Pantai Ngalur, Surga Tersembunyi di Balik Hutan Lindung

Ngalur

Keindahan alam Indonesia dari Sabang sampai Merauke tidak pernah habis untuk dibahas. Ada begitu banyak tempat indah yang jadi tujuan wisata, baik yang namanya sudah populer maupun yang baru terkenal di kalangan warga lokal. Satu di antaranya adalah Pantai Ngalur yang berada di Kabupaten Tulungagung.

Tulungagung merupakan salah satu kota yang berada di wilayah Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di bagian selatan yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Karena itulah, Tulungagung memiliki banyak wisata pantai yang setiap tempatnya memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing.

Tulungagung terdiri dari berbagai jenis wilayah, seperti dataran rendah, dataran tinggi, perbukitan dan pegunungan. Beberapa wisata pantai di Tulungagung bisa dicapai dengan melewati dataran tinggi. Sejumlah pantai harus dijangkau dengan melewati akses jalan yang sulit karena infrastruktur yang belum memadai.

Daya Tarik dan Keunikan Pantai Ngalur

Di Tulungagung, nama pantai seperti Pantai Popoh dan Pantai Gemah termasuk yang sudah cukup populer. Banyak wisatawan dari luar daerah yang sengaja datang ke pantai-pantai tersebut karena penasaran dengan keindahannya. Pantai-pantai yang sudah cukup populer juga menjadi ikon Kabupaten Tulungagung.

Sementara itu, nama Pantai Ngalur belum banyak diketahui orang. Pantai ini tergolong pantai baru yang masih dikenal di kalangan masyarakat lokal. Padahal, pantai ini ternyata punya pesona alam yang keindahannya sungguh mengagumkan. Selain punya daya tarik, pantai ini juga memiliki banyak keunikan seperti berikut ini.

  1. Alam yang Masih Asri

Jika Anda menginginkan suasana yang tenang, Pantai Ngalur adalah pilihan yang tepat. Pantai ini termasuk tempat wisata yang belum dijamah banyak wisatawan terutama yang berasal dari luar daerah. Hal itu membuat pantai ini masih terjaga keasriannya. Banyak orang menyebut alam di pantai ini masih ‘perawan’.

See also Syarat Perjalanan Menggunakan Kereta Api Jarak Jauh

Karena alamnya masih sangat terjaga, banyak juga orang yang menyebut pantai ini seperti permata yang tersembunyi. Sehingga semakin banyak orang yang dibuat penasaran seperti apa keindahan pantai yang tersembunyi ini. Akhirnya orang-orang berdatangan untuk menyaksikan langsung keindahan panorama alam di pantai ini.

  • Seperti Pantai di Bali

Salah satu tempat di Indonesia yang membuat negara ini dikenal oleh wisatawan mancanegara adalah Bali. Pulau yang berdekatan dengan Pulau Jawa itu menawarkan keindahan alam, terutama pantainya yang eksotis. Bahkan pantai-pantai di Bali menjadi tujuan utama para pelancong dari berbagai negara.

Pantai ini disebut-sebut memiliki keindahan yang serupa dengan pantai di Pulau Bali. Hal itu dikarenakan pantai di Tulungagung ini memiliki banyak terumbu karang. Inilah yang menjadi karakteristik unik dari Pantai ini yang menjadikannya berbeda dari pantai-pantai lain di wilayah Tulungagung.

  • Deburan Ombak yang Tenang

Daya tarik lain yang menjadikan Pantai Ngalur sebagai tujuan wisata favorit adalah deburan ombaknya yang relatif tenang. Meski begitu, pengunjung disarankan untuk tidak berenang atau bermain ke tengah laut terutama saat air sedang pasang sebab bisa membahayakan keselamatan.

Meski tidak diizinkan berenang di pantai, Anda tetap bisa merasakan pengalaman menyenangkan saat di pantai ini. Ada banyak aktivitas seru lain yang bisa Anda lakukan, seperti bermain pasir di pinggir pantai atau bermain ayunan yang digantung pada dahan pohon.

