7 Cara Cepat dan Efektif Menghilangkan Noda pada Mobil

noda pada mobil

Mobil tidak hanya sebuah kendaraan yang bisa memudahkan mobilitas pemiliknya. Mobil juga dianggap sebagai benda berharga. Karenanya, penampilan mobil dianggap sebagai sesuatu yang penting untuk dijaga. Tak heran jika adanya noda pada mobil sering membuat pemiliknya bingung.

Noda yang mengenai permukaan bodi mobil memang sangat mengganggu penampilan. Mobil jadi terlihat tidak lagi menarik bahkan tampak kotor. Terutama pada jenis mobil mewah, adanya noda yang tampak jelas membuat nilai estetika mobil jadi menurun drastis. Nilai jual mobil juga bisa jadi lebih rendah jika tetap ada noda.

Cara Tepat Menghilangkan Noda pada Monn bil

Noda pada mobil bisa disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari penyebab yang paling ringan, noda yang tampak pada permukaan bodi mobil bisa dikarenakan paparan debu. Debu yang menumpuk pada permukaan mobil bisa membuat warna mobil jadi terlihat lebih kusam dan tidak mengkilap.

Penyebab lain adanya noda di mobil bisa karena terkena bahan tertentu, misalnya cat atau jenis pewarna lainnya. Noda berupa cat atau pewarna lain pada mobil membuat penampilannya tidak lagi indah. Apalagi jika warna cat sangat mencolok dan nodanya lumayan banyak, sudah tentu mobil jadi tampak jelek.

Selain debu dan pewarna, noda pada mobil bisa muncul karena lumpur. Biasanya hal ini terjadi setelah mobil digunakan pada jalanan yang berlumpur, sehingga lumpur mengenai bodi mobil dan membuatnya kotor. Jika terlalu lama dibiarkan, lumpur bisa mengering dan mengeras hingga menjadi kerak.

Masih banyak faktor penyebab lain mengapa ada noda pada permukaan bodi mobil. Namun yang terpenting adalah mengetahui bagaimana cara membersihkan noda tersebut. Sebelumnya, Anda sudah harus tahu jenis noda seperti apa yang ada di mobil. Kemudian Anda bisa lakukan beberapa cara di bawah ini.

See also Begini Cara Menghilangkan Embun di Kaca Mobil Dengan Mudah

1.Cuci dengan Air

Cara termudah dan umum dilakukan untuk membersihkan noda pada mobil adalah dengan mencucinya menggunakan air. Air yang digunakan harus dipastikan bersih dan mengalir agar noda bisa larut. Cara ini hanya bisa dilakukan jika jenis noda merupakan kotoran yang mudah larut, seperti debu dan lumpur.

Mencuci mobil menggunakan air harus segera dilakukan begitu noda muncul. Misalnya ketika mobil baru saja kembali dari perjalanan yang melewati jalanan berlumpur, maka harus segera dicuci. Hal ini dilakukan untuk mencegah kotoran menjadi mengering dan akhirnya akan lebih sulit dibersihkan.

2. Gunakan Sabun Khusus

Untuk hasil yang lebih bersih secara menyeluruh, Anda bisa menambahkan sabun khusus saat mencuci mobil menggunakan air. Mengapa harus sabun khusus untuk cuci mobil? Karena sabun khusus memiliki kandungan tertentu yang memang diperuntukkan bagi permukaan yang berlapis cat seperti bodi mobil.

Sabun khusus cuci mobil biasanya juga memiliki manfaat lain, seperti mengkilapkan. Permukaan yang awalnya bernoda tidak hanya bersih tapi juga akan terlihat semakin mengkilap. Sementara untuk membalurkan sabun ke seluruh permukaan bodi mobil, gunakan kain mikrofiber.

3. Pakai Pasta Gigi

Trik lain untuk menghilangkan noda pada mobil adalah dengan memanfaatkan pasta gigi. Pasta gigi dengan teksturnya berbentuk krim lembut mampu mengikis kotoran pada permukaan mobil tanpa khawatir akan meninggalkan bekas goresan. Cara ini bisa dipakai untuk menghilangkan jenis noda yang ringan seperti lumpur.

