Pantai Pacar, Wisata Hits di Tulungagung dengan Keunikannya

pantai pacar

Sebagai negara kepulauan, Indonesia punya banyak wilayah yang berbatasan langsung dengan laut. Sudah pasti, ada banyak pantai yang menjadi pemandangan umum. Salah satu dari sekian banyak pantai, ada Pantai Pacar di Tulungagung yang menjadi destinasi wisata hits terutama di kalangan milenial.

Tulungagung adalah salah satu kabupaten di provinsi Jawa Timur yang letaknya yang berada di wilayah paling selatan. Hal itu menjadikan Tulungagung berbatasan langsung dengan laut. Karena itu juga, Tulungagung punya sejumlah pantai yang beberapa menjadi destinasi wisata terkenal dan selalu ramai pengunjung.

Pantai Pacar adalah pantai dengan pemandangan menakjubkan yang wajib masuk dalam daftar tempat yang harus dikunjungi saat ke Tulungagung. Keindahan pantai ini sudah diakui hingga banyak orang yang penasaran ingin berkunjung. Selain itu, pantai ini menyimpan banyak keunikan dan hal menarik yang menjadikannya berbeda dengan pantai lainnya.

Daya Tarik Pantai Pacar di Tulungagung

Bagi wisatawan di luar provinsi Jawa Timur dan di luar pulau Jawa mungkin masih asing dengan nama Pantai Pacar. Padahal pantai ini tak kalah indah dari pantai yang namanya sudah cukup dikenal. Seperti apa daya tarik pantai ini yang menjadikannya layak sebagai tujuan wisata favorit? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

  • Pantai Tersembunyi yang Tenang

Pantai Pacar berada di desa Pucang Laban, kecamatan Pucang Laban. Untuk sampai ke pantai ini, Anda perlu menempuh jarak sekitar 35 kilometer selama kurang lebih 1 jam dari pusat kota Tulungagung ke arah selatan. Akses jalannya sudah cukup mudah namun Anda harus melalui jalanan menanjak dan menurun.

Pantai ini berlokasi di wilayah yang tidak terlalu padat penduduk sehingga suasana di pantai ini sangat tenang. Selain itu, area pantai ini juga masih bersih karena memang belum banyak dikunjungi wisatawan dari luar daerah. Jika Anda tidak suka keramaian, sebaiknya datang ke pantai ini di luar musim liburan.

  • Punya Banyak Spot Foto

Daya tarik lain dari pantai ini adalah banyaknya spot foto. Kelebihan inilah yang menjadikan banyak kaum muda senang datang ke pantai ini. Pemandangan laut dengan pasir putih dan air yang berwarna biru jernih bisa menjadi latar belakang foto yang sangat indah. Dengan dukungan kualitas kamera dan kemampuan memotret, hasil fotonya dijamin memuaskan.

Waktu terbaik untuk mengambil foto di pantai ini adalah pagi atau sore hari. Pasalnya di kedua waktu tersebut, cahaya matahari bisa menjadi pencahayaan alami yang akan menghasilkan foto yang bagus. Selain pemandangan laut dan pantai, area sekitar juga bisa jadi spot foto terbaik.

  • Bisa jadi Area Berkemah

Selain menikmati keindahan pemandangannya, Anda juga bisa melakukan banyak aktivitas menarik lain di pantai ini. Salah satunya adalah berkemah di tepi pantai. Pantai ini memiliki kontur yang landai sehingga cocok untuk mendirikan kemah. Berkemah di pantai ini bisa jadi ide untuk mengisi waktu liburan.

Suasana berkemah di pantai ini terasa semakin berkesan karena debur ombak di malam hari akan jadi suara alami yang menenangkan. Anda juga bisa merencanakan kegiatan memasak ikan bakar untuk menghabiskan waktu di malam hari. Sementara di pagi hari, Anda akan dimanjakan dengan sinar matahari yang hangat dan nuansa yang tenang.

  • Wisata Alam Murah Meriah

Ingin menikmati keindahan alam tanpa keluar banyak uang? Pantai Pacar bisa jadi jawabannya. Pasalnya, Anda hanya perlu membayar sejumlah Rp5.000 per orang untuk bisa masuk ke kawasan pantai ini. Dengan harga tiket yang murah meriah, Anda sudah bisa menikmati fasilitas lengkap seperti toilet dan tempat parkir.

Meski tiket masuknya tergolong murah, Anda akan disajikan pengalaman menikmati pantai yang tak terlupakan. Dijamin Anda tidak akan menyesal berkunjung ke pantai ini karena keindahan panoramanya. Maka Anda juga tak perlu ragu mengajak teman, saudara dan keluarga untuk bersama-sama menikmati keindahan pantai ini.

  • Air Terjun Mini yang Unik

Tidak hanya pantai dan laut, kawasan wisata ini juga memiliki spot air terjun mini yang unik. Dikatakan mini karena air terjun ini hanya setinggi beberapa meter. Meski tidak terlalu tinggi, aliran airnya cukup deras terutama saat musim hujan. Inilah spot unik di Pantai Pacar yang menjadi daya tarik tersendiri.

Air yang mengalir dari ketinggian langsung jatuh tepat di pasir kemudian menuju laut. Pengunjung bisa bermain di bawah air terjun tersebut sambil menikmati suhu airnya yang dingin dan beriak. Sembari merasakan guyuran air, jangan lupa mengabadikan momen untuk dijadikan kenangan yang berkesan.

  • Nama yang Mengundang Rasa Penasaran

Nama Pantai Pacar juga tak luput dari rasa penasaran setiap orang yang mendengarnya. Kebanyakan orang pasti akan langsung mengira bahwa maksud dari nama pantai ini adalah pacar yang berarti sepasang kekasih. Banyak juga yang menyangka tempat ini kerap didatangi oleh pasangan muda mudi yang memadu asmara.

Nyatanya, nama unik pantai ini merupakan pemberian masyarakat sekitar yang dulunya menemukan banyak tanaman pacar air di wilayah tersebut. Dulunya, tanaman pacar air mendominasi wilayah tersebut dengan bunganya yang berwarna-warni. Karena penebangan hutan, pacar air tidak lagi tumbuh di sekitar pantai tersebut.

  • Pasir Putih dan Batu Karang

Daya tarik selanjutnya dari pantai ini yang mengundang kekaguman pengunjung adalah pasirnya yang berwarna putih bersih. Apalagi pantai ini memang belum banyak dikunjungi sehingga tidak terlalu banyak sampah. Pasir putihnya tetap terjaga kebersihannya dan menjadi arena bermain yang menyenangkan.

Pemandangan laut yang indah semakin sempurna karena Pantai Pacar juga dilengkapi baru karang yang memesona. Batu karang di tengah laut menjadi pemandangan yang memukau mata ketika diterjang ombak. Seperti itulah keindahan pantai ini yang membuatnya berbeda dari wisata bahari lainnya bahkan di daerah yang berdekatan.

Itulah informasi tentang daya tarik Pantai Pacar di Tulungagung yang membuatnya layak menjadi tujuan wisata wajib dikunjungi. Jangan ragu untuk menikmati keindahan pantai tersebut yang namanya sedang populer di kalangan wisatawan.

Agar bisa menikmati perjalanan liburan yang nyaman, penuh kesan dan bebas khawatir, Anda perlu memiliki asuransi perjalanan. Temukan produk asuransi yang paling tepat sesuai kebutuhan Anda dengan mengunjungi cekpremi.com.

Referensi:

Traveloka

Pantai Nesia

Caping