Yang Anda Perlu Tahu Tentang Norelut, Obat Menstruasi

Norelut

Norelut adalah obat keras yang diperuntukan bagi wanita yang mengalami masalah menstruasi. Obat ini memiliki kandungan Norethisterone berupa hormon progesteron. Fungsi dari obat ini adalah untuk mengatasi perdarahan disfungsional, amenore primer dan sekunder, sindrom pra-menstruasi, mastopati siklik, endometriosis.

Menstruasi adalah siklus bulanan yang kerap mengganggu wanita. Darah haid bisa terlalu banyak, terlalu sedikit, atau bahkan tidak haid sama sekali. Tentu selalu ada enjelasan dengan kondisi gangguan menstruasi. Bisa karena stress, bakteri dan kendala lainnya. Obat yang mungkin dokter resepkan adalah Norelut. Tahukah Anda sebenarnya obat apa ini?

Penjelasan Singkat Mengenai Norelut, Obat Untuk Masalah Haid

Dokter akan memberikan obat yang mengandung norethisterone untuk mengendalikan menstruasi. Karena termasuk obat keras, maka sebaiknya Anda mendatangi dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai Norelut.

  • Obat Hormonal

Norethindrone adalah bentuk sintetis dari progesterone. Ini sebenarnya adalah hormon yang terdapat pada tubuh secara alami. Tapi bila wanita mengalami gangguan menstruasi atau ingin menunda haid karena alasan ingin pergi haji atau umroh, Norelut umumnya dijadikan solusi.

  • Fungsi

Pada dasarnya secara hormonal kondisi Anda terganggu. Oleh karena itu, Anda butuh tambahan hormon tersebut untuk memperbaiki siklus haid. Progesteron memiliki andil dalam pembentukan endometrium pada Wanita untuk membantu persiapan kehamilan. Jadi, minum obat ini juga bisa mencegah kehamilan walaupun bukan fungsi utamanya.

  • Merek

Kandungan Norethisterone dalam obat ini juga dapat ditemukan pada merek lainnya. Bila Anda tidak dapat menemukan obat ini di apotek, Anda bisa membeli Primolut N dan Regumen sebagai alternatif. Sebagai wanita, Anda perlu mengetahui merek tertentu yang bisa dipakai dengan fungsi yang mirip untuk keluhan yang Anda rasakan.

  • Harga

Obat menstruasi ini dijual dalam bentuk strip yang berisikan 10 tablet. Ukurannya adalah 5 mg dengan harga bervariasi antara 60.000 sampai 100.000. Dokter akan menyarankan berapa banyak tablet yang Anda harus konsumsi sesuai keluhan.

Haid yang tidak teratur kerap memakai obat ini untuk mengatasinya. Tapi, ada banyak masalah kesehatan lain yang bisa memakai Norelut. Oleh karena itu, perlu Anda ketahui apa saja kegunaan obat ini selain untuk kendala datang bulan.

Berbagai Manfaat Dari Obat Norelut

Kegunaan obat ini berkaitan dengan siklus haid pada wanita. Dokter akan membuat resep dengan Norelut untuk beberapa kondisi seperti gangguan menstruasi. Tapi, ada juga kondisi tertentu dimana dokter memberikan obat ini pada pasien. Berikut adalah manfaat dari obat ini.

1. Mencegah Kehamilan

Bahan aktif norethisterone dapat mencegah kehamilan dengan cara mempertebal cairan vagina. Kemudian Menghentikan pelepasan sel telur pada sekitar separuh siklus haid terjadi. Ini bukan kontrasepsi jadi membutuhkan arahan dokter lebih lanjut.

2.Meringankan Sindrom Pramenstruasi (PMS)

Sakit kepala, migrain, ketidaknyamanan payudara, perubahan emosi sebelum menstruasi yang berlebihan bisa berbahaya. Bila Anda datang ke dokter dengan keluhan ini, dapat diberikan Norelut sebagai obatnya.

3.Perdarahan rahim abnormal

Obat keras ini tidak selalu diberikan berkaitan dengan menstruasi. Obat dengan hormon progesteron buatan ini juga bisa untuk mengatasi pendarahan rahim yang tidak biasa.

4.Pendarahan yang Berat selama Menstruasi

Bila Anda harus mengganti tampon atau pembalut lebih dari dua jam. Haid Anda tergolong pendarahan berat. Terutama bila mengeluarkan darah dengan seperempat kepalan tangan atau lebih besar. Konsultasi dengan dokter sebelum Anda mengalami anemia atau kondisi lainnya.

