Jarang Orang Tahu, Inilah Daftar Orang Terkaya Di Indonesia

Orang Terkaya Di Indonesia

Mungkin beberapa orang tidak mengetahui siapa saja orang terkaya di Indonesia. Menurut data dari Forbes Real Time Billionaire yang merilis daftar orang paling kaya di Indonesia seperti Robert Budi Hartono dan Low Tuck Kwong.

Seringkali posisi-posisi ini tergeser oleh crazy rich baru. Penasaran siapa saja yang termasuk ke dalam daftarnya? Simak ulasan di bawah ini.

Daftar Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes

Beberapa orang baru yang masuk ke dalam orang terkaya di tanah air ini cukup mengejutkan. Nama baru tersebut salah satunya adalah Lim Hariyanto Wijaya Sarwono. Selain Lim Hariyanto, berikut daftar orang terkaya di Indonesia berdasarkan data dari Forbes Real-Time Billionaires.

1. Sri Prakash Lohia

Untuk orang pertama yang dinobatkan sebagai orang terkaya di Indonesia 2023 yaitu Sri Prakash Lohia. Mempunyai kekayan sekitar US$7,4 miliar atau jika dirupiahkan menjadi sekitar Rp.109,98 triliun. Kekayaan yang dimilikinya ini didapatkan dari hasil produksi PET dan petrokimia lainnya.

Sri Prakash Lohia sudah berkecimpung dalam dunia industri sejak tahun 1970-an bersama dengan ayahnya dengan mendirikan Indorama Corporation. Dalam perusahaan tersebut Sri Prakash dan ayahnya berperan sebagai pembuat benang pintal.

Kini Indorama Corporation berkembang dalam sektor pembangkit tenaga listrik petrokimia, bahan mentah tekstil, sarung tangan medis, serta membuat pupuk polyolefin.

2. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono

Setelah dari sector industry, kini orang terkaya di Indonesia diperoleh dari sektor perkebunan. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono merupakan pengusaha perkebunan kelapa sawit dimana kekayaan yang dimilikinya sekitar US$6,4 miliar atau apabila dirupiahkan menjadi Rp.95,11 triliun.

Lim Hariyanto adalah owner dari perusahaan kelapa sawit melalui bendera Bumitama Agri yang diklaim sebagai emiten di Singapura. Lim Hariyanto juga mendirikan grup Harita bersama dengan mitra kerjanya yang berasal dari China. Bukan hanya memiliki grup Harita, melainkan Lim juga menjadi pemilik smelter nikel di Halmahera, Maluku Utara.

3. Chairul Tanjung

Sosok yang satu ini merupakan seorang pemilik perusahaan CT Corp, dimana perusahaan ini bergerak di beberapa bidang seperti ritel, gaya hidup, dan finansial. Perusahaan ini juga berkecimpung dalam beberapa bidang yakni bidang hiburan, media, dan Sumber Daya Alam (SDA).

Bukan hanya itu, Chairul Tanjung juga mengelola Hypermart dan stasiun TV. Kini jika ditotal, kekayaan Chairul Tanjung mencapai US$4,9 miliar atau jika dirupiahkan menjadi Rp.72,85 triliun. Perlu Anda ketahui, Chairul Tanjung juga terkenal sebab dirinya sebagai penerbit kartu kredit yang banyak digunakan diera sekarang ini.

4. Low Tuck Kwong

Orang terkaya di Indonesia selanjutnya yaitu Low Tuck Kwong. Memiliki jumlah kekayaan senilai US$29,6 miliar atau jika dirupiahkan sekitar Rp.439,91 triliun. Nilai ini jika dikonsumsi dalam kurs Rp.14.862 per dolar AS.

Low Tuck Kwong merupakan bos batu bara dan juga pendiri Bayan Resources. Setelah harga batu bara melonjak pada pertengahan tahun 2022, kekayaang Low Tuck Kwong juga ikut meningkat. Dari sinilah Low Tuck Kwong termasuk ke salah satu orang terkaya Indonesia.

5. Dewi Kam

Menurut Forbes Billionaires Index, Dewi Kam merupakan satu-satunya wanita yang termasuk ke dalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia. Kekayaan yang dimilikinya saat ini sekitar 3,5 miliar dollar AS yang dirupiahkan menjadi Rp.56,62 triliun. Jumlah sebesar ini tentu didapatkannya dari kerja kerasnya dalam dunia bisnis.

Menurut Forbes, kekayaan Dewi Kam diperoleh dari saham minoritas pada perusahaan tambang batu bara Bayan Resources yang ada di Indonesia. Memiliki sekitar 10% saham di tambang batu bara tersebut membuatnya menjadi orang terkaya di Indonesia.

6. Djoko Susanto

Djoko Susanto termasuk ke dalam daftar orang terkaya di Indonesia yang menempati urutan ke-10 berdasarkan majalah Forbes. Kekayaannya ini sudah dirintis sejak tahun 1980-an melalui bisnis ritel. Jumlah kekayaan yang dimilikinya sekitar US$4,1 miliar.

Sumber kekayaan dari Djoko Susanto ini paling besar didapatkan dari perusahaan swalayan PT Sumber Alfaria Trijaya atau akrabnya Alfamart. Sebelum menjadi pemilik swalayan besar ini, Djoko Susanto memulai karirnya melalui usaha keluarga.

7. Budi Hartono

Berdasarkan data dari Forbes Real Time Billionaire, kekayaan Budi Hartono jika dijumlah akan meningkat sekitar US$555 juta dalam sehari. Kenaikan kekayaan dari Budi Hartono ini didukung oleh penguatan emiten dengan kapitalisasi pasar yang besar di Indonesia yaitu Bank Central Asia (BCA) yang merupakan milik keluarga Hartono.

Bukan hanya dari sektor di atas, melainkan kekayaan ini juga dihasilkan dari saham emiten telekomunikasi yang dirintisnya. Peningkatan ini menjadi salah satu yang terbesar diantara para taipan dunia.

8. Prajogo Pangestu

Menurut Forbes, Prajogo Pangestu menjadi orang paling kaya urutan ke-6 di Indonesia. Jika ditotal, jumlah kekayaan Prajogo Pangestu sekitar Rp.91.702 triliun. Kekayaan yang didapatkannya ini bersumber dari bisnis penebangan kayu PT Barito Pacific Timber yang telah dirintis sejak tahun 1970-an.

Bukan hanya disitu, Prajogo Pangestu juga pernah menjabat sebagai Presiden Komisaris PT Tri Polyta Indonesia Tbk, Presiden Komisaris PT Barito Pacific Timber, hingga Komisaris PT Astra International dan juga perusahaan-perusahaan besar lainnya.

Menjadi Orang Terkaya Aman dengan Asuransi Property

Menjadi bagian dari orang ternama, tentu memiliki visi dan misi untuk perkembangan dunia bisnis yang dirintis. Untuk memastikan semua berjalan sempurna, seringkali seseorang memilih asuransi untuk melindungi aset dan kekayaannya.

Seperti misalnya asuransi properti. Properti menjadi aset sentral yang sering jadi pertimbangan. Untuk mengetahui informasi lengkap, Anda bisa memilih mitra melalui cekpremi.com.

Ini merupakan portal online yang memberikan rekomendasi dan memiliki mitra terbaik untuk polis asuransi. Tidak hanya mengenai asuransi properti saja, Anda bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai jenis polis asuransi lain.

Sumber :

CNN Indonesia

Kata Data

Kompas