8 Pantai Daerah Medan yang Cocok untuk Liburan Keluarga

Pantai daerah Medan

Saat merencanakan liburan ke pantai, kebanyakan orang pasti akan langsung berpikir tentang Bali dan Lombok. Kedua daerah tersebut memang memiliki banyak pantai indah yang sudah terkenal hingga mancanegara. Namun pantai daerah Medan juga tak kalah bagus dan wajib jadi destinasi wisata saat liburan.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak kekayaan wisata bahari. Tidak hanya Bali dan Lombok yang sudah populer di kalangan wisatawan asing. Banyak juga wilayah lain di Indonesia yang punya wisata pantai dengan keindahan alam yang memukau. Termasuk di kota Medan yang ada di Provinsi Sumatera Utara.

Berbicara tentang Medan, sebagian besar orang akan selalu teringat tentang Danau Toba. Danau dengan latar belakang cerita rakyat yang melegenda itu menjadi sebuah tempat wisata ikonik di Medan. Namun ternyata, Medan tak hanya punya danau tersebut tapi juga punya banyak wisata pantai.

Daftar Wisata Pantai daerah Medan

Apabila Anda berencana pergi ke Medan saat liburan, Anda harus mempersiapkan fisik dan waktu untuk menjelajahi kota tersebut. Pasalnya, Anda tidak hanya akan menemukan keindahan Danau Toba saja. Anda juga bisa menyaksikan langsung keindahan pantai daerah Medan berikut ini.

  • Pantai Cermin

Jika Anda baru saja tiba di Medan, tidak ada salahnya untuk langsung menuju ke Pantai Cermin. Pantai ini merupakan yang paling dekat dengan pusat kota Medan. Dari pusat kota, Anda perlu menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam untuk sampai di pantai ini. Pantai ini juga dilengkapi wahana rekreasi bernama Cermin Theme Park.

Di Cermin Theme Park, Anda bisa mengajak anak menikmati wahana dan permainan yang disediakan seperti water sport, mini zoo, dan horse riding. Terdapat pula banyak food court di sekitar taman rekreasi tersebut. Anda dan keluarga akan mendapatkan pengalaman berlibur yang lengkap di salah satu pantai daerah Medan ini.

  • Pantai Sincanang

Wisatawan yang sangat menyukai pantai wajib datang ke Pantai Sincanang. Pantai ini berjarak kurang lebih 23 kilometer ke arah utara dari kota Medan. Alam yang masih sangat asri dan kepadatan hutan mangrove menjadi daya tarik di pantai tropis ini yang pasti disukai oleh beach lovers.

See also Ternyata Jakarta Memiliki Taman Instagramable, Sudah Coba?

Pengelola juga sudah menyiapkan banyak pilihan aktivitas seru yang bisa dijajal pengunjung. Anda bisa belajar banyak hal tentang tanaman mangrove dan mencoba pengalaman menanamnya secara langsung. Berkunjung ke salah satu pantai daerah Medan ini, Anda tidak hanya bersenang-senang tapi juga belajar banyak hal baru.

  • Pantai Pondok Permai

Masih di satu kawasan dengan Pantai Cermin, ada Pantai Pondok Permai yang bisa jadi tujuan Anda selanjutnya. Pantai ini tidak seramai Pantai Cermin, namun justru jadi tempat yang tepat bagi yang ingin menikmati pemandangan laut dengan lebih tenang.

Laut di pantai daerah Medan ini cukup dangkal. Karena itulah, wisatawan bisa lebih leluasa bermain di laut. Selain itu, tepi pantai ini sering menjadi tempat bermain voli dan layangan. Jadi Anda bisa mencoba kedua aktivitas seru tersebut atau sekadar menjadi penonton. Seperti namanya, di pantai ini terdapat banyak pondok yang bisa jadi tempat bersantai.