  • Menyajikan Sunrise dan Sunset

Alasan lain yang membuat banyak orang berlibur ke Pantai Ngalur adalah karena pengunjung bisa menikmati pemandangan sunrise sekaligus sunset. Pemandangan matahari terbit saat pagi merupakan sajian yang memanjakan mata. Sementara di sore hari, pemandangan matahari terbenam tak kalah memukau.

See also 7 Tempat Wisata di Tokyo Jepang yang Hits

Untuk bisa menikmati momen sunrise sekaligus sunset, Anda harus berkemah. Anda bisa membawa sendiri peralatan berkemah karena di tempat wisata ini belum tersedia penyewaan alat camping. Selain itu, pilih waktu berkemah saat sedang musim kemarau agar bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam tanpa tertutup awan.

  • Tidak Ada Tiket Masuk

Sudah bukan hal asing kalau pengunjung diharuskan membayar tiket masuk sejumlah harga tertentu saat akan memasuki kawasan wisata pantai. Namun berbeda dengan wisata Pantai ini, Anda tidak harus membeli tiket masuk. Dengan kata lain, wisata pantai ini gratis untuk dinikmati siapa saja dan kapan saja.

Inilah salah satu alasan mengapa tempat wisata ini semakin membuat orang penasaran ingin mengunjunginya. Bukan tidak mungkin, nantinya akan ada tarif tertentu untuk masuk ke pantai ini saat tempat wisata ini sudah dikelola dengan lebih profesional. Saat ini, pantai tersebut masih menjadi tempat wisata murah meriah.

  • Spot Foto yang Keren

Keindahan pemandangan alam di Pantai Ngalur ini dijamin bisa memenuhi hasrat pendukung yang suka eksis di media sosial. Pasalnya ada banyak pilihan spot yang bisa dijadikan latar belakang saat berfoto, seperti latar belakang laut langsung dengan langit birunya, latar belakang pepohonan hijau atau bahkan berlatar batu karang.

Untuk mendapatkan cahaya terbaik saat berfoto, sebaiknya Anda datang di siang hari saat cuaca sedang cerah. Dengan dukungan kamera yang berkualitas dan kemampuan memotret yang bagus, Anda akan mendapatkan foto yang sangat layak untuk diunggah ke media sosial. Rasanya tidak akan cukup hanya berfoto satu atau dua kali saja.

  • Fasilitas Lengkap

Bisa dibilang pantai ini belum dikelola dengan lebih serius. Karena itulah, belum banyak pembangunan yang dilakukan terutama di akses jalan menuju pantai ini. Bisa juga dilihat bahwa pengunjung masih diperbolehkan masuk ke pantai tanpa membayar tiket masuk. Namun fasilitas di pantai ini sudah lumayan lengkap.

See also Wisata Liburan Sekolah di Jakarta yang Cocok untuk Anak

Anda bisa menemukan toilet yang memadai, gazebo untuk tempat bersantai dan area khusus untuk parkir kendaraan. Sudah banyak juga warung makan di sekitar pantai yang menyajikan menu khas makanan laut, seperti ikan bakar.

Mengingat akses jalannya yang ekstrem, Anda disarankan untuk segera pulang sebelum matahari terbenam. Hindari juga berkunjung saat musim hujan karena jalan yang menuju ke pantai bisa jadi lebih licin dan membahayakan.

Keunikan dan daya tarik Pantai Ngalur menjadi nilai tambah yang membuat banyak wisatawan penasaran akan keindahannya. Anda bisa mengajak teman atau keluarga berkunjung ke pantai ini untuk berlibur dengan sensasi yang berbeda.

Momen menyenangkan saat berlibur harus Anda sertai dengan jaminan keamanan selama perjalanan. Miliki asuransi perjalanan dan rasakan manfaatnya. Temukan pilihan asuransi yang paling tepat bagi Anda dengan mengunjungi cekpremi.com.

Referensi:

Native Indonesia

Pantai Nesia

IDN Times