Catat! Obat Anyang Anyangan Medis dan Alami yang Aman

obat anyang anyangan

Anda sering mengalami anyang anyangan di malam hari? Saatnya untuk mencari obat anyang anyangan yang tepat. Keinginan ingin buang air kecil terus menerus atau anyang anyangan ini tentunya sangat mengganggu aktivitas harian dan waktu istirahat Anda.

Belum lagi jika sampai Anda merasa sakit seperti nyeri dan terbakar saat buang air kecil. Hal ini bisa terjadi jika anyang anyangan tidak segera diatasi dengan cara yang tepat. Saat ini ada beberapa pilihan obat baik itu medis dan juga alami yang termasuk aman.

Ragam Obat Anyang Anyangan Secara Medis

Penyebab anyang anyangan yang paling sering adalah terjadinya infeksi di saluran kemih. Wanita adalah orang yang lebih sering mengalaminya. Selain infeksi, anyang anyangan yang terlalu sering juga bisa menjadi pertanda adanya batu ginjal.

Sebelum anyang anyangan menjadi penyakit yang serius, Anda sebaiknya segera mengonsumsi obat medis yang kini sudah banyak tersedia di apotek. Bahkan biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk menggunakan obat ini.

  • Urispas

Fungsi dari obat anyang anyangan medis ini adalah untuk melemaskan saluran dan kandung kemih. Ketika terjadi peradangan di bagian tersebut biasanya saluran akan menjadi tegang dan Anda pun akan merasa sakit saat buang air kecil.

Tidak hanya itu, obat ini juga akan mengatasi masalah nyeri bagian bawah perut tempat kandung kemih berada. Obat ini berbentuk kapsul yang bisa Anda konsumsi 3 kali sehari. Khusus Urispas Anda hanya bisa membelinya menggunakan resep dokter.

  • Sanprima

Termasuk obat antibiotik yang bekerja untuk mengatasi infeksi bakteri yang terjadi di saluran kemih. Pertumbuhan bakteri akan dihentikan oleh antibiotik ini sehingga sistem imun tubuh bisa melawan bakteri yang muncul.

Obat ini juga hanya bisa dibeli dengan resep dokter dan bisa digunakan untuk anak-anak. Khusus dewasa Anda bisa mengonsumsinya 2 tablet dalam sehari sedangkan untuk anak-anak obat tablet ini harus dihaluskan dan dosis minumnya setengah sampai 2 sendok takar untuk dua kali minum sehari.

  • Urotractin

Kandungan obat ini adalah asam pipemidat yang fungsinya adalah menghambat pertumbuhan bakteri seperti Sanprima. Obat ini dapat bekerja melawan bakteri gram negatif atau positif yang menyerang saluran kemih Anda.

Juga mengandung antibiotik, obat anyang anyangan di apotik ampuh ini hanya bisa Anda beli dengan resep dokter. Biasanya dosis minum yang dianjurkan adalah 1 kapsul untuk dua kali sehari.

  • Monuril

Tidak hanya menghambat pertumbuhan bakteri, obat anyang anyangan antibiotik ini akan membunuh semua jenis bakteri. Obat ini juga mengandung fosfomycin trometamol dan perlu Anda konsumsi 1 kali sehari saja.

Cukup aman untuk ibu hamil yang mengalami infeksi saluran kemih sehingga sering disarankan oleh dokter. Namun konsumsi obat ini bagi ibu hamil harus sesuai dengan resep dari dokter.

Pilihan Obat untuk Anyang Anyangan yang Alami

Semua obat medis untuk anyang anyangan yang dianjurkan adalah antibiotik dan pembeliannya harus dengan resep dokter. Jadi akan lebih baik jika Anda memeriksakan diri terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi saluran kemih secara pasti.

Biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan tes darah dan tes urine untuk mengetahui kondisi imun tubuh. Dokter akan mengetahui sejauh mana bakteri menyerang berdasarkan hasil tes dan menyarankan obat medis yang tepat.

Sebenarnya tidak ada obat anyang anyangan alami yang perlu Anda konsumsi layaknya obat medis tadi. Namun ada beberapa cara alami yang berfungsi untuk mendukung kinerja obat, begitu juga mencegah infeksi sebelum mengonsumsi obat.

Berikut ini beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan.

  • Hindari Menahan Buang Air Kecil

Cara paling ampuh untuk mengatasi anyang anyangan adalah tidak menunda buang air kecil. Cairan yang keluar mungkin saja volumenya sedikit namun Anda tidak boleh menahannya.

Ketika menahan, bakteri di saluran kandung kemih justru akan meningkat. Jika bakteri meningkat maka Anda akan merasakan gejala lanjutan seperti buang air kecil terasa sakit bahkan sakit pada pinggang bagian belakang.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Penting untuk diperhatikan berapa jumlah air putih yang Anda konsumsi per harinya. Jika biasanya Anda memenuhi standar yaitu 8 gelas sehari, maka kini harus diperbanyak.

Lebih banyak minum air putih akan meningkatkan intensitas Anda membuang air kecil. Cairan yang keluar ini akan bersamaan dengan bakteri yang bersarang di saluran kandung kemih sehingga mencegah terjadinya infeksi lebih lanjut.

  • Rutin Membersihkan Area Intim

Cara ini paling penting untuk diperhatikan, khususnya wanita. Bagi wanita, area intim memiliki kelembaban yang tinggi sehingga memicu pertumbuhan bakteri yang bisa masuk ke saluran kandung kemih.Anda wajib membersihkannya dengan rutin khususnya dari depan ke belakang bukan sebaliknya. Apabila merasa kelembaban di area intim ini meningkat sebaiknya Anda rutin mengganti celana dalam.

  • Memperhatikan Asupan Makanan dan Minuman

Tidak kalah penting adalah soal asupan makanan dan minuman Anda sehari-hari. Khusus untuk makanan Anda sebaiknya menghindari makanan pedas, asam sampai dengan cokelat karena bisa meningkatkan iritasi pada kandung kemih.

Soal minuman, Anda sebaiknya menghindari minuman beralkohol, kafein dan minuman lain yang sifatnya diuretik. Alasannya, minuman jenis ini bisa meningkatkan jumlah urine normal yang diproduksi ginjal.

Minuman jenis ini akan membuat Anda lebih mudah mengalami dehidrasi sehingga bakteri pun akan lebih cepat berkembang. Minuman ini jugalah yang bisa membuat Anda kesulitan untuk menahan buang air kecil.

Jadi sudahkan Anda mengikuti cara untuk mengatasi anyang anyangan dengan alami ini? Apabila cara alami masih belum bisa mengatasinya maka Anda membutuhkan obat anyang anyangan medis dari dokter.

Anda bisa periksa terlebih dahulu ke dokter umum untuk mendapatkan resep obat dan membelinya di apotek. Perlu diperhatikan bahwa infeksi saluran kemih yang jadi penyebab anyang anyangan ini bisa berulang, oleh karena itu Anda harus menjaga kesehatan dengan lebih baik.

Sebagai persiapan menjaga kesehatan Anda membutuhkan asuransi kesehatan sejak dini. Asuransi akan memproteksi diri Anda dari penyakit yang mungkin saja akan datang di kemudian hari. Bandingkan dan temukan asuransi mana yang tepat melalui Cekpremi.

Pastikan Anda mendapatkan pilihan asuransi kesehatan terbaik melalui Cekpremi. Anda pun akan memperoleh proteksi diri yang lebih baik sesuai dengan kebutuhan.

Sumber:

Alodokter

Hello Sehat

Halodoc

Siloam Hospitals