Wisata Kuri, Pantai di Maros dengan Pesona Bahari Memukau

Pantai di Maros

Bingung menentukan destinasi wisata untuk mengisi waktu liburan? Sudah pernah mengunjungi Pantai di Maros, Sulawesi Selatan? Pantai Kuri adalah salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Pantai ini dikenal dengan pasir putihnya yang halus dan keindahan alamnya yang memukau. Menentukan pilihan liburan di sini bisa menjadi opsi tepat bagi Anda yang ingin mengisi waktu liburan sembari memanjakan mata.

Apa Saja Daya Tarik Pantai di Maros Ini?

Pantai Kuri di Maros, Sulawesi Selatan, memiliki daya tarik alam yang menakjubkan. Beberapa daya tariknya termasuk:

1. Pasir Putih

Pantai ini memiliki pasir putih yang indah, menciptakan suasana santai untuk berjemur atau bermain pasir. Anda dapat menikmati pemandangan indah laut Selat Makassar yang tenang dan biru dari pantai Kuri. Di sepanjang pantai dikelilingi oleh hutan bakau indah, yang dapat menjadi tempat yang bagus untuk berjalan-jalan atau menikmati keindahan alam.

Bahkan, Anda pun bisa membuat hammock sebagai cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu dengan teman-teman atau keluarga di pantai. Ketika malam hari, suasana tenang dan kelap kelip kota Makassar bisa Anda nikmati. Pantai ini juga menawarkan pemandangan matahari terbenam yang mengagumkan, menjadi tempat yang sempurna untuk menikmati senja.

2. Pemandangan Bebatuan

Pantai di Maros ini terkenal dengan keindahan bebatuan yang unik. Batu karang dan bebatuan di sekitar pantai ini memiliki beragam bentuk, warna, dan tekstur yang menarik. Pengunjung sering datang ke sini untuk menikmati pemandangan alam yang sangat indah dan berfoto di sekitar bebatuan yang indah.

Meski belum diketahui secara pasti, terkait bagaimana lempengan ini memenuhi pantai. Pasalnya, lokasi pantai ini cukup jauh dari pegunungan. Namun banyak yang percaya, bahwa bebatuan tersebut memang berasal dari aktivitas gunung berapi, yakni magma vulkanik ribuan tahun lalu.

See also 13 Wisata Pantai Sukabumi yang Keren untuk Mengisi Liburan

Batuan ini semakin terlihat seiring dengan surutnya permukaan air. Hati-hati ketika Anda berjalan di atasnya, karena kondisi batuannya licin. Batu tersebut selalu terendam air, yang membuat lumut juga akan tumbuh di atasnya.

3. Kampung Nelayan

Pantai di Maros dikenal sebagai tempat yang indah dan memiliki budaya nelayan yang masih asli. Anda bisa menikmati suasana pantai, mencoba makanan laut segar, dan berinteraksi dengan masyarakat setempat. Di sini Anda dapat melihat beberapa perahu nelayan bersandar di dermaga kecil.

Anda pun bisa menjumpai aktivitas para penduduk di pesisir pantai. Berbagai biota laut seperti kepiting bakau juga mudah dijumpai. Kepiting bakau sendiri menjadi salah satu sajian lezat yang bisa dicoba.

4. Keindahan Mangrove

Bukan hanya keindahan objek wisata pesisir pantai saja. Wisatawan juga bisa mencoba melewati lorong-lorong indah di Hutan Mangrove yang udaranya sangat sejuk, serta suasana teduh dan menenangkan. Tidak heran bila para pengunjung sering menghabiskan waktu di sekitar sini.

Ditambah lagi, Anda dapat bersantai sembari tetap menghirup hawa segar. Apabila tertarik, Anda juga bisa mencoba untuk menyusuri lorong-lorong mangrove ini dengan menyewa perahu nelayan setempat. Melihat berbagai daya tarik ini, bisa dibilang bahwa ekosistem Pantai Kuri memang benar-benar terjaga dengan baik.

Anda bisa merasakan nuansanya yang masih alami. Penduduk lokal atau warga di sekitar pesisir juga sangat menjaga lingkungannya. Sehingga ketika di sini, Anda akan sangat jarang menemukan sampah plastik.

