7 Wisata Pantai Wonosari Jogja yang Paling Hits!

Pantai Wonosari Jogja

Jogja memiliki banyak sekali objek wisata, salah satunya objek wisata pantai. Ada sebuah daerah bernama Wonosari, di mana daerah ini memang terkenal dengan wisata pantainya. Wonosari sendiri tepatnya ada di daerah Gunung Kidul, di mana punya tempat-tempat wisata pantai yang hits dan juga eksotis untuk para wisatawan lokal hingga mancanegara. Apakah Anda penasaran dengan wisata pantai Wonosari Jogja dan butuh referensi pantai terbaik?

Wisata Pantai Wonosari Jogja

Untuk Anda yang ingin mengunjungi wisata pantai Wonosari Jogja yang terkenal, berikut beberapa referensinya.

  • Pantai Baron

Destinasi wisata pantai Wonosari Jogja yang pertama adalah Pantai Baron. Pantai ini punya pemandangan air laut yang sangat bersih dan terdapat gradasi warna kebiruan yang cantik. Pantai ini memiliki ombak yang relatif aman, jadi Anda bisa melakukan aktivitas berenang atau bermain air baik orang dewasa maupun anak-anak.

Pantai Wonosari Jogja ini punya keunikan yaitu diapit oleh dua bukit di sisi kiri dan kanan, sehingga pemandangan yang disajikan sangat indah. Di pantai ini, Anda juga bisa sekalian beli aneka macam ikan segar langsung dari para nelayan. Di pantai Anda juga akan menemukan pemandangan perahu tradisional milik para nelayan, yang sengaja berjejer di tepi pantai.

  • Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran juga merupakan salah satu pantai Wonosari yang hits yang ada di Wonosari. Di pantai ini, Anda akan menemukan ombak besar yang airnya jernih dengan gradasi warna putih didukung pula dengan hamparan pasir putih dan pepohonan yang sangat rindang. Bahkan wisata pantai ini merupakan destinasi wisata yang masih cukup alami dengan letak cukup tersembunyi.

Di pantai ini selain menikmati pemandangan alam, tentu saja Anda juga bisa sekalian menikmati olahan kuliner siput yang berasal dari landak laut. Bahkan disebut-sebut, Anda hanya bisa menikmati kuliner landak laut jika ke Pantai Ngobaran saja.

  • Pantai Timang

Pantai Timang adalah wisata pantai Wonosari Jogja dengan pasir putih bersih dengan deburan ombak yang cukup besar. Karena pantai ini memiliki ombak yang besar, jadi memang pengunjung dilarang untuk melakukan aktivitas berenang. Namun meski tidak bisa berenang, Anda tetap bisa menikmati aktivitas lainnya yaitu menyaksikan hempasan ombak yang besar dengan kereta gantung.

See also 5 Cara Asyik Memanfaatkan Cuti Bersama 2023

Kereta gantung ini masih cukup tradisional karena terbuat dari kayu dengan tali tambang sebagai pengaman. Anda yang ingin melakukan kegiatan memacu adrenalin maka wajib menggunakan kereta gantung ini. Perlu diketahui, bahwa kereta gantung yang bisa Anda gunakan tersebut ternyata digunakan pula oleh para nelayan untuk membawa hasil tangkapan lobster yang ada di Pulau Waru Panjang. Lokasi wisata satu ini tempatnya ada di Jalan Pantai Selatan, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

  • Pantai Kukup

Pantai indah di Wonosari Jogja ini merupakan wisata pantai yang ada di Gunung Kidul dengan keindahan alam yang masih sangat asri. Di pantai ini anda bisa menemukan pulau karang yang diberi nama Pulau Jumino. Pulau karang ini memiliki gardu pandang untuk fasilitas para wisatawan yang ingin melihat-lihat pemandangan Samudra Hindia.