5.Rasa Sakit Saat Menstruasi

Obat ini mengatur siklus haid dan salah satu efeknya adalah mengurangi nyeri menstruasi. Anda bisa mengkonsumsi 2 sampai 3 tablet saat menstruasi. Tentu dengan berkonsultasi dengan dokter sebelumnya.

6. Endometriosis

Obat ini juga bisa dipakai untuk mengatasi kondisi yang disebabkan oleh jaringan yang tumbuh di luar Rahim.

Kontradiksi Norelut Bagi Pasien

Tidak semua wanita dapat mengkonsumsi obat ini. Terutama karena termasuk obat keras yang membutuhkan resep dokter. Beberapa hal yang menyebabkan Anda tidak bisa minum obat ini adalah :

  • Alergi

Wanita yang alergi pada norethisterone bisa meminta obat lain dengan efek yang mirip.

  • Wanita hamil, berencana hamil dan menyusui

Dokter akan mencari alternatif lain untuk mengatasi keluhan Anda kalau sedang berbadan dua atau menyusui.

  • Riwayat Gangguan Sirkulasi Darah

Sangat penting untuk memiliki satu dokter yang mengetahui sejarah kesehatan. Khusus untuk obat ini, pasien dengan sejarah pembekuan darah abnormal, paru-paru (emboli paru), serangan jantung, ataupun stroke tidak disarankan.

  • Penyakit Berat

Beberapa penyakit seperti kencing manis atau diabetes, kanker yang terkait dengan hormon seks wanita (termasuk kanker payudara), jantung, hati, dan lain sebagainya.

Efek Samping Norelut

Tiap obat tentu memiliki efek samping. Itulah sebab nya meminum obat harus sesuai rekomendasi dokter dan mengikuti cara minum yang tepat. Untuk Norethisterone beberapa efek samping, antara lain:

1.Efek Ringan

sakit kepala, migrain, pusing, sakit perut adalah beberapa efek samping yang termasuk ringan. Anda disarankan istirahat selama mengkonsumsi obat.

2.Payudara bengkak atau sakit.

Obat keras ini terbuat dari hormon buatan yang sebenarnya bisa dihasilkan secara alami pada wanita. Jadi, wajar bila salah satu efeknya adalah rasa tidak nyaman pada payudara

3.Perubahan Berat Badan

Pasien bisa kehilangan atau bertambah berat badan selama minum obat ini

4. Perubahan gairah seks

Untuk beberapa kasus, ada yang mengalami penurunan gairah seksual selama minum obat ini.

5. Masalah Kulit

Efek samping yang bisa dilihat termasuk bercak gelap di kulit, jerawat, gatal, dan ruam kulit.

6. Menstruasi Tidak Teratur

Siklus menstruasi bisa berubah setelah minum obat. Abda bisa merasakan pada bulan pertama dan mungkin kedua setelah minum obat.

7. Konstipasi

Ini adalah obat keras yang bisa menyeimbangkan hormon yang terkait dengan menstruasi. Tapi bisa mempengaruhi sistem pencernaan dan menyebabkan diare atau sembelit.

Jika Anda mengalami salah satu dari efek samping di atas, hentikan konsumsi obat. Datangi dokter untuk mendapatkan saran mengenai kondisi Anda. Anda beberapa efek samping yang sudah diprediksi dokter misalnya sembelit atau sakit kepala. Bila pengaruhnya masih terbilang ringan, lanjutkan minum obat sesuai aturan sampai tuntas.

Sekarang tentu Anda jadi lebih memahami mengenai Norelut, obat untuk gangguan menstruasi dan hormon lainnya. Wanita memang harus waspada terhadap berbagai ketidak seimbangan hormon dan perlu menjaga kesehatan. Memiliki asuransi kesehatan bisa jadi pilihan untuk memberikan perlindungan diri secara maksimal.

Manfaatkan Cekpremi untuk mengetahui berbagai pilihan asuransi kesehatan dari berbagai perusahaan terbaik. Portal online ini adalah platform pembanding untuk membantu Anda memilih asuransi kesehatan sesuai dengan kebutuhan dan budget. Dapatkan informasi lebih lanjut ke situs resminya Cekpremi.com.

REFERENSI:

Honest docs

Halodoc

Klikdokter