No Shampoo Movement, Benarkah Lebih Sehat untuk Rambut?

no shampoo movement

Sebagai salah satu bagian tubuh, rambut harus dirawat kesehatan dan kebersihannya. Tidak hanya soal kebersihan dan kesehatannya, merawat rambut juga penting untuk menunjang penampilan. Karena dengan rambut yang sehat dan terawat, rasa percaya diri akan meningkat. Saat ini ada cara baru merawat rambut yang disebut no shampoo movement.

No shampoo movement atau disebut juga no poo movement merupakan gerakan tanpa shampoo. Gerakan ini tentu bertentangan dengan kebiasaan sebagian besar orang yang selalu menggunakan shampoo ketika mencuci rambut. Shampoo dianggap sebagai produk pencuci rambut yang bisa membersihkan dan membuat rambut indah serta sehat.

Latar Belakang Munculnya Gerakan No Shampoo

Gerakan no shampoo diperkirakan sudah ada sejak lama. Namun gerakan ini baru ramai diikuti banyak orang sejak beberapa tahun belakangan ini, tepatnya pada tahun 2022. Saat itu, beredar video yang menceritakan bagaimana para pegiat gerakan ini menyingkirkan shampoo bahkan ada yang sudah 5 tahun tidak keramas.

Salah satu latar belakang gerakan ini adalah adanya anggapan bahwa produk shampoo merupakan propaganda bisnis. Meski anggapan tersebut termasuk teori konspirasi, namun pegiat gerakan ini semakin lama terus bertambah. Bahkan mereka membuat laman sendiri untuk menunjukkan dedikasinya.

Pada laman tersebut, pegiat no shampoo movement banyak berbagi informasi tentang manfaat dan keuntungan gerakan tersebut. Mereka juga kerap membagikan tips merawat rambut dengan cara dan bahan alami. Laman tersebut menjadi pembuktian bahwa gerakan yang mereka gagas memberikan dampak positif yang nyata terhadap lingkungan.

Perlu diketahui bahwa gerakan tanpa shampoo bukan berarti tidak keramas atau mencuci rambut sama sekali. Para pegiatnya tetap melakukan rutinitas membersihkan rambut dengan cara keramas. Namun tidak lagi menggunakan shampoo yang beredar di pasaran, mereka lebih memilih bahan alami untuk mencuci rambut.

Manfaat dari Gerakan No Shampoo

Dengan begitu gencarnya gerakan ini, pegiatnya tentu tidak berhenti untuk mengkampanyekan manfaat dari berhenti menggunakan shampoo. Manfaat gerakan ini bahkan tidak hanya dirasakan pada kondisi rambut, tapi juga bermanfaat secara menyeluruh. Inilah manfaat dari gerakan no shampoo ini.

1. Rambut Lebih Sehat secara Alami

Selama ini orang beranggapan bahwa shampoo bisa menjadikan rambut sehat. Namun no shampoo movement membantah anggapan tersebut dengan keras. Menurut pegiat gerakan ini, rambut justru bisa rusak karena penggunaan shampoo yang mengandung bahan kimia seperti deterjen atau sodium lauryl sulfate (SLS).

Penggunaan zat kimia pada produk shampoo juga dianggap bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala, terutama kulit kepala yang sensitif. Saat sudah terpapar zat kimia dan itu terjadi terus menerus, kulit kepala bisa mengalami iritasi seperti gatal dan perih. Akibat lainnya terjadi pada rambut yang menjadi mudah rusak.

2. Menyeimbangkan Produksi Minyak

Secara alami, kelenjar minyak di kulit kepala akan menghasilkan minyak. Biasanya orang yang keramas dengan shampoo bertujuan untuk menghilangkan minyak tersebut. Akan tetapi penggunaan shampoo justru memicu produksi minyak berlebih karena minyak alami rambut telah terkikis oleh busa shampoo.