Pasir Kukup menawarkan keindahan pasir putih pantai yang cantik dan juga bersih, pantai ini juga memiliki obat yang cukup tenang jadi Anda bisa melakukan aktivitas berenang dan bermain air. Di pantai ini Anda juga bisa melihat-lihat gugusan terumbu karang di bibir pantai.

  • Pantai Gesing

Pantai Gesing adalah salat wisata pantai Wonosari Jogja. Pantai ini memiliki suasana yang cukup sepi dan tenang, cocok sekali untuk Anda yang ingin melakukan healing dengan pemandangan pantai yang sangat menawan. Di dekat Pantai Gesing, terdapat perkampungan nelayan di mana Anda bisa menyaksikan panorama jajaran perahu tradisional di dekat bibir pantai.

Pantai ini juga punya hamparan pasir putih yang sangat memukau dan terdapat bebatuan karang yang bisa Anda lihat secara jelas saat air laut sedang surut. Air laut di pantai ini juga masih sangat jernih dengan gradasi warna hijau kebiruan yang sangat eksotis. Lokasinya ada di Bolang, Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunung Kidul.

  • Pantai Jogan

Pantai satu ini lokasi tempatnya ada di daerah Kecamatan Tepus. Pantai Wonosari Gunung Kidul ini sendiri memiliki keunikan yaitu terdapat air terjun yang airnya langsung mengarah ke laut dengan ketinggian 10 m. Jadi selain melihat keindahan pantai, Anda juga bisa menikmati pesona air terjun yang asalnya dari air di perbukitan kapur Gunung Sewu.

See also 8 Rekomendasi Lagu yang Cocok untuk Video Traveling Tidak Terlupakan

Pantai ini juga menghadap langsung ke arah Samudera Hindia, sehingga Anda bisa melihat bentang lautan yang ada di pantai secara luas. Namun untuk bisa mengunjungi pantai ini, para pengunjung harus menuruni bebatuan karang. Jadi bisa dibilang untuk mengunjungi pantai Anda wajib punya kewaspadaan tinggi, karena bebatuan licin akibat terkena ombak pantai. Di pantai ini banyak juga orang-orang melakukan aktivitas camping.

  • Pantai Siung

Rekomendasi terakhir ada pantai Wonosari Jogja yang juga tidak kalah indah karena pemandangan pantai ini sangat menakjubkan. Anda akan menemukan pemandangan dinding karang yang bisa dijadikan sebagai tempat panjat tebing, bahkan terdapat ratusan jalur pemanjatan yang bisa dijelajahi oleh pengunjung. Tempat panjat tebing ini bahkan juga digunakan untuk perlombaan panjat tebing tingkat nasional sampai internasional.

Pantai Siung punya hamparan pasir putih yang cantik dan luas dengan air laut yang jernih serta ombaknya juga tidak terlalu besar jadi cukup aman untuk para pengunjung. Warna airnya juga kebiruan sehingga bisa dinikmati para pengunjung dan diabadikan dalam foto. Anda juga bisa menemukan spot foto terbaik di pantai ini untuk berfoto bersama keluarga maupun pasangan.

Itu tadi beberapa destinasi wisata pantai Wonosari Jogja yang bisa jadi referensi bagi yang sedang mencari tempat wisata pantai di daerah Jogja dan sekitarnya khususnya daerah Gunung Kidul. Untuk Anda yang sangat suka melakukan liburan atau travelling lengkap dengan perlindungan lewat asuransi perjalanan. Anda bisa memilih asuransi perjalanan dengan melakukan perbandingan lewat portal online Cekpremi.

Cekpremi adalah portal online yang membantu Anda untuk mendapatkan pilihan asuransi dari perusahaan terbaik yang sudah pasti legal dan terdaftar di OJK. Anda bisa kunjungi Cekpremi.com sekarang juga untuk informasi lebih lanjut.

See also Ternyata Jakarta Memiliki Taman Instagramable, Sudah Coba?

Sumber :

Pesisir

I Trip

Keluyuran