisah.

Khawatir biaya rumah tangga membengkak untuk merayakan Natal tahun ini? Anda masih memiliki alternatif lain dengan berkreasi untuk tetap bisa mewujudkan keajaiban Natal di tahun ini. Ide dekorasi Natal di rumah tidak ada habisnya, bahkan Anda tinggal memanfaatkan barang-barang sederhana.

Pohon Natal dari Lampu LED Hias

Belum punya budget untuk membeli pohon Natal yang besar? Anda bisa memanfaatkan lampu LED hias. Baik itu lampu warna-warni atau lampu LED kuning yang panjang bisa Anda bentuk menjadi pohon Natal di dinding.

Kreasikan lampu LED menjadi bingkai pohon Natal, semakin panjang maka pohon yang dibuat bisa lebih besar. Bisa juga membuat bentuk zig zag seperti pohon cemara jika Anda hanya memiliki lampu yang pendek.

Lampu Bekas untuk Ornamen Pohon Natal

Bagi Anda yang sudah memiliki pohon Natal namun belum memiliki hiasan bisa memanfaatkan lampu jenis bohlam. Lampu ini bisa Anda lapisi dengan kain atau langsung dicat kemudian berikan glitter agar tampil lebih mengkilap.

Lampu bohlam juga bisa Anda kreasikan berbentuk karakter seperti rusa, Santa Claus, pinguin dan lainnya. Ajak anak Anda untuk ikut berkreasi memanfaatkan lampu bekas untuk membentuk dekorasi pohon Natal yang cantik.

Hiasan Dinding dari Kain Flanel

Tidak selalu pohon Natal di rumah, Anda juga bisa membuat dekorasi di bagian dinding. Kain flanel yang murah bisa menjadi material untuk berkreasi. Anda bisa membentuk dekorasi Natal seperti kaus kaki, bintang, malaikat, dan masih banyak lagi.

Kain flanel sangat mudah dibentuk, Anda tinggal membuat pola dan menentukan warna kain saja sesuai ornamen yang hendak dibuat. Dekorasi ini nantinya bisa disimpan dan digunakan kembali untuk Natal pada tahun-tahun berikutnya

Hiasan Meja dengan Botol Bekas

Terlalu mahal untuk membeli vas baru untuk meja? Anda bisa memanfaatkan botol bekas baik itu botol kaca atau botol plastik. Anda bisa mengecat ulang botol ini dengan warna metalik seperti emas, mutiara sehingga tampil lebih berkilau.

Tidak harus digunakan untuk meletakkan bunga asli, supaya hemat namun tetap berpenampilan menarik Anda bisa menggunakan bunga dan daun plastik. Bisa juga menggunakan bunga kering baru letakkan botol sebagai vas di atas meja.

Tempat Lilin dari Toples Bekas

Manfaatkan toples kaca bekas yang ada di rumah Anda menjadi tempat lilin. Supaya toples tidak tampak biasa, Anda bisa memberikan lukisan di bagian luarnya. Buat lukisan pemandangan, siluet rumah atau kereta seluncur rusa yang khas Natal.

Nantinya jika lilin dinyalakan di dalam toples, lukisan ini akan tampil lebih indah. Anda bisa menggunakan toples-toples ini di meja makan atau beberapa sudut ruangan. Lebih bagus lagi jika Anda menggunakan lilin beraroma agar ruangan semakin harum.

Dekorasi Bunga dari Kertas dan Tisu

Memanfaatkan kertas dan tisu untuk membuat bunga bisa lebih menghemat anggaran. Anda yang tidak ingin membeli bunga plastik atau bunga asli bisa mengandalkan material ini. Tinggal pilih saja warna kertas dan tisu yang hendak dibentuk menjadi bunga.

Pembuatannya memang membutuhkan latihan dan kesabaran sehingga Anda bisa membuat aneka jenis bunga. Mulai dari bunga matahari, bunga mawar, bunga tulip dan banyak lagi. Supaya wangi Anda bisa menyemprotkan pengharum pada bunga tersebut.

Hiasan Dinding dari Piring Kertas

Tidak lengkap rasanya jika dinding tampak polos di hari Natal. Anda bisa membuat hiasan Natal di rumah bermodalkan piring kertas yang kemudian digambar, diberikan warna dan tambahan aksesoris untuk membentuk karakter.

Misalnya saja Anda membuat karakter Santa Claus, untuk bagian janggut putih Anda bisa menambahkan kapas. Tempelkan kertas warna hitam sebagai mata dan kertas warna merah berbentuk topi di atasnya. Begitu juga dengan karakter lain yang Anda inginkan.

Lampu Natal dari Mangkuk Plastik

Selain lilin, supaya ruangan tampak lebih meriah Anda perlu membuat lampu Natal. Mangkuk plastik bisa menjadi material utamanya. Pilih mangkuk plastik yang berwarna transparan sehingga mudah untuk diberikan warna.

Mangkuk ini bisa Anda jadikan sebagai kap lampu, supaya lebih semarak Natal berikan warna hijau seperti pohon cemara. Tambahkan hiasan seperti glitter atau warna merah sebagai tambahan.

Garland dari Buah Pohon Pinus Kering

Anda baru saja dari hutan pinus? Kumpulkan buah pohon pinus kering untuk membuat dekorasi Natal di rumah yaitu garland. Biasanya garland dibuat dari bunga kemudian digantung pada dinding, namun Anda bisa menggantinya dengan buah pohon pinus agar tampil lebih unik dan tampak vintage.

Anda tinggal merangkai buah pohon pinus menggunakan tali kasur, supaya meriah tambahkan hiasan seperti lonceng yang dibuat dari botol plastik atau kain flanel.

Hiasan Meja dari Gelas Plastik

Punya gelas plastik menganggur di rumah? Manfaatkan gelas plastik sebagai hiasan meja yang indah bertema Natal. Anda bisa menyulapnya menjadi model Santa Claus, rusa kutub atau karakter bola salju hanya dengan mengecatnya.

Nikmati liburan Natal dengan mempersiapkan dekorasi Natal di rumah yang menarik ini. Rencanakan juga untuk bisa menikmati liburan Natal dengan berkunjung ke tempat kerabat dan wisata menggunakan kendaraan pribadi. Demi menjaga kelancaran dan keamanan perjalanan, lengkapi kendaraan Anda dengan asuransi mobil.

Memilih asuransi mobil kini semakin mudah dengan kehadiran Cekpremi yang menyediakan informasi lengkap. Anda bisa memilih jenis asuransi mobil yang sesuai kebutuhan begitu juga dengan nilai premi yang harus dibayarkan. Manfaatkan Cekpremi sekarang juga, aksesnya gratis!