Cara membersihkan mobil dengan menggunakan pasta gigi merupakan trik yang lebih praktis dan mudah. Trik ini bisa Anda coba jika tidak punya banyak waktu untuk mencuci mobil dengan air dan sabun. Dengan menggunakan pasta gigi, Anda bisa mengatasi masalah noda yang ada di mobil dengan lebih cepat.

See also Mari Simak 9 Komponen Rem Tromol pada Mobil beserta Fungsinya!

4. Pakai Baking Soda

Baking soda umumnya dikenal sebagai bahan makanan yang berfungsi mengembangkan. Bahan ini biasa dipakai untuk makanan yang dipanggang atau digoreng, seperti roti dan kue. Ternyata Anda juga bisa memanfaatkan baking soda untuk menghilangkan noda yang mengotori mobil.

Menghilangkan noda pada mobil dengan baking soda termasuk cara alami yang mudah dilakukan. Anda perlu mencampurkan baking soda dengan air hingga membentuk pasta. Kemudian gosokkan pasta tersebut pada bagian yang kotor. Gunakan kain mikrofiber dan pastikan jangan menggosok terlalu keras.

5. Gunakan Penghapus Noda

Apabila jenis nodanya berupa cat, cara menghilangkannya memang lebih sulit dibandingkan noda berupa debu atau lumpur. Sebelum Anda berpikir untuk melakukan cat ulang pada bodi mobil, coba manfaatkan penghapus noda. Penghapus noda merupakan produk khusus yang bisa digunakan untuk membersihkan noda berupa cat.

Anda bisa membeli produk penghapus noda pada mobil ini di toko aksesoris kendaraan atau spare parts. Produk tersebut biasanya bisa langsung digunakan tanpa perlu mencampurnya dengan bahan lain. Agar bisa menggunakannya dengan tepat, Anda bisa membaca petunjuk penggunaannya terlebih dahulu.

6. Pakai Cairan Penetran

Bodi mobil juga rentan terkena noda aspal terlebih jika melewati jalanan yang sedang melangsungkan proyek pengaspalan. Sama seperti cat, noda aspal lebih sulit dibersihkan. Cara membersihkan noda aspal pada bodi mobil tidak bisa hanya dengan mencucinya menggunakan air dan sabun khusus.

Noda aspal pada mobil bisa dibersihkan dengan cairan penetran, yaitu cairan yang dikenal di dunia otomotif sebagai pembersih karat. Sebelumnya, cuci mobil sampai bersih dari debu dan kotoran lainnya lalu keringkan. Kemudian semprotkan langsung cairan penetran pada bagian yang terkena aspal. Hindari menekan terlalu kuat pada bagian yang bernoda tersebut.

See also Begini Cara Pesan Grab Motor yang Harus Anda Tahu

7. Gunakan Tar Remover

Untuk noda aspal yang lebih membandel, Anda bisa menggunakan tar remover. Berbeda dengan cara penggunaan cairan penetran, mobil tidak harus dicuci terlebih dahulu. Tar remover juga tidak bisa disemprotkan langsung pada noda. Pembersih ini harus disemprot pada kain terlebih dahulu baru diusapkan ke bodi mobil.

Pembersihan noda aspal dengan tar remover harus dilakukan dengan pencucian sekaligus. Artinya, ketika sudah berhasil membersihkan satu titik, Anda harus mencuci langsung bagian tersebut dengan air dan sabun. Lalu lakukan hal yang sama pada bagian yang lain.

Selain harus tahu cara menghilangkan noda pada mobil, Anda juga harus memberikan perlindungan maksimal pada mobil kesayangan dengan asuransi mobil. Mobil Anda tidak hanya terawat tapi juga terjamin keamanannya.

Ada banyak pilihan produk asuransi mobil terbaik. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan kemampuan membayar premi. Temukan rekomendasi yang paling tepat dengan mengunjungi cekpremi.com.

Referensi:

Kompas

Suzuki

Rustpro