Sementara jika tidak menggunakan shampoo atau keramas lebih jarang, kelenjar minyak akan bekerja secara lebih stabil. Minyak yang dihasilkan tidak terlalu banyak dan justru sesuai dengan kebutuhannya. Cara kerja kelenjar minyak ini perlu dibiasakan dengan tidak menggunakan shampoo dalam waktu lebih dari 2 minggu.

3. Mencegah Kerusakan Lingkungan

No shampoo movement juga disebut sebagai gerakan untuk menyelamatkan bumi. Seperti yang diketahui bahwa shampoo yang beredar di pasaran dikemas dalam plastik maupun botol plastik. Kemudian wadah bekas shampoo itu bisa menjadi sampah yang sulit terurai hingga akhirnya mengancam kebersihan serta kelestarian lingkungan.

Tidak hanya wadah bekasnya, shampoo juga menghasilkan busa yang bisa mencemari lingkungan. Apalagi busa shampoo berasal dari zat kimia termasuk pewangi. Zat-zat kimia tersebut akhirnya bisa mencemari air. Air yang tercemar bisa menyebabkan kerusakan pada lingkungan dan mengganggu kesehatan.

Bahan Alami yang Mendukung Gerakan No Shampoo

Meski minyak alami rambut diperlukan untuk menyehatkan rambut, namun bukan berarti rambut tidak pernah dicuci sama sekali. Keramas tetap penting dilakukan untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dari debu dan polusi. Pada no shampoo movement, ada sejumlah bahan alami yang bisa jadi pengganti shampoo.

1. Lidah Buaya

Lidah buaya sudah lama dijadikan bahan untuk merawat rambut. Bahkan lidah buaya banyak dijadikan bahan pembuatan shampoo karena manfaatnya yang bagus. Lidah buaya bisa mendorong pertumbuhan rambut serta menjadikan rambut lebih kuat dan lebat.

2. Sari Lemon

Sari buah lemon berkhasiat dalam mendukung laju pertumbuhan rambut. Bahan alami ini juga memicu produksi kolagen dari kulit kepala yang bisa mencegah berbagai masalah seperti kulit rambut berminyak atau berketombe.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga dikenal sebagai bahan alami yang bagus untuk merawat rambut. Minyak ini berfungsi dalam merangsang pertumbuhan rambut. Kandungan asam lemak dalam minyak kelapa mampu menutrisi kulit kepala dan membuatnya jadi lembab.

Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh atau tea tree oil mampu melancarkan sirkulasi darah di kepala guna mengeluarkan racun. Bahan alami ini juga bisa menstimulasi folikel rambut yang tidak aktif sehingga bisa mencegah kerontokan.

Apakah No Shampoo Movement Lebih Bagus untuk Rambut?

Jika melihat dari alasan terbentuknya gerakan ini, terbukti bahwa akan ada banyak manfaatnya pada kesehatan rambut. Apalagi manfaatnya juga berkaitan dengan kelestarian lingkungan, gerakan ini bisa jadi upaya nyata untuk menyelamatkan bumi dari kerusakan.

Namun penting untuk diingat bahwa gerakan ini harus dilakukan dengan tepat. Misalnya memilih bahan alami yang memang cocok dengan rambut dan kulit kepala. Selain itu, harus dipastikan pula bahan alami yang dipilih benar-benar bisa membersihkan rambut secara maksimal.

Itulah penjelasan lengkap tentang no shampoo movement mulai dari latar belakang, manfaat hingga pilihan bahan alami yang digunakan. Secara umum, dapat disimpulkan bahwa gerakan ini adalah tindakan bagus asal dilakukan dengan bijak.

Selain dengan mengikuti gerakan ini, menjaga kesehatan rambut dan seluruh badan bisa dilakukan dengan memiliki asuransi kesehatan. Asuransi akan menjamin kesehatan serta menghindari risiko.

Ada banyak pilihan produk asuransi yang tersedia. Pastikan hanya memilih produk yang terbaik dari penyedia asuransi yang terpercaya. Temukan pilihan produk asuransi terbaik dengan mengunjungi cekpremi.com.

Referensi:

IDN Times

Halodoc