9 Obat Maag Alami yang Aman Dikonsumsi dan Berkhasiat

Obat maag

Maag merupakan kondisi sakit yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Berdasarkan datanya sendiri terdapat 7000 kasus dengan jumlah penderita dispepsia fungsional. Sehingga, obat maag sangat banyak dibutuhkan oleh penderitanya.

Tetapi, konsumsi obat-obatan secara berlebihan seringkali membuat beberapa orang merasa jenuh. Oleh karena itu, obat alami banyak dijadikan alternatif untuk membantu proses penyembuhan.

Maag sendiri merupakan gejala sakit yang ditimbulkan dengan rasa nyeri berlebih di bagian atas. Pada beberapa orang juga diikuti dengan rasa mual. Hal ini membuat penderita maag wajib untuk makan secara rutin dan teratur.

Obat Maag Alami untuk Kesehatan Lambung

Apa saja sih obat lambung alami yang manjur untuk atasi penyakit maag? Berikut beberapa rekomendasi yang bisa Anda jadikan pertimbangan.

1. Jahe Merah

Siapa yang tidak mengenal obat herbal alami jahe merah? Tanaman obat satu ini terbukti efektif untuk meredakan gejala maag pada penderitanya, loh. Secara medis, jahe merah memiliki sifat anti radang yang membantu mengatasi mual berlebih.

Jahe merah sendiri merupakan bahan alami yang juga memiliki sifat gastroprotektif. Di mana, ketika Anda menjadikannya sebagai minuman herbal akan bekerja dengan menekan infeksi pada bakteri helicobacter pylori yang memicu kenaikan asam lambung.

Konsumsi jahe merah secara rutin akan membantu Anda untuk mengurangi jumlah bakteri dan gejala gangguan pada lambung.

2. Daun Kemangi

Daun kemangi merupakan tanaman herbal yang banyak digunakan sebagai lalapan pada saat menyajikan makanan. Daun ini terkenal wangi dan membuat masakan terasa lebih sedap.

Tetapi, tahukah Anda kalau daun kemangi ternyata menjadi salah satu obat maag alami yang cukup ampuh mengatasi penyakit lambung. Pasalnya, daun kemangi ini memiliki sifat anti radang, anti bakteri, dan juga bersifat karminatif.

Sehingga, dalam ilmu kesehatan obat herbal satu ini bisa Anda manfaatkan karena dapat meredakan kejang di saluran usus yang memicu perut kembung. Untuk konsumsi lebih mudah, Anda bisa memodifikasinya dengan mengolah menjadi minuman atau dimasukkan ke dalam makanan.

Tetapi, perlu diingat bahwa konsumsi berlebih daun kemangi juga bisa menyebabkan sakit perut. Oleh karena itu, tambahkan sedikit saja asalkan rutin mengonsumsinya.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloevera pasti sudah tidak asing di telinga, kan? Selain bermanfaat untuk kecantikan wajah, ternyata lidah buaya juga bermanfaat dalam bidang kesehatan, loh.

Pasalnya kandungan gel yang terdapat pada lidah buaya dipercaya memiliki senyawa mineral, vitamin, asam amino, dan sifat anti radang. Sehingga bisa Anda manfaatkan sebagai obat untuk mengatasi maag secara alami dan aman.

Pembuatannya bisa Anda lakukan dengan memodifikasi menjadi jus. Konsumsi secara rutin akan membantu untuk mengurangi nyeri pada ulu hati karena terjadi penurunan produksi asam. Namun, gunakan dengan hati-hati karena aloevera juga mengandung senyawa antrakuinon, ya.

4. Lemon dan Madu

Campuran lemon dan madu memang dipercaya sangat efektif dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan. Salah satunya sebagai obat maag alami yang bisa dengan mudah didapatkan.

Air lemon memiliki kandungan asam yang sangat tinggi. Jika Anda mencampurkannya dengan air hangat dan madu, maka akan memberikan efek alkali. Di mana, nantinya akan menjadi alternatif terbaik untuk mengatasi penyakit maag.

