Cek Ukuran Panjang Mobil Avanza sebelum Membuat Garasi

Thumbnail Artikel CP 2024 08 21T132750.003

Ingin membuat garasi untuk mobil Avanza di rumah? Anda wajib tahu berapa panjang mobil Avanza sebelum membuatnya. Jangan sampai salah membuat ukuran garasi yang membuat mobil justru tidak bisa diparkir dengan baik.

Dimensi mobil Avanza berbeda-beda untuk setiap keluarannya, baik itu mulai dari tahun 2017 sampai yang terbaru 2023. Banyak pemilik mobil yang masih sering keliru soal ukuran panjang dan dimensi mobil yang tepat. Supaya tidak salah lagi Anda bisa cek ukurannya yang tepat ini.

Ukuran Panjang Mobil Avanza 2017 hingga yang Terbaru

Mobil Avanza kerap dipilih karena cocok untuk keluarga dengan kapasitas penumpang dengan supir hingga 7 orang. Ruang kabin yang sangat lega, membuat mobil keluaran Toyota ini nyaman untuk dikendarai luar kota. Tidak heran, jika Anda perhatikan di jalanan mobil ini hampir sering memenuhi perkotaan.

Membuat garasi di rumah untuk mobil Avanza sangatlah penting, pasalnya mobil dapat terlindung dari panas dan hujan. Hal ini dapat membuat mobil bisa lebih awet baik dari segi mesin dan juga body.

Hal paling penting yang wajib diperhatikan sebelum membuat garasi untuk Avanza adalah soal dimensi atau panjang dan lebar mobil. Panjang mobil Avanza pun tidak sama semua. Ada perbedaan ukuran untuk Avanza keluaran baru hingga lama.

Bagi Anda pemilik mobil Avanza bisa menyimak informasi ukuran berikut ini:

  • Toyota Avanza 2017

Mobil keluaran tahun 2017 ini memiliki desain yang lebih maskulin apabila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini bisa dilihat dari segi lampu utamanya dan juga grille mobil yang didominasi warna chrome.

Panjang mobil Avanza 2017 4.190 mm dengan lebar 1.665 mm dan tinggi 1.695 mm. Apabila Anda ingin membuat garasi pastikan untuk memperhatikan ukuran ini. Garasi tidak boleh memiliki ukuran mobil yang pas. Pastikan bagian kanan dan kirinya masih memiliki jarak cukup lebar agar penumpang bisa membuka pintu dengan nyaman.

  • Toyota Avanza 2018

Pada tahun berikutnya, Toyota mengeluarkan lagi Avanza yakni tahun 2018. Tampilannya sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Desain grille warna chrome tidak hanya membuatnya gagah tetapi juga mewah. Menariknya terdapat pada fog lamp sebagai fitur penting untuk pengemudi.

See also Kaki Kaki Mobil Bunyi, Ini Penyebabnya

Soal dimensi, panjang Avanza masih sama yaitu 4.190 mm dan tingginya 1.695 mm. Hanya saja lebar mobil lebih ramping yaitu 1.660 mm. Jika Anda sebelumnya sudah membuat ukuran garasi sesuai Avanza tahun 2017 maka ketika ingin tukar tambah Avanza 2018 tidak masalah. Garasi tetap bisa digunakan untuk mobil baru ini.

  • Toyota All New Avanza

Pada tahun 2021, Toyota meluncurkan Avanza generasi ketiga yang tampil lebih modern. Jika desain sebelumnya memiliki headlamp yang cenderung lebar kini tampil lebih ramping. Bagian grille juga cukup besar yang membuatnya tampil lebih kokoh dan gagah.

Perubahan dimensi mobil juga sangat terasa. Panjangnya sendiri adalah 4.395 mm dan lebar 1.730 mm. Sedangkan untuk tingginya berukuran 1.700 mm, jadi Anda yang memiliki garasi untuk Avanza generasi kedua harus melakukan renovasi. Ukuran mobil jadi lebih panjang dan lebar sehingga garasi pun harus lebih luas.