  • Pantai Olo

Satu lagi pantai di Medan yang jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota, yaitu Pantai Olo. Uniknya, pantai ini memiliki pinggiran berupa beton sehingga menyisakan pantai berbentuk kolam. Air di pantai ini cukup tenang sehingga pengunjung bisa berenang dengan aman. Di pinggir pantai, ada deretan bangku yang bisa dipakai untuk duduk santai.

Pantai Olo juga jadi tempat favorit para pengunjung yang punya hobi memancing. Sayangnya, pantai ini kurang terawat sejak pemiliknya meninggal dunia. Di sisi lain, pantai ini terbilang kalah saing dengan wisata pantai daerah Medan lainnya.

  • Romance Bay Island

Ingin bersantai di pinggir pantai dengan nuansa romantis? Anda bisa datang ke Romance Bay Island. Pantai tropis yang menghadap ke laut timur pulau Sumatera ini merupakan tempat wisata hits. Pengelola pantai sengaja menghadirkan wahana terbaru dan ciri khas yang menjadikan pantai ini berbeda dan unik.

See also Tips Asuransi Perjalanan Internasional untuk Liburan Luar Negeri

Di sisi pantai, terdapat banyak gazebo bambu yang dihiasi kelambu bernuansa pink. Kelambu yang beterbangan tertiup angin menghasilkan pemandangan yang terasa hangat dan romantis. Gazebo itu juga bisa spot foto kesukaan pengunjung, terutama yang datang bersama pasangannya.

  • Pantai Sialang Buah

Pantai Sialang Buah berlokasi di Desa Sialang Buah, Kecamatan Teluk Mengkudu. Dari pusat kota, pantai daerah Medan ini dapat ditempuh dengan jarak 60 kilometer menggunakan mobil. Anda bisa terlebih dahulu menuju Desa Matapao karena di sana ada petunjuk arah menuju Pantai Sialang Buah.

Pantai Sialang Buah jadi tempat yang tepat bagi pengunjung yang ingin berburu ikan laut segar. Pasalnya pantai ini sekaligus menjadi tempat pelelangan ikan. Tidak hanya ikan segar, Anda juga bisa membawa pulang oleh-oleh souvenir yang terbuat dari kerang. Di pantai ini, ada banyak gubuk untuk tempat bersantai.

  • Pantai Bali Lestari

Diberi nama Bali Lestari, pantai ini memang mirip dengan pantai yang ada di Jimbaran, Bali. Kemiripannya terlihat dari dekorasi dan ornamen yang digunakan untuk menghias pantai ini, seperti payung berwarna-warni di sepanjang pantai. Dekorasi itu menjadi spot foto menarik yang tidak pernah dilewatkan pengunjung.

Selain payung beraneka warna, di beberapa titik di pantai ini juga terlihat pepohonan yang dihiasi sarung Bali. Dekorasi itu juga yang membuat pantai ini semakin mirip dengan pantai di Bali.

  • Pantai Mutiara

Selain Pantai Cermin, Anda juga bisa datang ke Pantai Mutiara karena kedua pantai ini berada di wilayah yang sama. Ciri khas dari pantai ini adalah pasir putihnya yang bersih dan pepohonan yang menjuntai ke arah laut.

Dihiasi dengan deretan batu karang, pemandangan di pantai ini semakin terlihat indah. Ditambah dengan suasana yang tenang dan tidak terlalu ramai menjadikan pantai ini sering dijadikan tempat untuk healing.

See also Liburan Seru di Jatim Park 3, Yuk Simak Informasi Lengkapnya

Itulah daftar wisata pantai daerah Medan yang populer dan cocok jadi tujuan liburan bersama keluarga. Pastikan perjalanan Anda berlibur bersama orang tersayang terjamin keamanannya dengan memiliki asuransi perjalanan.

Kunjungi cekpremi.com untuk mendapatkan informasi lengkap tentang berbagai jenis produk asuransi. Lalu temukan asuransi yang paling tepat sesuai kebutuhan Anda sebagai jaminan keamanan dalam hidup.

Referensi:

Pinhome

Traveloka

Pariwisata