Madu sendiri memiliki sifat antioksidan yang berperan dalam melindungi tubuh dari peradangan. Sehingga cocok untuk mencegah kondisi maag semakin parah. Selain itu, konsumsi campuran lemon dan madu bisa membantu Anda untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh, ya.

5. Kunyit

Obat tradisional asam lambung kunyit menjadi alternatif yang tidak bisa terelakkan. Pasalnya obat tradisional ini memiliki sifat anti peradangan yang bisa meredakan asam lambung, loh.

Salah satu penelitian International Journal of Molecular Sciences pada tahun 2019 lalu juga menerangkan bahwa kunyit efektif dalam mencegah peradangan pada penyakit GERD atau gangguan lambung.

Hal ini dikarenakan kunyit mengandung senyawa anti radang dan juga antioksidan. Sehingga, konsumsi air kunyit secara teratur bisa menurunkan peradangan pada penderita penyakit lambung.

6. Akar Manis

Obat tradisional lain yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi penyakit lambung adalah akar manis. Penggunaan akar manis bisa membantu Anda dalam meningkatkan sekresi lambung dan menahan asam agar tidak naik ke kerongkongan, loh.

7. Kurma

Makanan kesukaan nabi yaitu Kurma ternyata memiliki banyak sekali manfaat dalam dunia kesehatan. Kurma memiliki sifat basa yang bisa menurunkan tingkat keasaman pada lambung penderita, loh.

Hal ini membuat beberapa penderita maag disarankan untuk konsumsi kurma setiap pagi sebagai obat maag untuk menetralkan cairan pada lambung. Selain itu, kurma juga kaya akan antioksidan dan juga vitamin B5 yang bermanfaat terhadap kekebalan dan imunitas tubuh.

8. Air Kelapa

Ingin mencari obat maag yang menyegarkan dan aman untuk dikonsumsi? Anda bisa mencoba air kelapa karena mengandung sejuta manfaat. Tidak hanya menetralkan racun, konsumsi air kelapa akan membantu Anda untuk meringankan sensasi terbakar pada perut akibat peradangan lambung, loh.

Selain itu, konsumsi air kelapa juga bisa mengubah pH tubuh yang terlalu asam menjadi netral. Hal ini bisa terjadi karena terdapat serat yang tinggi untuk mencegah kenaikan asam lambung dan membantu pengobatan pada saluran pencernaan.

9. Teh Chamomile

Anda pasti pernah mendengar fungsi dari teh chamomile untuk membantu seseorang mudah tidur dan menghilangkan efek cemas. Tetapi, ternyata fungsinya tidak hanya sekedar itu saja, loh.

Teh chamomile juga bisa membantu menurunkan asam lambung pada penderita maag karena memiliki sifat anti inflamasi. Konsumsi teh chamomile digabung dengan 1 – 2 sendok madu dapat menjadi alternatif obat maag yang efektif.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang bisa Anda manfaatkan sebagai alternatif untuk pengobatan penyakit maag. Tetapi, jika terdapat gejala berlebih dan tidak bisa diatasi dengan obat alami, maka Anda harus konsultasi kepada dokter.

Untuk mencegah pembengkakan biaya karena harus ke rumah sakit yang membutuhkan dana tidak sedikit. Anda bisa daftar asuransi kesehatan untuk konsultasi permasalahan kesehatan terutama untuk mendapatkan obat maag dengan dosis yang sesuai.

Saat ini perusahaan asuransi cukup banyak dengan berbagai fasilitas lengkapnya. Jika Anda bingung harus memilih perusahan asuransi yang mana, maka bisa mengecek informasi lengkapnya di Cekpremi.com.

Cekpremi.com merupakan layanan yang akan membantu Anda untuk mendapatkan saran perusahaan asuransi sesuai kebutuhan. Mulai dari segi fasilitas, biaya bulanan, dan rujukan rumah sakit. Bersama cekpremi, Anda bisa mendapatkan perusahan asuransi terbaik.



Sumber :

https://realfood.co.id/artikel/obat-maag-alami-yang-ampuh-dan-aman-dikonsumsi

https://www.halodoc.com/artikel/4-obat-herbal-untuk-mengatasi-sakit-maag

https://hellosehat.com/pencernaan/maag/obat-maag-alami-herbal/