  • Toyota All New Avanza

Tahun 2023 ini, Toyota masih terus memproduksi mobil andalannya Avanza. Tidak banyak perbedaan yang hadir. Bagian eksteriornya masih menggunakan desain led yang new sharp sehingga tidak tampak terlalu besar.

Dimensinya juga sama yaitu panjang mobil Avanza 2023 adalah 4.395 mm, lebar 1.730 mm dan tinggi 1.700 mm. Apabila Anda sudah membuat garasi untuk Avanza tahun 2021, di tahun 2023 ini Anda tidak perlu mengubah atau renovasi garasi. Aganva 2023 akan tetap bisa masuk dan diparkir dengan aman.

  • Toyota All New Veloz

Generasi pertama Avanza Veloz sendiri dimulai tahun 2011, namun Toyota selalu memperbarui mobil ini hingga di tahun 2023. Hadir dengan transmisi manual dan CVT, Avanza Veloz kerap menjadi favorit. Toyota memberikan desain yang futuristik pada mobilnya ini.

See also Berikut Daftar Mobil yang Cocok untuk Mahasiswa

Dimensi panjang mobil Avanza Veloz pun berbeda, yaitu panjang total 4.475 mm dan lebar 1.750 dan tinggi 1.700. Hal ini juga yang membuat mobil Avanza Veloz tampak lebih bongsor dibandingkan tipe lainnya. Oleh karena itu, Anda yang memiliki Avanza Veloz harus membuat garasi yang lebih besar.

Tips Membuat Garasi Mobil Avanza yang Tepat

Mengetahui panjang mobil Avanza lengkap dengan lebar dan tingginya adalah langkah pertama yang paling penting untuk membuat garasi. Nantinya ukuran ini harus Anda sesuaikan dengan luas lahan yang Anda miliki.

Penting pula untuk menentukan apakah Anda ingin membuat garasi tertutup atau sekedar carport. Jika memilih carport Anda memiliki keuntungan bisa mendapatkan area yang lebih luas untuk memarkir mobil.

Berikut ini tips yang bisa Anda ikuti dalam membuat garasi mobil Avanza.

  • Menentukan Minimal Ukuran Garasi

Anda harus tahu berapa ukuran minimal garasi yang perlu dibuat berdasarkan dimensi mobil. Misalnya ketika lebar mobil 4,1 meter maka garasi harus memiliki lebar minimal 5 meter. Perlu jarak hampir 1 meter untuk ruang berlalu lalang.

  • Sesuaikan dengan Ukuran Area

Setelah tahu ukuran minimal garasi, Anda harus menyesuaikannya dengan ukuran area yang akan dibuat. Perhatikan soal ketebalan dinding yang bisa menghabiskan cukup ruang dalam garasi. Hanya hitung bagian dalam garasi saja yang digunakan untuk memarkir mobil.

Memperhatikan dua tips ini memudahkan Anda untuk mendapatkan ukuran garasi yang tepat. Selalu perhatikan lebar dan panjang mobil Avanza lengkap dengan tingginya agar mobil dapat masuk dengan aman.

Garasi menjadi hal terpenting yang bagi Anda pemilik mobil. Apabila Anda berencana membeli mobil baru dan sudah memiliki garasi di rumah, sebaiknya cek dulu berapa dimensinya. Nantinya mobil bisa langsung diparkir tanpa menambah biaya renovasi lagi.

See also Kopling Mobil Bunyi Saat Dilepas? Ini Penyebabnya!

Selain dimensi, saat membeli mobil Anda juga perlu merencanakan apa asuransi mobil yang tepat untuk dipilih. Pemilihan asuransinya bisa Anda lakukan melalui Cekpremi, di mana Anda bisa membandingkannya langsung mana asuransi yang sesuai kebutuhan. Yuk langsung cek di Cekpremi.