Pantai Kuala Kambas, Destinasi Wisata Favorit di Lampung

Pantai Kuala Kambas

Siapa yang tidak suka dengan keindahan laut yang bisa memanjakan mata. Beberapa masyarakat menjadikan destinasi pantai sebagai tempat untuk melepas penat. Bagi Anda yang menyukai keindahan pantai, berkunjung ke pantai Kuala Kambas yang ada di kota Lampung ini bisa menjadi pilihan.

Pantai Kuala Kambas yang ada di kota Lampung ini merupakan salah satu destinasi wisata dari Taman Nasional Way Kambas. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengunjungi pantai ini pastinya akan melalui taman nasional terlebih dahulu.

Kondisi dari pantai Kuala Kambas ini sendiri masih cukup terjaga dan sangat alami. Sehingga Anda tidak akan menemukan tumpukan sampah yang berserakan di sekitar bibir pantai.

Tentang Pantai Kuala Kambas di Lampung

Tahukah Anda jika wisata Lampung Timur ini memiliki ciri khas tersendiri? Pantai ini memiliki ciri khas yang mempesona dan memanjakan mata setiap pengunjung. Di sekitar pantai tumbuh pepohonan cemara yang cukup indah.

Selain itu, lokasi pantai Kuala Kambas yang cukup terpencil membuat suasana pantai sangat menenangkan. Pantai ini sangat menarik untuk merelaksasi pikiran.

Warna pasir dari pantai ini juga bisa dibilang unik dan langka. Umumnya pasir pantai akan berwarna coklat maupun putih, namun di pantai ini Anda akan menemukan pasir yang berbeda. Warna pasir dari pantai Kuala Kambas yaitu berwarna kuning.

Hal ini tentu saja menjadi ciri khas tersendiri bagi destinasi pantai yang satu ini. Lokasi pantai yang cukup terpencil membuat pantai ini sangat minim fasilitas yang tersedia. Walaupun minim fasilitas, tetapi pantai ini menyediakan gazebo untuk beristirahat bersama.

Lokasi Pantai Kuala Kambas

Pantai Kuala Kambas
Sumber : dok. Wisato

Tahukah Anda bahwa pantai ini menjadi salah satu destinasi alam yang cukup terpencil? Hal ini dikarenakan letak pantai yang cukup jauh dari pusat Taman Nasional Way Kambas. Terlebih lagi cara untuk menuju pantai sedikit sulit dan mengharuskan pengunjung menggunakan jalur air.

Anda diharuskan untuk menyusuri aliran sungai untuk bisa sampai di pantai Kuala Kambas ini. Kepopuleran pantai ini disebabkan karena letaknya yang tidak jauh dari taman nasional. Setiap pengunjung bisa beramai-ramai pergi ke sana setelah berlibur di Taman Nasional.

Taman Nasional Way Kambas sendiri menyajikan wisata kehidupan alam yang indah. Di dalamnya terdapat puluhan satwa yang masih hidup di alam bebas dan tidak dikurung seperti di kebun binatang.

Maka dari itu, banyak masyarakat yang mengunjungi taman nasional tersebut untuk berlibur. Sehingga pantai indah seperti Kuala Kambas juga ikut terdampak kepopuleran dari taman nasional. Apalagi keindahan pantai dan taman nasional yang ada di kota Lampung ini tetap terjaga dengan baik.

Bagi pecinta pantai, tentunya destinasi ini menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Hal ini dikarenakan Kuala Kambas memiliki ciri khas tersendiri yang tidak ada pada pantai lainnya. Apalagi suasana pantai yang masih cukup asri dan segar, menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda yang ingin refreshing.

Rute Perjalanan untuk Menuju ke Pantai Kuala Kambas

Untuk menuju ke pantai, Anda tentunya harus melewati gerbang area taman nasional terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan jalur air. Dengan ini Anda harus mengeluarkan biaya akomodasi untuk kontribusi tiket masuk ke area pantai.

Perjalanan yang ada juga bisa ditempuh dengan dua rute, yaitu melalui pos sungai Way Kanan maupun Kuala Penet. Anda bisa memilih rute perjalanan yang paling efektif menuju ke pantai. Berikut rute perjalanan menuju lokasi pantai Lampung Timur ini:

  • Pos Sungai Way Kanan

Cara pertama yaitu Anda bisa melalui jalur sungai Way Kanan. Kondisi dari sungai Way Kanan ini sangat panjang dan ada beberapa titik yang berbahaya. Titik yang ada merupakan titik dimana terdapat sebuah curug, sehingga titik tersebut cukup berbahaya bagi perahu yang melintas.

Namun, Anda bisa melalui titik pos sungai Way Kanan untuk menuju ke arah pantai. Letak dari pos sungai Way Kanan itu sendiri berada di dalam area taman nasional. Sehingga cara ini menjadi salah satu rute pertama yang bisa Anda gunakan untuk menuju ke pantai.

  • Kuala Penet

Cara kedua yaitu Anda bisa melalui rute Kuala Penet yang berada di tepi wilayah taman nasional. Lokasi Kuala Penet berada di daerah Margasari, Lampung Timur. Area tersebut merupakan area pemukiman penduduk, sehingga Anda tidak perlu masuk ke area taman nasional.

Kelebihan memilih rute perjalanan melalui kuala penet ini yaitu Anda akan disuguhi pusat perbelanjaan atau food court. Sehingga daerah Kuala Penet menjadi rute perjalanan yang direkomendasikan untuk menuju pantai Kuala Kambas.

Untuk rute perjalanan menuju pantai, Anda bisa memilih salah satu rute terbaik dan cukup efektif agar bisa sampai ke lokasi. Kedua rute tersebut tentunya menyajikan pemandangan yang indah untuk sampai di lokasi pantai. Anda akan dimanjakan dengan berbagai pemandangan yang masih asri dan sejuk.

Cara Akses dan Biaya Tiket Masuk Pantai

Untuk akses menuju lokasi pantai bisa menggunakan dua cara. Rute pertama yaitu melalui pos sungai Way Kanan, dan rute kedua melalui Kuala Penet. Untuk saat ini, biaya masuk ke area pantai masih gratis dan tidak dipungut biaya apapun. Anda bisa menikmati pesona pantai kuala kambas dengan sepuasnya.

Walaupun akses menuju pantai cukup sulit, tetapi pantai tersebut selalu ramai pengunjung setiap harinya. Pantai tersebut juga menjadi salah satu rekomendasi destinasi laut yang perlu didatangi bagi pecinta pantai maupun laut.

Anda bisa menikmati keindahan pantai dengan bebas. Di sana Anda juga bisa menikmati pemandangan sambil ditemani dengan air kelapa segar. Untuk peristirahatan, di setiap bibir pantai terdapat sebuah gazebo yang cukup nyaman untuk bersantai bersama keluarga.

Tentunya sebelum melakukan perjalanan banyak hal yang perlu Anda siapkan. Dari lokasi liburan, perlengkapan yang dibawa, dan lain sebagainya. Untuk melakukan setiap perjalanan, Anda juga memerlukan sebuah asuransi perjalanan agar liburan menjadi aman dan terlindungi.

Kunjungi website cekpremi.com untuk mendapatkan informasi asuransi terbaik dan termurah di Indonesia. Pastikan sebelum Anda berlibur ke pantai Kuala Kambas atau tempat lainnya, Anda sudah memiliki asuransi. Anda bisa melakukan perjalanan dengan lebih nyaman dan penuh ketenangan.

Referensi

Orbit

Sewaktu