Oli Mesin Diesel, Jangan Asal Beli, Berikut Tips Memilihnya

oli mesin mobil

Saat ini terdapat banyak pilihan untuk oli mesin diesel, sehingga hal tersebut dapat membuat kamu merasa bingung untuk memilih mana oli terbaik untuk mobil. Namun kamu tidak bisa memilih oli secara sembarangan.

3 Tips Memilih Oli Mesin Diesel

Oli diesel harus memiliki kemampuan yang lebih baik untuk membersihkan sisa pembakaran bahan bakar diesel, maka kamu harus memilih dengan tepat oli apa yang ingin digunakan. Berikut ini adalah tips untuk memilih oli diesel, yaitu:

  • Memperhatikan Viskositas Oli

Viskositas atau kekentalan oli harus kamu perhatikan, karena viskositas mempengaruhi keawetan mesin mobil, baik untuk mobil baru hingga mobil lama sekalipun.

Penentuan viskositas untuk mobil mesin diesel, yaitu:

  • 5W – 40, biasanya digunakan pada mobil diesel modern dengan teknologi common rail yang usianya dibawah 10 tahun, dan sudah menggunakan bahan full sintetik.
  • 5W – 30, biasanya digunakan pada mobil mesin diesel modern turbo atau non turbo.
  • 10W – 40, biasanya digunakan pada mobil mesin diesel berusia diatas 5 tahun atau diatas 70.000 km.
  • 15W – 40, biasa digunakan untuk mobil diesel yang berusia diatas 10 tahun. Mobil tua tidak membutuhkan oli encer, karena komponennya yang sudah tidak terlalu presisi.
  • Material Oli

Bahan oli adalah hal penting yang harus kamu lihat pada saat pemilihan oli mobil diesel, terdapat 2 material yang biasanya digunakan, yaitu dengan bahan dasar mineral dan full sintetik.

Semakin baik material oli yang digunakan, maka semakin baik pula kualitas oli tersebut. Bagi mobil bermesin diesel modern, kamu dapat menggunakan oli full sintetik. Karena oli tersebut dapat memberikan perlindungan lebih baik dibanding yang berbahan mineral.

  • Memilih Oli yang Khusus

Pemilihan oli dapat ditentukan dengan jenis mobil, contohnya seperti jika mobil kamu menggunakan mesin turbo kamu harus menggunakan oli mesin diesel khusus turbo.

Karena mesin tersebut memiliki suhu yang lebih panas, sehingga membutuhkan oli dengan tingkat ketahanan baik terhadap perubahan suhu. Jika tidak menggunakan turbo, kamu dapat menggunakan oli dengan viskositas yang tepat.

Perawatan pada kendaraan dapat menjadi investasi jangka panjang. Perawatan mobil dengan mesin diesel sangat mudah, dengan cara yaitu:

Cara Merawat Oli Mesin Diesel

  • Mengganti Oli Mesin

Kamu dapat melakukan perawatan mesin dengan mengganti oli mesin secara rutin. Penggantian oli mesin dapat kamu lakukan setelah menempuh jarak setiap 5 ribu km atau setiap 6 bulan sekali.

Selain mengganti oli, kamu juga dapat mengganti filter oli. Harga filter oli cukup terjangkau jika kamu melakukan penggantian secara berkala.

  • Mengganti Filter Solar

Ketika saat mengganti oli, kamu dapat mengganti filter solar. Penggantian filter ini dianjurkan bagi kamu yang mengisi bahan bakar dengan kualitas di bawah rata-rata.

Contohnya seperti menggunakan kualitas solar yang kurang baik atau busuk. Sehingga penggantian filter solar lebih sering dilakukan dibandingkan jika kamu menggunakan bahan bakar solar yang berkualitas.

Merawat mesin mobil dapat memberikan keuntungan di masa depan, yaitu mobil dapat lebih awet digunakan hingga jangka waktu yang cukup lama. Namun dalam perawatan tentu membutuhkan biaya.

Tidak perlu khawatir jika kamu menggunakan asuransi mobil, karena adanya asuransi dapat membantumu dalam menjaga mobil. Kunjungi Cekpremi untuk memilih asuransi terbaik dan terpercaya.

Pertanyaan Seputar Oli Mesin Diesel

Merawat oli mesin diesel dapat kamu lakukan dengan pengecekan secara berkala. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang seringkali ditanyakan terkait oli mesin diesel, yaitu:

Apakah sama antara oli mesin diesel dan bensin?

Perbedaan mendasar antara oli mesin diesel dan bensin berada pada viskositas dan kandungan detergennya, dimana oli diesel memiliki viskositas lebih kental dan kandungan detergen yang lebih banyak dibandingkan oli bensin.

Apa arti 5W 40 pada oli?

Arti dari huruf “W” yaitu berasal dari kata winter (musim dingin) jika merujuk pada sistem multi grading society of Automotive Engineers (SAE). Angka yang ada sebelum huruf W menunjukkan viskositas oli atau kekentalannya pada suhu yang rendah.

Tags: oli mesin diesel, mobil, viskositas, perawatan,

Sumber referensi:

Carmudi