Begitupun dengan alat yang digunakan untuk menangkap ikan, para nelayan ini lebih memilih untuk memanfaatkan alat yang aman dan ramah lingkungan. Tujuannya supaya tidak merusak terumbu karang dan biota laut, agar tetap terjaga keberagaman dunia bawah lautnya.

See also Ini Dia Negara Bebas Visa untuk Wisatawan Indonesia

Fasilitas Pantai Kuri di Maros

Mengingat pantai yang satu ini termasuk ke dalam pantai yang menjadi rekomendasi, maka berbagai fasilitas tersedia untuk mendukung kenyamanan. Ada pula area parkir kendaraan yang berukuran cukup luas untuk menampung banyaknya pengunjung atau wisatawan yang datang.

Belakangan, lokasi wisata ini juga memperluas area parkir demi kenyamanan pengunjung. Langkah tersebut dilakukan oleh pihak pengelola guna mengatasi terjadinya lonjakan wisatawan ketika memasuki musim liburan. Selain area parkir, Anda pun dapat memanfaatkan fasilitas ibadah seperti mushola yang bersih.

Tersedia pula, fasilitas toilet untuk membersihkan atau membilas diri setelah Anda puas bermain pasir dan menjelajah pesisir pantai. Penginapan terdekat tersedia untuk Anda yang ingin bermalam di area sekitar pantai, dimana aksesnya bisa dijangkau dengan mudah.

Fasilitas lengkap lain seperti warung yang menjual makanan dan minuman juga tersedia dengan berbagai sajian laut khas warga setempat. Berlibur ke sini, jelas akan memanjakan mata Anda, memberikan rasa nyaman, serta ketenangan.

Akses Menuju Pantai di Maros

Pantai di Maros ini, lokasinya tidak jauh dari pusat kota Makassar atau Maros, Sulawesi Selatan. Apabila Anda melakukan perjalanan dari area Bandara Sultan Hasanuddin, maka Anda akan membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 15 menit untuk perjalanan.

Sementara untuk rutenya sendiri, Anda dapat melewati Jalan tol Ir. Sutami, yang kemudian dilanjutkan dengan menuju ke arah Jl. Poros Pattene. Jalan ini perlu Anda lalui sekitar 7 km dari lokasi tujuan Anda, yakni pantai Kuri. Perjalanan Anda ke sini, tentu masih belum berakhir dan memerlukan perjuangan ke tempat tujuan.

Pasalnya, Anda harus melanjutkannya dengan berjalan kaki hingga tiba ke area pantai. Jika Anda berkunjung kesini dengan naik kendaraan umum, maka pengeluaran Anda untuk biaya transportasi akan cukup banyak. Sekitar Rp50.000 – Rp60.000 dengan menggunakan bis.

See also 10 Hotel dengan Desain Terunik di Dunia, Harga Fantastis!

Selain itu, dengan menggunakan kendaraan umum, maka Anda akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk perjalanan. Lain halnya bila menggunakan kendaraan pribadi, maka Anda hanya memerlukan biaya untuk pengisian bahan bakar saja.

Namun perlu diperhatikan, pastikan untuk merencanakan kunjungan Anda dengan baik, membawa perlengkapan yang diperlukan, serta memiliki jaminan atas kelancaran selama perjalanan. Miliki jaminan proteksi dengan membeli polis asuransi perjalanan sebelum berkunjung ke Pantai di Maros.

Asuransi perjalanan dapat membantu melindungi Anda dari biaya medis yang tinggi, jika Anda mengalami masalah kesehatan atau cedera selama perjalanan. Pihak penanggung jawab juga akan melakukan penggantian biaya jika Anda harus membatalkan atau menunda perjalanan karena alasan tertentu.

Seperti sakit, kecelakaan, atau masalah lain yang tak terduga hingga kerugian akibat kehilangan bagasi. Dapatkan informasi lengkap terkait produk asuransi dari mitra yang terjamin melalui tim ahli Cekpremi.com.

REFERENSI

Atourin

Celebes

Maroskab

Pesisir